Video Pemain PSMS Sikut Pemain Persiraja Viral, Ini Kata Pelatih

Asisten pelatih timnas soroti respek pemain

Medan, IDN Times- Sebuah video potongan pertandingan PSMS kontra Persiraja viral di media sosial. Dalam video itu Putra Chaniago winger PSMS terlihat berduel dengan pemain Persiraja Revan pada lanjutan Liga 2 musim 2023/2024 di Stadion Teladan, Minggu (24/9/2023). Namun yang disorot aksi Putra menyikut wajah Revan.

Kejadian itu terjadi di menit ke-47, atau di awal babak kedua. Saat itu PSMS tertinggal 0-1 lewat gol Ramadhan di akhir babak pertama. Laga akhirnya berakhir imbang 1-1 lewat gol Matheus Souza di injury time babak kedua.

Kejadian ini memang lolos dari pantauan wasit. Tak ada hukuman apapun untuk eks pemain Semen Padang pada laga itu. 

1. Asisten Pelatih timnas Nova Arianto turut menyorot kasus ini

Video Pemain PSMS Sikut Pemain Persiraja Viral, Ini Kata PelatihPutra Chaniago, penyerang sayap PSMS Medan (IDN Times/Doni Hermawan)

Video ini diunggah akun instagram @pengamatsepakbola yang kerap menyajikan potongan-potongan video soal kompetisi sepak bola Indonesia. Warganet pun ramai berkomentar.

Tak terkecuali para pemain liga. Tercatat nama-nama seperti Ahmad Nufiandani hingga asisten pelatih tim nasional Nova Arianto ikut menyoroti aksi ini.

"Bermain bola bukan hanya menang dan kalah tetapi bagaimana respect dengan lawan menjadi salah satu point penting , mencederai lawan dengan sengaja sudah jauh dari kata sportivitas. Jadi apakah edukasi yang kurang ke pemain atau memang kondisinya SDM kita belum bisa mencapai di tahap profesional," tulis Nova di akun instagram @pengamatsepakbola.

Baca Juga: Ditahan Sriwijaya, Pelatih PSDS Soroti Konsentrasi Pemainnya

2. Pelatih PSMS ingatkan pemain untuk tidak melakukan hal yang merugikan tim

Video Pemain PSMS Sikut Pemain Persiraja Viral, Ini Kata PelatihPutra Chaniago, penyerang sayap PSMS Medan (kiri) (IDN Times/Doni Hermawan)

Putra sendiri mengaku sudah meminta maaf kepada Revan di akun instagram-nya lewat screenshot layar yang diunggahnya.

Pelatih PSMS Ridwan Saragih, untuk kasus Putra, Ridwan mengatakan yang berhak mengadili wasit hingga Komdis. Dia tak mau berkomentar lebih jauh karena memang belum ada keputusan apapun dari PSSI.

"Saat pertandingan PSMS versus Persiraja, yang saya lihat situasional. Tidak ada keputusan apa-apa dari wasit juga dari pertandingan itu," kata Ridwan, Selasa (26/9/2023).

"Kalau soal Putra belum bisa kasih komentar. Nanti kalau sudah ada sanksi komdis PSSI baru saya bisa bicara," kata Ridwan.

Namun Ridwan mengatakan saat kejadian Azis Hutagalung yang diusir wasit saat bersua Sada Sumut, ia sudah mengingatkan pemainnya untuk tidak membuat hal yang merugikan tim.

"Kalau saya dari kejadian pertama yang saat Aziz lawan Sada, sudah saya ingatkan, kalian pemain profesional. Satu titik saja kalian berbuat hal tidak respek, merugikan tim ini," kata Ridwan.

3. Beberapa pemain mendapat sanksi komdis karena aksi tidak terpuji di lapangan

Video Pemain PSMS Sikut Pemain Persiraja Viral, Ini Kata PelatihSilvio Escobar usai mencetak gol saat Persela bertanding melawan Persijap, Minggu (10/0/2023). instagram.com/perselafc

Komisi Disiplin PSSI sendiri sudah menjatuhkan sejumlah sanksi untuk aksi tak terpuji pemain di lapangan. Beberapa pemain mendapat sanksi larangan bermain hingga denda. Tercatat ada 5 pemain yang mendapat sanksi berat dari Komdis.

Mereka adalah Muhamad Faisol Yunus (Gresik United FC), Alexsandro Dos Santos Perreira (PSBS Biak), Elfis Nuh Harewan (Persewar Waropen), Oky Kharisma (Nusantara United FC), dan Bima Ragil Satria Rakasiwi (Deltras FC).

Selain itu aksi tak terpuji pemain juga disorot saat laga Persekat kontra Persela. Gugun Syaiful Rahman tertangkap kamera menyikut leher Silvio Escobar hingga sang pemain kolaps di lapangan. Escobar dilarikan ke rumah sakit dan syukurnya sudah siuman.

Baca Juga: PSMS Nyaris Kalah di Teladan, Ridwan Saragih: Kita Evaluasi Seluruhnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya