Sempat Tegang, Paskibraka Sumut Dapat Aplaus dari Masyarakat 

Bendera sukses dinaikkan tanpa cela ke pucuk tiang

Medan, IDN Times - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumut 2019 sukses mengibarkan bendera merah putih di upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (17/8).

Pantauan IDN Times, berseragam serba putih, 66 anggota Paskibraka melangkahkan kaki dengan lantang memasuki lapangan upacara. Langkah pelan namun serempak menambah kekaguman para peserta upacara serta tamu undangan.

Suasana tegang tampak terasa ketika anggota Paskibraka yang bertugas sebagai pembawa bendera menjemput duplikat bendera pusaka dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara di atas tribun lapangan.

Dengan langkah penuh percaya diri, petugas akhirnya berhasil mengambil dan menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkannya.

"Bendera siap," teriak petugas pengibar bendera yang kemudian disambut suara lantang Komandan Upacara Letkol Rizanul Pohan "Hormat senjata gerak".

Serentak peserta upacara dan tamu undangan mengangkat tangan dan menghormat ke arah bendera. Lagu Indonesia Raya yang dimainkan oleh pasukan Marching Band pun mengiringi petugas pengibar bendera.

Perlahan tapi pasti, bendera berkibar di atas tiang serentak dengan berakhirnya lagu Indonesia Raya yang diiringi Marching Band. Komandan Upacara langsung menyiapkan barisan.

"Tegak gerak," teriak Letkol Rizanul yang diikuti peserta dan tamu undangan menurunkan tangan penghormatan.

Paskibraka Sumut kemudian menyiapkan formasi untuk kembali ke tempat semula. Langkah serempak Paskibraka mendapat tepuk tangan dari peserta dan tamu undangan upacara peringatan Dirgahayu ke-74 RI.

Baca Juga: Tradisi Masyarakat Medan Lihat Upacara HUT RI di Lapangan Merdeka

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya