Comscore Tracker

4 Keutamaan Puasa Nisfu Syakban yang Penuh Kemuliaan 

Salah satunya dapat memperbanyak puasa di bulan Syakban

Ibadah puasa di bulan Syakban akan dimulai pada tanggal 13, 14, dan 15 Syakban 1442 Hijriah atau bertepatan pada tanggal 27, 28, 29 Maret 2021. Di bulan ini, umat Islam disunnahkan untuk menjalankan ibadah yang juga disebut puasa nisfu Syakban. Puasa ini juga dianjurkan untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. 

Puasa Nisfu Syakban juga telah dilakukan oleh Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Aisyah, RA. Walaupun ada yang pro dan kontra mengenai pelaksanaan puasa nifsu Syakban, ibadah ini tetap ada yang melakukannya. Lalu apa saja keutamaan dari puasa Nisfu Syakban ?

1. Menjadi bulan naiknya berbagai amal manusia

4 Keutamaan Puasa Nisfu Syakban yang Penuh Kemuliaan Google.cpm

Bulan Syakban terjadi diantara Bulan Rajab dan bulan Ramadan. Bulan ini selalu kerap dilewatkan oleh manusia. Padahal bulan ini memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Muslim. Dilansir dari sentuhanqolbu.org, Rasulullah SAW. bersabda bahwa bulan Syakban adalah bulan naiknya amalan manusia kepada Allah SWT. 

Lewat Hadis Riwayat An Nasa’i, Rasulullah SAW. selalu berpuasa saat amalnya dinaikkan. Selain itu, bulan Syakban kerap menjadi bulan tempat manusia lalai. Dilansir dari sentuhanqolbu.org, Abu Sholeh menyatakan bahwa ha itu dapat menjadi bagian dari keutamaan puasa nisfu Syakban

2. Dapat memperbanyak ibadah puasa di bulan Syakban

4 Keutamaan Puasa Nisfu Syakban yang Penuh Kemuliaan Islami.com

Lewat Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim yang dilansir dari islam.nu.or.id, Aisyah r.a. selalu melihat Rasulullah SAW. berpuasa sunnah secara penuh pada bulan Syakban. Dari hadist ini menjadi pendukung keutamaan puasa di bulan Syakban. Bulan Syakban juga dapat menjadi bulan untuk melakukan berbagai puasa sunnah.

Dilansir dari sentuhanqolbu.org, Rasulullah SAW. kerap mengqodho’ puasa sunnah di bulan Syakban. Hal ini juga dapat meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. Selain itu, Hadis Riwayat Ibnu Majah juga menyatakan bahwa umat Muslim dapat berpuasa di bulan Syakban.

Baca Juga: Ini Niat, Doa dan Tata Cara Mandi Wajib Selesai Haid

3. Sebagai pemanasan untuk puasa di bulan Ramadan

4 Keutamaan Puasa Nisfu Syakban yang Penuh Kemuliaan Google.com

Puasa nisfu Syakban dapat menjadi pemanasan untuk puasa di bulan Ramadan. Dilansir dari sentuhanqolbu.org, puasa Syakban membuat orang lebih kuat dalam menjalani puasa di bulan Ramadan. Puasa nisfu Syakban juga menjadi bagian untuk meningkatkan keimanan.

4. Mengharapkan ridha dari Allah SWT.

4 Keutamaan Puasa Nisfu Syakban yang Penuh Kemuliaan Ilustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Setiap ibadah ditujukan untuk mengharapkan ridha dari Allah SWT., termasuk puasa nifsu Sya'ban. Rasulullah SAW/ lewat hadistnya menyampaikan bahwa Allah SWT. tidak segan memberikan ridha kepada umatnya yang tidak lelah beribadah dan melakukan hal baik. Termasuk puasa nifsu Sya'ban dapat dilakukan untuk mengharapkan ridah dari Allah SWT. 

Baca Juga: Batalkah Puasa karena Vaksinasi COVID-19? Ini Penjelasan Ma'ruf Amin

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya