Comscore Tracker

Dicap Buruk, 5 Ninja di Naruto Ini Sebenarnya Melindungi Konoha

Melindungi Konoha di balik kegelapan

Ada beberapa tokoh dalam anime dan manga Naruto yang reputasinya buruk atau jahat. Tapi sebenarnya di balik itu mereka melakukannya demi melindungi Konoha.

Tokoh-tokoh seperti ini harus berakhir tragis dan tidak seperti tokoh protagonis yang hidup bahagia dan damai. Mereka dicap sebagai penjahat atau tokoh yang gagal atau tidak terlalu dianggap. Siapa saja mereka?

1. Sakumo Hatake

Dicap Buruk, 5 Ninja di Naruto Ini Sebenarnya Melindungi Konohacrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Sakumo Hatake sebenarnya adalah salah satu ninja andalan Konoha. Namun dia membuat keputusan kontroversial: meninggalkan misi penting demi menyelamatkan teman-temannya yang nyawanya terancam. 

Keputusan Sakumo itu dianggap begitu buruk, hingga orang yang dia selamatkan pun membencinya. Sakumo pun berujung mencabut nyawanya sendiri. 

2. Hizashi Hyuga

Dicap Buruk, 5 Ninja di Naruto Ini Sebenarnya Melindungi Konohacrunchyroll.com/naruto-shippuden

Hizashi Hyuga merupakan sosok yang menjaga perdamaian Konoha saat terjadinya konflik antar negara. Salah satu shinobi Kumogakure terbunuh dengan orang yang mempunyai Byakugan, yang artinya merupakan klan Hyuga.

Yang sedih adalah, dalam situasi ini, para petinggi Konoha pun merasa Hizashi lebih baik dikorbankan ketimbang Hiashi. Status Hizashi sebagai anggota keluarga cabang membuat dia lebih baik menjadi tumbal.

Hiashi pun menolak keputusan ini, namun justru Hizashi yang menghentikan saudaranya sendiri. Akhirnya, Hizashi pun benar-benar meninggal demi mencegah perang.

Baca Juga: Selalu Menolak, 6 Alasan Jiraiya Sangat Pantas Jadi Hokage di Naruto

3. Might Duy

Dicap Buruk, 5 Ninja di Naruto Ini Sebenarnya Melindungi Konohacrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Duy ini sebenarnya kasihan. Dia dijuluki sebagai Genin Abadi, sebuah prestasi yang bisa dianggap memalukan. Meski diam-diam menguasai Delapan Gerbang, Duy senantiasa diremehkan. 

Duy lalu menunjukkan kehebatannya dengan membunuh empat dari Tujuh Ninja Pedang Kirigakure yang mengancam rekan-rekannya. Sayang, ia meninggal dunia karena usahanya ini. 

Pengorbanan Duy ini pun tampaknya tidak diketahui banyak orang. Ia sampai tak dibangkitkan oleh Kabuto dengan Edo Tensei, meski di atas kertas Delapan Gerbang bisa berbahaya jika digunakan oleh sosok yang dihidupkan kembali. 

4. Itachi Uchiha

Dicap Buruk, 5 Ninja di Naruto Ini Sebenarnya Melindungi Konohacrunchyroll.com/naruto-shippuden

Sepanjang perjalanan cerita Naruto, Itachi dikenal sebagai penjahat kelas kakap namun selalu membuat kalian terkagum karena gaya bertarungnya yang sangat dingin.

Di balik kejahatannya sebagai anggota Akatsuki, ternyata Itachi Uchiha berusaha menyelamatkan desa dari kudeta yang direncanakan oleh klan Uchiha. Itachi bersedia menjadi tumbal, dengan sedih dan susah hati membunuh saudara-saudara seklan bahkan ayah dan ibunya sendiri. Kesepian dan kesendirian ditanggungnya setelah dibenci oleh adiknya yang menjadi saksi keberingasan dirinya.

Namun, jasa Itachi sungguh tidak dapat dikesampingkan. Dia menyelamatkan Konoha, membuat Sasuke kuat, dan mengakhiri Edo Tensei Kabuto bersama Sasuke saat dibangkitkan. Belum diketahui apakah Naruto sudah memutihkan nama Itachi setelah menjadi Hokage. 

5. Danzo Shimura

Dicap Buruk, 5 Ninja di Naruto Ini Sebenarnya Melindungi Konohanaruto.fandom.com

Danzo bisa dibilang sebagai seorang ekstremis. Tak bisa dikesampingkan kalau beberapa aksinya malah menimbulkan jatuhnya korban. 

Namun patut juga disadari bahwa dirinya secara tidak langsung menjaga kedamaian Konoha dari ancaman musuh di luar dan di dalam. Kelompok Root bersedia melakukan hal kotor untuk Konoha seperti melenyapkan orang atau misi-misi tertentu. 

Meskipun dimotivasi dengan ambisi yang berlebihan dan cara yang salah, tak bisa dikesampingkan kalau semua yang dilakukan Danzo memang dalam upayanya untuk melindungi dan memperkuat Konoha. 

Baca Juga: 4 Momen Sedih Saat Konoha Hancur di Naruto dan Boruto, Mana Terparah?

Artikel ini sudah tayang di Duniaku dengan judul 5 Ninja di Naruto Ini Melindungi Konoha, Tapi Reputasinya Buruk

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya