Comscore Tracker

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen Z

Banyak dari kalangan selebriti yang menjelma jadi Influencer

Influencer memegang peranan penting di dunia media sosial saat ini. Ada pergeseran saat ini seiring dengan tumbuh masifnya media sosial. Terutama di kalangan millennial dan Gen Z.

Banyak influencer yang muncul dan menjelma menjadi selebritis. Ada pula selebritis yang menyelami media sosial dan kini sukses sekaligus menjadi influencer.

Dari survei yang dibuat IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix, kami bertanya tentang influencer media sosial yang mereka suka. Ternyata campuran antara influencer media sosial murni hingga para selebritis di TV.

5 nama teratas dalam survei kami memiliki kesamaan: Mereka semuanya memiliki akun YouTube yang terus berkembang menampilkan kehidupan pribadi. Semua tokoh ini berhasil memiliki basis penggemar yang kuat. Mereka membawa fans masuk ke kehidupan mereka. Berikut urutan 9 influencer favorit millennial.

1. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen Zinstagram.com/raffinagita1717

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina adalah pasangan selebriti yang punya penggemarnya masing-masing. Tapi sejak mereka menikah, mereka menjadi pasangan favorit banyak orang. Masih populer di televisi, Raffi dan Nagita membangun kekuatan media sosial bernama Rans Entertainment.

Mereka punya satu instagram bersama bernama @raffinagita1717 yang memiliki 60 juta follower di instagram. Selain itu mereka juga sukses mengembangkan YouTube dengan 23 juta subscriber. Mereka kerap menyajikan kehidupan pribadinya bersama dua anak mereka yang imut Rafathar dan Rayyanza sehingga penggemar bisa tahu seluk beluk kehidupan pasangan selebritis. Wajar saja Raffi dan Nagita menempati urutan teratas influencer paling difavoritkan dengan 43 persen suara.

2. Baim Wong

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen ZInstagram.com/kianotigerwong

Baim Wong menempati urutan kedua influencer paling difavoritkan. Sama seperti Raffi Ahmad, Baim Wong memulai popularitasnya dari televisi. Sebagai aktor dan presenter, Baim Wong masih meneruskan kariernya.

Tapi sejak mulai masuk ke dunia medsos, Baim Wong semakin melejit. Dia juga memerlihatkan kehidupan pribadinya bersama sang istri Paula Verhoeven dan dua anaknya di YouTubenya. Dia juga punya konten give away dan suka membagi-bagikan rezeki ke yang membutuhkan. Baim Wong kini memiliki 17 juta follower instagram dan 20 juta subsciber di YouTube.

3. Deddy Corbuzier

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen Zpotret Deddy Corbuzier (Dok. YouTube/Deddy Corbuzier)

Deddy Corbuzier berada di urutan ketiga. Berbeda dengan Raffi dan Baim Wong, Deddy dulunya dikenal orang sebagai pesulap. Dia memang wara-wari di televisi sebagai magician dengan gaya rambutnya yang unik.

Menariknya saat masuk ke dunia YouTube, Deddy menjadi sosok yang berbeda. Deddy populer dengan podcast Close The Door yang kerap menghadirkan isu-isu menarik dan narasumber yang lagi viral. Termasuk mewawancarai tokoh publik, hingga pejabat pemerintah. Hingga kini Deddy punya 18 juta subsciber.

4. Atta Halilintar

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen Zpotret Atta Halilintar tanam rambut (youtube/atta halilintar)

Di urutan keempat ada Atta Halilintar. Berbeda dari ketiga tokoh di atas yang memulainya dari televisi, Atta justru influencer murni. Dia memulai semuanya dari YouTube.

Atta yang populer dengan AHHA dan jargon "Ashiaap" menghadirkan vlog-vlog menarik di YouTube-nya hingga bisa membangun basis penggemarnya sendiri. Dengan gaya khasnya dengan bandana di kening, Atta menjadi populer. Bahkan dia menikahi selebriti Aurel Hermansyah. Atta kini punya 29 juta subsciber di YouTube dan dirinya pernah menjadi salah satu YouTuber dengan subscriber terbanyak di Asia.

5. Ria Ricis

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen ZInstagram.com/riaricis1795

Sama seperti Atta, Ria Ricis juga populer berkat YouTube. Dia adalah adik seorang aktris dan ustazah Oki Setiana Dewi. Perempuan berhijab ini terkenal dengan gayanya yang atraktif saat membuat vlog. Dia juga membawa penggemar masuk ke kehidupannya dan mengikuti setiap aktivitasnya. Ricis kini punya 29 juta subsciber.

Baca Juga: 10 Potret Raffi Ahmad dan Nagita selama di Amerika, Selalu Romantis!

6. Raditya Dika

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen ZInstagram.com/raditya_dika

Raditya Dika memulai semuanya dengan menulis. Dia mencuat lewat buku-bukunya seperti Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu dan lainnya. Dia kemudian menggarap filmnya sendiri dan menjadi sutradara hingga aktornya sendiri. Dia juga menjadi salah satu founder stand up comedy di Indonesia. 

Raditya Dika mendapat 14 persen suara favorit millennial dan sejak dulu sukses membangun YouTube-nya sendiri. Dia termasuk YouTuber terlama di Indonesia dan dulu sukses mempopulerkan serial Malam Minggu Miko hingga dibeli hak siarnya di televisi. Raditya Dika kini punya 9,87 juta subsciber di YouTube dengan menampilkan vlog kehidupan pribadi, stand up comedy dan lainnya dengan didominasi genre comedy.

7. Maudy Ayunda

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen ZMaudy Ayunda (instagram.com/maudyayunda)

Maudy Ayunda menjadi aktris dan penyanyi yang punya penggemarnya sendiri. Maudy lebih dikenal dengan karya-karyanya sebagai penyanyi serta berbagai film sejak debut 2005. Di YouTube, Maudy baru memulainya Februari 2022 lalu dengan channel namanya sendiri.

Perempuan yang menikah dengan pengusaha asal Korea, Jesse Choi ini mengunggah vlog perjalanan hingga tips keuangan. Seperti Raditya Dika, 14 persen millennial memfavoritkannya di jajaran influencer.

8. Anya Geraldine

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen Zinstagram.com/anyageraldine

Anya Geraldine juga mengawali kariernya di media sosial hingga akhirnya menjelma menjadi selebriti. Anya populer lewat instagram hingga kini punya 11,2 juta followers. Anya juga punya YouTube dengan 758 ribu subsciber. 

Popularitasnya di media sosial mengantar Anya menjadi aktris. Series Layangan Putus yang diangkat dari kisah nyata mempopulerkan namanya beradu akting dengan Reza Rahadian.

9. Tasya Farasya

9 Influencer yang Paling Difavoritkan Millennial dan Gen Zinstagram.com/tasyafarasya

Tasya Farasya adalah influencer kelahiran 25 Mei 1992 yang punya 5,2 juta follower instagram. Bersama saudara kembarnya, Tasyi Athasyia, keduanya sama-sama memulai semuanya dari YouTube. Sementara YouTube, Tasya kini punya 4,2 juta subsciber.

Konten-kontennya biasanya berisi tentang kecantikan, dandan dan lain-lainnya. Tasya ternyata masuk 9 besar paling difavoritkan.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: 10 Potret Kompak Atta Halilintar dan Thariq Halilintar, Brother Goals!

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya