Hore, Pintu Tol Tebingtinggi-Medan Sudah Dibuka

Gratis sampai tanggal 3 januari 2019

Tebingtinggi, IDN Times - Sehari jelang perayaan natal, jalan tol seksi 7 Sei Rampah - Tebing Tinggi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai dibuka.

Sebagai uji coba kendaraan yang melintasi ruas tol tersebut belum dikenakan biaya alias gratis sampai tanggal 3 Januari 2019.

1. Seluruh jalan tol sudah terhubung

Hore, Pintu Tol Tebingtinggi-Medan Sudah DibukaTol Trans Jawa (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Uji coba ini dilakukan mulai 24 Desember 2018 - 3 Januari 2019 mendatang. Direktur Teknik Pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), Agus Choliq, mengatakan ruas jalan tol seksi 7 Sei Rampah - Tebing Tinggi memiliki panjang 9,3 kilometer.

"Masyarakat yang mengendarai roda empat ke atas sudah bisa menjajal tol mulai dari Medan ataupun tol Belmera hingga Tebingtinggi. Untuk seksi 7 belum dikenakan biaya hingga 3 Januari 2019," ujarnya seperti dilansir Antara.

2. Tarif tol belum ditentukan

Hore, Pintu Tol Tebingtinggi-Medan Sudah DibukaIDN Times/Arifin Al Alamudi

Agus belum bisa memastikan berapa besaran tarif tol untuk ruas jalan seksi 7. Sebab, yang memutuskan tarif ialah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Dengan dibukanya Seksi 7 ini, jarak tempuh Medan-Tebing Tinggi diperkirakan sekitar 45 menit. Selain itu tol ini diharapkan dapat mengurai padatnya lalu lintas di jalan negara dari Sei Rampah-Tebing Tinggi," tuturnya.

3. Pintu tol simpang susun Tanjung Morawa juga sudah dibuka

Hore, Pintu Tol Tebingtinggi-Medan Sudah Dibukaberitagar.id

Untuk diketahui, saat arus mudik dan balik lebaran 2018, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I (Simpang Susun Tanjung Morawa-Simpang Susun Parbarakan) juga telah  dibuka.

Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I (SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan) memiliki panjang total 10,75 km dimana 7,5 Km di antaranya dibangun oleh Pemerintah dan 3,25 Km dibangun oleh PT JMKT.

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I (SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan) menghubungkan Jalan Tol Eksisting Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi II-VI (Kualanamu-Sei Rampah) yang telah beroperasi. 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya