Comscore Tracker

7 Makanan Khas India yang Harus Kalian Coba, Gak Hanya Roti Canai!

Kamu suka yang mana nih?

Banyak tradisi atau kebiasaan yang pasti tidak asing bagi kalian yang menyukai film dan lagu India, bahkan setidaknya ada 1 lagu yang masih terngiang-ngiang di kepala kalian.

Tapi apakah kalian tahu makanan 'Dosa' yang berasa dari India? Berikut deretan kuliner India yang perlu kamu coba.

1. Pani Puri

7 Makanan Khas India yang Harus Kalian Coba, Gak Hanya Roti Canai!ilustrasi chaat (pexels.com/Shahbaz Ansari)

Pani puri atau Gol gulpa diperkirakan berasal dari Bihar, daerah india bagian utara. Bahan dasar camilan yang pinggir jalan ini adalah semolina atau gandum yang diolah sedemikian rupa hingga bulat berlubang. 

Camilan ini dimakan bersamaan dengan kentang pedas, buncis dan air asam pedas yang bisa kalian isi dengan sendok ke dalam cangkangnya yang renyah. Sebagian besar orang india memakan pani puri ini dengan sekali lahapan untuk menyelamatkan isinya agar tidak tumpah.  

2. Dal Makhani

7 Makanan Khas India yang Harus Kalian Coba, Gak Hanya Roti Canai!ilustrasi dal makhani (pexels.com/Prabal Pratap Singh)

Dal Makhani adalah sup yang dibuat dari lentil hitam yang direbus selama berjam-jam, meski banyak jenis dari makanan yang bernama Dal ini tetapi kalian harus mencoba yang 'Ori' langsung di negara asalnya.

Kalian pasti akan langsung mengetahui keunikan tersindiri dari rasanya. Makanan Dal juga termasuk makanan yang harus ada di acara pernikahan di India.

3. Masala Dosa

7 Makanan Khas India yang Harus Kalian Coba, Gak Hanya Roti Canai!ilustrasi masala dosa (pexels.com/Saveurs Secretes)

Kalian pasti langsung tahu ketika sekilas melihat gambar diatas, tapi yang diatas itu adalah gambar dari makanan 'Masala Dosa' atau biasa dikenal dengan 'Dosa'. Berasal dari daerah India bagian selatan.

Masala Dosa adalah makanan semacam panekuk yang berasal dari India, dosa terbuat dari adonan tipis dari campuran nasi tepung dan lentil yang adonannya sudah di fermentasi terlebih dahulu. Umumnya, makanan ini di isi dengan kentang yang sudah di olah sebelumnya. 

Baca Juga: 5 Kuliner India yang Mirip dengan Makanan Indonesia, Pernah Coba?

4. Idli

7 Makanan Khas India yang Harus Kalian Coba, Gak Hanya Roti Canai!ilustrasi idli (pexels.com/sarthak)

Idli adalah Makanan yang juga termasuk populer di daerah India bagian selatan, serng dikenal sebegai dosa versi khusus untuk sarapan. Makanan yang biasanya dimakan ketika mengawali hari ini, merupakan makanan sejenis kue beras ringan yang gurih. 

Terbuat dari adonan lentil dan nasi yang sudah di fementasi lalu di kukus, karena rasanya hambar biasanya di makan bersamaan dengan kari ikan pedas. Selama bertahun-tahun makanan ini sudah banyak sekali jenisnya, jadi kalian bisa coba cari yang cocok dengan lidah kalian....

5. Paratha

7 Makanan Khas India yang Harus Kalian Coba, Gak Hanya Roti Canai!ilustrasi stuffed paratha(pexels.com/dhiraj jain)

Sering dimakan di pagi hari, Paratha sering dipandang sebagai makanan juara di India bagian utara. Setelah adonan di diamkan semalaman, lalu adonan di masak di atas tava sebelum di goreng. 

Seringnya Paratha di isi dengan kentang atau funegreek.

6. Saag Paner

7 Makanan Khas India yang Harus Kalian Coba, Gak Hanya Roti Canai!ilustrasi saag paneer (pexels.com/Sutee Pheera)

Saag Paner adalah salah satu makanan vegetarian dari India. Makanan dari Indina utara satu ini, biasanya terbuat dari bayam yang dimasak. Walaupun terkadang kalian biasa menemukan dari sayuran hijau lainnya seperti brokolli atau sawi.

Bayam yang sudah dihaluskan sampai lembut dibuat kental dengan ditambahkan krim atau santan dan bumbu lainnya kemudian ditambahkan keju (paneer). 

7. Masala Chai

7 Makanan Khas India yang Harus Kalian Coba, Gak Hanya Roti Canai!ilustrasi masala chai (unsplash.com/Klara Avsenik)

Karena diatas sudah makanan semua, yang satu ini adalah minuman dari India. Masala Chai adalah teh terkenal dari India. Masala Chai otentiknya, teh hitam yang di seduh di atas kompor  dengan campuran rempah-rempah tradisional seperti polong kapulaga, kayu manis, cengkeh dan lada hitam.

Baca Juga: 6 Spot Kuliner Enak dan Melokal di Medan, Wajib Dijajal! 

Anggitasari Yusdinar Photo Community Writer Anggitasari Yusdinar

Belajar terus tanpa batas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya