Lawan Virus Corona, Istana Maimun Disemprot Disinfektan

Seluruh areal istana tidak luput dari penyemprotan

Medan, IDN Times – Setelah ditutup untuk 14 hari, Istana Maimun disemprot disinfektan untuk mencegah persebaran COVID-19 atau corona.Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) langsung bergerak menyemprot setiap sudut ruangan yang ada di dalam istana, Jumat (20/3).

Penyemprotan dilakukan lantaran Istana Maimun adalah salah satu objek wisata yang kerap dikunjungi wisatawan domestik atau pun mancanegara.

"Maka dari itulah kami melakukan penyemprotan hari ini. Hari ini Kita kerahkan 4 tim di mana masing-masing tim terdiri dari 2 orang. Jadi total keseluruhan petugas ada 8 orang. 4 tim inilah yang bertugas melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area Istana Maimun termasuk juga di kawasan pemukiman keluarga, pos satpam, dan kios pedagang," kata Ketua Umum Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid Tengku Reizan Ivansyah. 

1. Apresiasi kepada PMI Medan

Lawan Virus Corona, Istana Maimun Disemprot DisinfektanIstana Maimun selalu menjadi pilihan wisatawan saat brkunjung ke Kota Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Penyemprotan disinfektan ini diapresiasi Tengku Reizan Ivansyah. "Kami juga ingin mengucapkan terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada PMI Medan Kota atas terlaksananya kegiatan ini," ucapnya.

Dalam penyemprotan disinfektan tersebut, petugas melakukan penyemprotan di ruang utama Istana Maimoon yang sering dikunjungi wisatawan serta ruangan-ruangan lainnya.

Baca Juga: [BREAKING] Virus Corona Merebak, Istana Maimun Ditutup untuk Umum

2. Sebelumnya Istana Maimun ditutup setelah adanya surat edaran Kemenparekraf

Lawan Virus Corona, Istana Maimun Disemprot DisinfektanIDN Times/Prayugo Utomo

Lokasi wisata ini akan tutup selama 14 hari ke depan. “Dengan ini diberitahukan Istana Maumun ditutup selama 14 hari mulai hari ini,” kata Tengku Muhammad Dicky, Kepala Bidang SDM Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid.

Penutupan Istana Kesultanan Deli itu menyusul siaran pers dari Kemenparekraf, surat edaran Gubernur Sumut  dan Wali Kota Medan, Selasa (17/3). Penutupan ini adalah bentuk pencegahan penyebaran virus corona.

3. Penutupan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona

Lawan Virus Corona, Istana Maimun Disemprot DisinfektanPetugas dari PMI melakukan penyemprotan disinfektan di Istana Maimun, Jumat (20/3) (Istimewa)

Untuk diketahui, selama ini, Istana Maimun merupakan objek wisata tersohor di Kota Medan. Wisatawan domestik dan mancanegara kerap mengunjungi bangunan sarat sejarah itu.

Penutupan, kata Dicky, tidak hanya bangunan utama istana. Melainkan sampai pelataran dan areal gerai penjualan cinderamata.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Museum Tsunami Aceh juga Ikut Ditutup

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya