TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Binjai Minta Bantuan Korea untuk Kelola Sampah, Ini Isi Kesepakatannya

Jadi titik awal pengolahan sampah profesional

Unsplash/Zachary Keimig

Binjai, IDN Times - Sampai saat ini sampah masih menjadi persoalan di setiap kota. Bahkan, sampah terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. 

Untuk mengolah sampah secara profesional, perusahaan konsultan atau penyedia solusi di bidang pengolahan limbah yang berbasis di Korea (HGNS) menjalin kerjasama atau MoU dengan Pembangunan Prasaran Sumatera Utara (PPSU) Sumut.

Kepala UPT Pengolahan Sampah dan TPA Kota Binjai H Simangunsong menyebutkan, Kota Binjai menjadi titik awal program manajemen pengolahan sampah yang profesional oleh HGNS dan PPSU. 

Baca Juga: Siang Bolong, Rp400 Juta Raib di Depan Supermarket Irian Medan

1. Kerja sama pertama antara Indonesia dan Korea dalam hal kelola sampah

koreaboo.com

Dijelaskan H Simangunsong, manajemen pengolahan sampah yang dijalin PPSU dengan HGNS merupakan pertama di Indonesia dan Sumatera Utara (Sumut) dengan titik awal di Kota Binjai. 

Pasca kerja sama dijalin, pihak HGNS dan PPSU sudah turun ke Kota Binjai.

"Mereka sudah turun melihat kondisi pengolahan sampah yang dilakukan, baik tingkat dinas, kecamatan, masyarakat, maupun perusahaan," kata H Simangunsong.

2. Inginkan pemisahan sampah dari sumber sampah

IDN Times/Vanny El Rahman

Pada dasarnya, sebut H Simangunsong, pihak HGNS dan PPSU ingin pemisahan sampah dari sumber sampah.

"Nantinya akan dibangun semacam pabrik pengolahan sampah menjadi kompos. Jadi para pemulung yang ada di TPA bisa saja bekerja di pabrik itu," sebutnya. 

Meski kerja sama HGNS dan PPSU sudah terjalin, sambung H Simangunsong, tetapi program manajemen pengolahan sampah tersebut belum diputuskan oleh Wali Kota Binjai. 

"Kita tunggu pertemuan mereka dengan wali kota. Jika nantinya setuju, maka program ini akan dijalankan. Kalau sudah dijalankan, semua sarana akan disiapkan oleh HGNS dan PPSU," ungkap H Simangunsong.

Baca Juga: Keliling Danau Toba, 9 Potret Romantisnya Presiden Jokowi & Ibu Negara

Berita Terkini Lainnya