Comscore Tracker

5 Menu Vegetarian dari India, Lezat dan Kaya Rempah

Jadi variasi menu untuk kamu yang vegetarian

Gaya hidup vegetarian menjadi pilihan banyak orang saat ini. Beberapa alasannya, adalah masalah kesehatan hingga untuk menurunkan berat badan.

Nah menu vegetarian dari India kali ini bisa kamu coba sebagai variasi menu sehari-hari. Kira-kira kamu suka yang mana?

1. Rajma Masala

5 Menu Vegetarian dari India, Lezat dan Kaya Rempahmenu vegetarian dari India, Rajma (instagram.com/hotel_burans)

Kari Kacang Merah atau Rajma adalah menu vegetarian yang terkenal di India. Hidangan ini terdiri dari kacang merah, tomat dan banyak bahan rempah-rempah seperti jahe, garam masala, cabai, santan, bayam, dll.

Rajma biasanya dihidangkan dengan nasi hangat atau roti. Kamu bisa menambahkan berbagai sayuran kesukaan kamu untuk menambah varian sayur didalam Rajma.

2. Pulihora

5 Menu Vegetarian dari India, Lezat dan Kaya Rempahpulihora hidangan vegetarian dari India (instagram.com/the_foodie_madonna)

Pulihora adalah hidangan khas India selatan yang sering dihidangkan saat festival. Kata "puli" artinya adalah asam, diambil dari salah satu bahan pembuat pulihora, asam jawa.

Bahan pembuat pulihora adalah nasi, kunyit,asam jawa, daun kari, ketumbar, jahe, dll. Warna kuning pada Pulihora melambangkan warna suci pada perayaan Hindu.

Baca Juga: Cerita Yenny Waty dan Keluarga 12 Tahun Pilih Vegetarian hingga Vegan

3. Dal Palak

5 Menu Vegetarian dari India, Lezat dan Kaya Rempahmenu vegetarian india, dal palak (instagram.com/mymasalabox)

Dal palak adalah hidangan sehat yang berasal dari utara India. Dal artinya kacang - kacangan sedangkan palak artinya bayam. Dal Palak adalah hidangan kari dengan bahan utama kacang dan bayam.
Dal Palak adalah hidangan penuh gizi dan bebas gluten. Sajikan dengan nasi hangat atau sepotong roti untuk menambah kelezatannya. 

4. Gobi Manchurian

5 Menu Vegetarian dari India, Lezat dan Kaya Rempahhidangan vegetarian India, gobi manchuria (instagram.com/foodloveisforever)

Hidangan India kali ini telah dipengaruhi  hidangan ala china. Terbuat dari kembang kol (gobi) yang dilapisi adonan digoreng hingga garing. Adonannya biasanya terdiri dari air, tepung, tepung jagung, bubuk cabai merah, dan bumbu.

Lalu dicampur dengan saus manis dan pedas (manchuria).  Hidangan vegetarian ini memiliki dua versi kering dan berkuah. Biasanya versi kering untuk camilan dan berkuah sebagai lauk pendamping nasi.

5. Batata Vada

5 Menu Vegetarian dari India, Lezat dan Kaya Rempahmenu vegetarian india, batata vada (instagram.com/thebombaygourmet)

Batata Vada adalah hidangan vegetarian populer di bagian maharashtra, India. Terbuat dari kentang tumbuk dan rempah-remah yang dibentuk seperti bola, dicelupkan ke dalam tepung kacang polong lalu digoreng.

Sebagai pelengkap biasanya batata vadada disajikan dengan chutney. Chutney terbuat dari kelapa parut, asam jawa dan bawang putih.

5 menu hidangan vegetarian dari India di atas bisa  kamu recook di rumah. Rasanya lezat penuh rempah dan juga menyehatkan. Banyak bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional kita. Jadi kamu mau coba recook yang mana dulu nih?

Baca Juga: Begini Cara Terapkan Diet Vegetarian pada Anak

Puteridly Photo Community Writer Puteridly

She Believe, She Could

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya