Comscore Tracker

Philep Hansen Ungkap 4 Faktor Kekalahan PSMS Kontra Felda United

Hansen masih pimpin latihan timnya 10 kali

Medan, IDN Times - Debut Pelatih Philep Hansen di turnamen pra-musim berakhir dengan kekalahan. PSMS harus mengakui keunggulan Felda United dengan skor 1-2 di Stadion Teladan, Kamis (16/1) malam.

Kekalahan itu membuat PSMS harus bertarung berebut tempat ketiga Edy Rahmayadi Cup.

Lawan yang akan dihadapi adalah Penang FA di Stadion Teladan, Sabtu (18/1) pukul 16.00 WIB.

Philep Hansen pun mengakui, kekalahan tersebut tidak terlepas dari banyak faktor. Pelatih berlisensi A AFC itu coba menjelaskan mengapa timnya mengalami kekalahan tersebut.

1. Philep Hansen tidak punya target, apalagi timnya baru berlatih 10 kali

Philep Hansen Ungkap 4 Faktor Kekalahan PSMS Kontra Felda UnitedDuel PSMS kontra Felda United di Stadion Teladan (IDN Times/Doni Hermawan)

Hasil dari laga tersebut, tak sepenuhnya disesali sang pelatih. Dia menyebut, anak-anak sudah bermain bagus dengan kondisi tim yang baru berlatih 10 kali. Bahkan beberapa pemain, baru bergabung jelang laga.

"Saya senang permainan bagus, organisasi bermain juga baik. Laga ini untuk barometer tim kami sendiri. Target kami ingin melihat kemampuan tim yang baru sepuluh kali latihan," ungkapnya.

"Jadi ini baru 65 persen mainnya. Saya suda catat itu. Jangan menghayal bisa main 100 persen! Mana bisa latihan 10 kali bisa main 100 persen. Jadi kita belajarnya juga matematika juga," terang dia.

2. Pelatih soroti stamina dan finishing para pemain PSMS

Philep Hansen Ungkap 4 Faktor Kekalahan PSMS Kontra Felda UnitedDuel PSMS kontra Felda United di Stadion Teladan (IDN Times/Doni Hermawan)

Ada beberapa peluang terbuang saat laga kontra Felda United. Hal tersebut tak luput menjadi sorotan pelatih.

"Ada banyak sekali PR, terutama finishing dan juga stamina. Beberapa pemain baru sampai, seperti Annanias. Dia sampai malam, besoknya langsung saya coba. Belum bisa juga. Banyak sekali masalah, saya sudah catat itu. Kalau kita mau di atas, harus diperbaiki," tambah dia.

Baca Juga: Baru 2 Pekan Jadi Pelatih PSMS Medan, Philep Hansen Dikritik Suporter

3. Felda United cetak gol dengan counter attack, PSMS belum pelajari hal tersebut

Philep Hansen Ungkap 4 Faktor Kekalahan PSMS Kontra Felda UnitedPemain Felda United merayakan gol ke gawang PSMS (IDN Times/Doni Hermawan)

Belum banyak menu latihan yang diajarkan Philep Hansen untuk skuatnya. Alhasil, timnya kebobolan lewat serangan balik lawan yang cepat. Itu jadi salah satu masalah dalam tim untuk membendungnya.

"Jadi saya sudah bicara sama anak-anak mengapa gol pertama terjadi. Harusnya ada free kick, terus dilepas, lalu dapat counter attack dan kebobolan. Itu belum sampai latihan ke sama, karena memang baru 10 kali berlatih. Jadi banyak sekali memang evaluasinya," jelasnya.

4. Lawan Penang FC akan jadi ujian lanjutan PSMS, pemain diminta tidak nervous

Philep Hansen Ungkap 4 Faktor Kekalahan PSMS Kontra Felda UnitedDuel PSMS kontra Felda United di Stadion Teladan (IDN Times/Doni Hermawan)

Para pemain juga dinilai masih gugup pada laga melawan Felda United kemarin. Hal itu tidak boleh terjadi lagi saat PSMS melawan Penang FA di Stadion Teladan, Sabtu (18/1) besok.

"Saya coba anak Medan, ada Yuda dan Dio. Permain mainnya kelihatan nervous. Lepas bola dan terjadi lah gol (kebobolan). Itu akan jadi PR juga," ungkap Philep.

"Besok saya akan optimalkan semua pemain, saya lakukan rotasi agar semua pemain bisa merasakan atmosfer pertandingan dengan lawan di atas kita. Lawan nantinya lebih bagus lagi. Saya tentu berharap yang terbaik untuk anak-anak," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Klub Liga Super Malaysia  Bungkam PSMS, Debut Buruk Hansen

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya