Comscore Tracker

Kuliner Legendaris! Cerita Mie Aceh Titi Bobrok di Tengah Pandemik

Mie Aceh ini sudah ada sejak 1996

Medan, IDN Times - Kota Medan terkenal dengan kuliner khas dan legendaris. Mie Aceh Titi Bobrok salah satunya. Selain menjadi favorit warga setempat, kuliner yang satu ini juga pilihan bagi setiap wisatawan yang datang.

Berlokasi di Jl. Setia Budi No.17D, Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal. Mie Aceh ini biasanya padat pengunjung di sore hingga malam hari. Namun karena pandemik COVID-19, tempat ini sepi pengunjung. 

IDN Times berkunjung ke lokasi, terlihat jumlah pengunjung sepi pada Jumat (19/2/2021). Meskipun demikian, ada juga pengunjung yang memilih untuk makan di tempat. Beberapa di antaranya memesan Mie Aceh Goreng Udang dan Mie Aceh Basah (sedikit kuah).

1. Biasanya, kata Iqbal, dalam sehari ia bisa memasak 300 kg mie kuning. Namun karena pandemik COVID-19 hanya 200 kg saja

Kuliner Legendaris! Cerita Mie Aceh Titi Bobrok di Tengah PandemikIDN Times/Masdalena Napitupulu

Muhammad Iqbal, Juru Masak, mengatakan jumlah pengunjung berkurang semenjak adanya pandemik COVID-19. "Karena pandemik COVID-19 ini banyak yang pesan secara online," ujarnya kepada IDN Times, Jumat (19/2/2021).

Biasanya, kata Iqbal, dalam sehari ia bisa memasak 300 kg mie kuning yang dicampur dengan daging dan bumbu lainnya. Namun saat ini, ia hanya memasak 200 kg per harinya.

"Memang selama pandemik COVID-19 ini berkurang yang kita masak," kata pria yang sudah 8 tahun jadi juru masak Mie Aceh ini.

2. Usaha kuliner ini sudah ada sejak 1996

Kuliner Legendaris! Cerita Mie Aceh Titi Bobrok di Tengah PandemikIDN Times/Masdalena Napitupulu

Ia juga bercerita, usaha kuliner ini merupakan milik Almarhum Fuadi Yusuf yang sudah ada sejak 1996. Kini diteruskan oleh anaknya Mirza. Penamaan Titi Bobrok terinspirasi dari kondisi tempat yang berada di dekat titi (jembatan kecil).

Kala itu, kondisi titi tersebut rusak hingga disebut bobrok. Hingga muncul lah nama "Mie Aceh Titi Bobrok". Namun kini kondisi titi tersebut sudah bagus.

Baca Juga: Kuliner Andalan, Resep Mie Aceh Kuah Ayam yang Gurih

3. Mie Aceh Titi Bobrok ini merupakan tempat kuliner yang khas karena racikan bumbunya yang pedas

Kuliner Legendaris! Cerita Mie Aceh Titi Bobrok di Tengah PandemikIDN Times/Masdalena Napitupulu

Mie Aceh Titi Bobrok ini merupakan tempat kuliner yang khas karena racikan bumbunya yang pedas. Namun bagi pembeli yang tidak suka pedas, bisa dipesan sesuai selera. 

Selain karena bumbu khas yang pedas, Mie Aceh ini juga dikenal dengan irisan daging sapi yang banyak di setiap porsinya. Diolah dengan cara ditumis bersama mie kuning tebal.

Tak hanya itu, Mie Aceh juga disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, serta jeruk nipis. Tidak lupa, bawang goreng menambah rasa gurih di setiap porsinya. 

4. Harganya pun relatif murah, mulai dari Rp12 ribu-Rp40 ribu

Kuliner Legendaris! Cerita Mie Aceh Titi Bobrok di Tengah PandemikIDN Times/Masdalena Napitupulu

Menu favorit yang paling banyak dipesan di sini adalah Mie Aceh Goreng Udang dan Mie Aceh Basah (dengan sedikit kuah). Harganya pun relatif murah, mulai dari Rp12 ribu-Rp40 ribu. Mie Aceh Titi Bobrok buka setiap hari, mulai pukul 11:00 WIB-23:00 WIB.

Baca Juga: 7 Lokasi Mie Ayam Favorit di Medan, Ada yang Sudah Melegenda

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya