Comscore Tracker

Sepekan Jelang Liga 2, Ini Kelemahan yang Harus Dibenahi PSMS

Pemain baru tampil produktif

Medan, IDN Times - Sepekan jelang Liga 2, PSMS Medan kembali beruji coba. Mereka menghadapi tim Liga 3, PS Kwarta. Hasilnya Syaiful Ramadhan dkk meraih kemenangan 5-0.

Pemain baru PSMS, Fiwi Dwipan unjuk gigi dengan mencetak dua gol. Sementara Syaiful Ramadhan, Rachmad Hidayat dan Nanang Asripin berbagi masing-masing satu gol.

1. Pemain pengganti kurang optimal di babak kedua

Sepekan Jelang Liga 2, Ini Kelemahan yang Harus Dibenahi PSMSGhozali Siregar saat memperkuat PSMS hadapi PS Kwarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Pelatih PSMS, Ansyari Lubis mengatakan, anak asuhnya bermain bagus di babak pertama. Namun di babak kedua, saat melakukan pergantian pemain pelapis kurang optimal.

"Babak pertama anak-anak bermain bagus. Artinya skema yang kita instruksikan berjalan bagus. Tapi di babak kedua ada perubahan yang mereka lakukan. Sementara skemanya harusnya sama. Tapi ya inilah dia namanya ujicoba. Pemain pelapis masuk mungkin belum bisa mengikuti ritme dan irama di babak pertama. Tapi ini evaluasi yang harus kita lakukan dengan serius nantinya di sisa waktu," beber Uwak, sapaan akrabnya.

2. Lini tengah lambat menahan serangan balik

Sepekan Jelang Liga 2, Ini Kelemahan yang Harus Dibenahi PSMSEka Hera saat uji coba PSMS vs Kwarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu kelemahan PSMS pada laga tadi adalah masih lambatnya transisi lini tengah dalam menahan serangan balik lawan. Akibatnya beberapa kali Kwarta mampu melakukan counter attack.

"Midfielder (gelandang) kita terlampau lambat untuk bertahan. Jadi berapa kali lawan bisa counter attack. Karena yang saya instruksikan kepada mereka ketika kita nyerang, bukan berarti kita meninggalkan kita bertahan jadi harus jaga keseimbangan. Ini yang paling penting dalam sepak bola. Jangan asyik menyerang, tapi tidak berpikir kita bakal diserang. Nah ini yang harus mereka pahami juga," sebut eks pelatih Pro Duta dan PSDS ini.

"Tapi secara keseluruhan banyak hal positif yang dilakukan pemain. Mereka juga possessionnya lebih bagus dan lebih percaya diri," sambungnya lagi.

3. Dua pemain baru cukup produktif

Sepekan Jelang Liga 2, Ini Kelemahan yang Harus Dibenahi PSMSRachmad Hidayat saat memperkuat PSMS lawan PS Kwarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Soal dua amunisi barunya yang mencetak total tiga gol pada laga tadi yakni Fiwi Dwipan dan Nanang Asripin, Uwak melempar pujian. Namun diakuinya belum 100 persen menyatu dengan tim. "Artinya udah klop tapi belum 100 persen. Jadi di sisa waktu ini akan kita benahi lagi.

"Striker pada ujicoba ini cukup bagus. Mereka punya karakter seorang striker, itu yang kita butuhkan. Yang fight, yang mau duel, itu yang kita cari. Dan ini dua-duanya juga menampilkan hal yang terbaik. Tinggal masalah finishing kita masih lemah," pungkasnya.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya