TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Godaan yang Melemahkan Proses Dietmu, Ayo Dilawan!

Apa tujuan utama kamu diet?

ilustrasi perempuan diet (Pexels.com/Andres Ayrton)

Dengan berbagai alasan, setiap orang menginginkan memiliki berat badan ideal. Tujuan utamanya, tidak lain untuk investasi kesehatan. Karena dampak yang dirasakan bisa untuk jangka panjang, maka dibutuhkan tekad yang kuat untuk bisa konsisten berproses.

Namun nyatanya, tidak sedikit dari mereka yang sedang diet akan mengalami tantangan yang berat. Berbagai godaan akan bermunculan, yang mana akan melemahkan proses dietmu. Agar tidak gampang tergoda, kamu harus tahu nih, lima godaan diet yang dapat melemahkan dietmu, beserta solusinya.

1. Ingin diet dengan cara instan

Menurunkan berat badan tidak sekadar menghindari makanan yang mengandung gula, lemak, serta olahraga rutin saja. Itu juga yang masih menjadi salah kaprah untuk mereka yang sedang memulai diet. Jika melakukan dua cara tersebut, tak heran kalau di tengah perjalanan diet kamu hampir menyerah.

Godaan untuk melakukan diet dengan cara instan pasti pernah terlinats dibenakmu. Misalnya dengan makan satu kali sehari atau malah hanya mengkonsumsi buah-buahan saja.

Namun, coba deh berpikir ulang, memang dengan cara diet tersebut berat badan akan cepat turun, di sisi lain kalau sudah kembali ke pola makan, berat badan akan kembali ke semula. Ingat, diet itu untuk jangka panjang jadi dibutuhkan konsisten dan rasa sabar yang lebih besar.

2. Motivasi menurun

Diet sering kali menjadi resolusi utama di tahun baru. Ada motivasi yang kuat untuk mengubah tahun yang baru menjadi tahun terbaik versimu. Yakni mewujudkan keinginan memiliki berat badan ideal yang sempat tertunda di tahun lalu.

Gak sekadar keinginan saja, banyak yang segera bertindak dengan diet mengubah total pola makan serta daftar member gym. Sayangnya, motivasi diet tidak selalu sama, ada kalanya meningkat, serta menurun. Untuk menjaga motivasi diet tetap stabil, yang kamu butuhkan gak hanya mengubah pola makan namun juga lingkungan pertemananmu.

Sering berkumpul dengan teman yang hobi olahraga dan konsumsi menu sehat, akan menular. Kamu gak merasa kesulitan untuk mengubah gaya hidup. Tanpa terasa, berat badan yang kamu inginkan akan terwujud, disertai kebiasaan sehat yang sudah melekat.

3. Orang terdekat meremehkan

Gak semua orang terdekat akan mendukung keputusan hidup yang kamu ambil, terutama menyangkut gaya hidup. Dengan mengubah gaya hidup, secara tidak langsung kamu akan membatasi konsumsi makanan. Kamu akan lebih bijak memilih makanan, selama nongkrong baren teman, kamu tidak bisa sebebas memilih makanan dari sebelumnya.

Ada kalanya kamu melanggar aturan diet yang kamu buat sendiri. Alhasil, kamu memutuskan untuk memulai diet besok lagi. Untuk hari ini kamu sengaja melonggarkannya. Kalau sering dilakukan, jangan heran kalau kamu gak kunjung mendapatkan hasil dietnya.

Di awal berproses, gak sedikit orang terdekat akan mencibir, meremehkan dan menggoda tekad dietmu. Sebetulnya, yang mereka butuhkan adalah pembuktian. Seiring berjalannya waktu, kalau kamu konsisten dan berkomitmen, maka orang terdekat juga akan menghargai bahkan mendukungmu, lho.

Verified Writer

Yovi Aprilia

Haii, sudah baca berapa lembar hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya