TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dirjen IKP Kominfo: Gen Z Harus Manfaatkan Medsos Secara Bijak

Literasi digital harus mencakup tiga kemampuan

Pinterest

Medan, IDN Times - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Usman Kansong mengatakan generasi milenial dan Gen Z dapat memanfaatkan media sosial (medsos) secara bijak dan tidak merugikan orang lain.

"Penggunaan medsos agar dilakukan secara cerdas, cermat, tepat dan mematuhi peraturan hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari," ucap Usman pada Workshop Literasi Digital di gelar di Kampus USU Medan, seperti dilansir ANTARA, Selasa (7/2/2-23).

Kegiatan workshop tersebut dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 dengan thema "Media Sosial dan Entrepreneurship Untuk Generasi Milenial".

1. Dampak hoaks dalam masyarakat sangat memprihatinkan

Usman Kansong (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menurut Usman generasi milenial dan gen Z harus mampu menguasai literasi digital yakni pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, dan membuat informasi.

Upaya lain untuk mendukung literasi digital ini adalah penggunaan aplikasi yang tepat dan pemahaman secara mendalam mengenai informasi yang didapatkan tersebut.

"Mengingat dampak mengenai penyebaran hoaks (berita bohong) dalam masyarakat sangat memprihatinkan," ucapnya.

Baca Juga: HPN 2023, LBH Soroti 3 Permasalahan Besar Pers Saat ini

Berita Terkini Lainnya