Comscore Tracker

5 Manfaat Bermain Imajinasi untuk Semangat Hidup

Just for fun, ya!

Terbayang gak sih kalau istilah sudah jatuh, tertimpa tangga pula, itu terjadi dalam kehidupanmu? Rasanya setiap orang pernah mengalami nasib yang tengah teramat malang seperti itu, ya. Misalnya saja sudah banyak kerjaan yang menjadi tanggung jawab kamu di kantor, eh makin kompleks dengan adanya masalah hubungan dengan rekan kerja yang toxic.

Jika masalah hidup yang sedang kamu jalani belum menemukan solusinya, tapi kamu juga tak bisa lari begitu saja darinya, ada baiknya kamu sejenak melupakan kemalangan yang menimpa dirimu, nih. Bagaimana caranya? Ya, dengan cara berimajinasi akan hal-hal indah yang akan terjadi dalam hidupmu. Langsung aja simak lima manfaatnya di bawah ini.

1. Membawa mood kebahagiaan

5 Manfaat Bermain Imajinasi untuk Semangat Hidupilustrasi orang bahagia (pixabay.com/JillWellington)

Pernah gak sih saat tidur pulas di malam hari eh tiba-tiba kamu mengalami mimpi yang begitu indah? Sampai-sampai vibes-nya terbawa selama seharian. Ya, keindahan dalam mimpi itu selalu membayangimu dan tak jarang membuatmu tersenyum dan suasana hatimu jadi berbunga-bunga, nih. Dengan begitu, kamu akan memiliki mood yang positif sepanjang hari, lho.

Nah, bermimpi indah yang membawa mood kebahagian itu juga layaknya berimajinasi terkait hal baik yang terjadi dalam kehidupan. Bedanya, kalau mimpi tidur tak bisa di-setting bagaimana alur ceritanya.

Kalau berimajinasi ya kamu bisa bebas membayangkan apa-apa saja hal yang kamu sukai, bahkan mengeliminasi hal dan orang yang tidak kamu sukai dalam kehidupan nyata, nih.

2. Lebih semangat menjalani aktivitas sehari-hari

5 Manfaat Bermain Imajinasi untuk Semangat Hidupilustrasi orang bahagia (pixabay.com/Free-Photos)

Dengan suasana hati yang tengah ceria setelah membayangkan banyak hal baik yang terjadi dalam hidupmu, bukankah kamu jadi lebih semangat dalam menjalani aktivitasmu? Ya, aktivitas sehari-hari yang rutinitasnya itu lagi dan lagi. Mungkin, kemarin-kemarin kamu akan bosan dengan rutinitas harianmu, nih.

Tapi, setelah kamu berimajinasi akan warna-warninya hidupmu, rasa bosan itu bisa dengan mudah berganti menjadi semanagat hidup, ya.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!

3. Pengalihan sementara dari masalah hidup

5 Manfaat Bermain Imajinasi untuk Semangat Hidupilustrasi orang mendengarkan (pixabay.com/PourquoiPas)

Memang, berimajinasi bukanlah hal nyata yang tak bisa dijadikan rujukan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan nyata. Tapi, ketika dirimu sudah sangat lelah dengan kejamnya dunia nyata, bukankah berimajinasi tentang hal yang membahagiakan itu mampu membuatmu sedikit rileks? Coba pikirkan baik-baik.

4. Kepemilikan harapan untuk berbahagia

5 Manfaat Bermain Imajinasi untuk Semangat Hidupilustrasi orang merenung (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Saat kamau berminajinasi tak mungkin kamu membayangkan hal buruk terjadi dalam hidupmu bukan? Ya, imajianasi adalah ruang bebasmu untuk bisa membanyangkan kehidupan yang super membahagiakan.

Tanpa sadar, dari rencana hidup bahagia yang ada dalam imajinasimu itu memunculkan harapan untuk bisa berbahagia seperti itu dalam dunia nyata, bukan hanya imaji semata. Masalah hidup yang kini tengah menghampirimu kini berdampingan dengan lahirnya harapan baru. Ya, harapan untuk memiliki kehidupan sebahagia dalam imajinasi yang kamu ciptakan.

5. Memunculkan usaha untuk mewujudkan imajinasi yahg indah

5 Manfaat Bermain Imajinasi untuk Semangat Hidupilustrasi evaluasi diri (pexels.com/Anete Lusina)

Nah, sebagai orang rasional yang nyatanya hidup asli dalam dunia nyata, tentu untuk bisa mendapatkan kehidupan yang kebehagiannya itu sesempurna mungkin pastinya butuh usaha yang tak main-main, ya. Dengan berimajinasi, setidaknya kamu bisa membayangkan atau simulasi bagaimana rasanya hidup yang penuh dengan kebahagian dalam hatimu. Setelah melihat hasil akhir yang sangat membahagiakan, tentu kamu semakin kuat untuk mengupayakan agar imajinasimu bisa berakhir nyata dalam kehidupan ini.

Itu tadi berbagai manfaat dari berimajinasi untuk sejenak meringankan beban kehidupan yang ada di dunia nyata. Bagaiamana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jangan Cuma terlarut dalam kebahagian semu dunia imaji, tapi cobalah untuk mewujudkannya pula, ya!

Baca Juga: 9 Foto Lucu Orang Dewasa Mewarnai Gambar Anak-Anak, Imajinasi Ngeri!

Melinda Fujiana Photo Community Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya