Alasan Eks Kapten PSMS Sebut Boaz Solossa Pemain Terjago di Indonesia

"Lebih susah kawal Boaz Solossa ketimbang pemain asing'

Medan, IDN Times - Eks Kapten PSMS saat ISC-B 2016,  Donny Fernando Siregar menyebut nama Boaz Solossa sebagai sosok pemain yang dia kagumi. Pria asal Balige, Sumatera Utara ini menempatkan nama kapten Persipura tersebut sebagai pemain terhebat yang ada di Indonesia saat ini. Apa alasannya?

1. Donny F Siregar menilai Boaz punya banyak kelebihan dibanding pemain manapun

Alasan Eks Kapten PSMS Sebut Boaz Solossa Pemain Terjago di IndonesiaDonny F Siregar saat mengambil lisensi pelatih B AFC (Dok www.instagram.com/donofficial27)

Donny F Siregar pernah bermain di sejumlah klub Indonesia, seperti Persijap, Persiba, PSIS, Pro Duta FC, PSMS hingga Tobasa FC. Deretan pemain hebat di Indonesia pernah dia hadapi, namun Donny yang baru saja mengambil lisensi pelatih B AFC ini memilih Boaz menjadi nomor satu. 

"Pertama dia (Boaz) pemain cerdas juga cepat tentunya. Dia juga punya mental yang bagus baik di level timnas maupun klub. Kalem dan tidak meledak-ledak. Jarang pemain bola indonesia bermental seperti itu," sebut pria kelahiran Balige, 24 September 1983 itu. 

Baca Juga: Cristian 'Spiderman' Carrasco Ceritakan Momen Manis Saat Bela PSMS

2. Donny F Siregar salut lihat performa Boaz yang mampu bangkit dari cedera parah

Alasan Eks Kapten PSMS Sebut Boaz Solossa Pemain Terjago di IndonesiaDonny F Siregar (Dok www.simamaung.com)

Dua kali cedera parah nyatanya tak menghambat performa Boaz. Padahal cedera yang dia alami saat Piala AFF 2004 dan jelang Piala Asia 2007 merupakan cedera yang sangat serius. Itu juga yang membuat seorang Donny F Siregar mengacungi jempol buat semangatnya.

"Dua kali cedera parah tapi tetap bisa kembali ke performa terbaiknya. Dia punya finishing bagus, attitude juga, dan tidak egois," kata Boaz.

3. Boaz masih terus bermain reguler meski tak lagi muda

Alasan Eks Kapten PSMS Sebut Boaz Solossa Pemain Terjago di IndonesiaDonny F Siregar (Dok www.thepasoepati.wordpress.com)

Donny F Siregar juga menaruh respect kepada Boaz yang sudah berusia 34 tahun. Pemain yang bermain untuk satu klub selama kariernya hingga saat ini bersama Persipura diakui layak jadi panutan.

"Umur pastinya mempengaruhi kecepatan dia, apalagi selama ini dia pemain yg terus main mungkin sedikit mempengaruhi kondisi fisiknya," sebut Donny.

4. "Mending jaga pemain asing daripada harus kawal Boaz Solossa"

Alasan Eks Kapten PSMS Sebut Boaz Solossa Pemain Terjago di IndonesiaDonny F Siregar saat membela Persijap (Dok www.persijap.or.id)

Donny F Siregar yang kini menjadi asisten pelatih tim sepak bola Sumut untuk PON pun mengakui kalau mengawal pergerakan Boaz sangat susah. Donny mengakui hal tersebut karena beberapa kali pernah menjadi lawan Boaz.

"Saat Persijap lawan Persipura. Dia (Boaz) itu pemain yang sulit untuk dijaga, karena skill-nya di atas rata-rata, Dua pemain pun yang jaga tetap juga kesulitan bg. Mendingjaga pemain asing, skillnya masih bisa ditebak," tutup Donny F Siregar. 

Baca Juga: Fakta Sejarah PSMS di Usia 70 Tahun, Ternyata Pernah Treble Winners

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya