Membedah Kekuatan Kontestan 8 Besar Liga 3 Sumut

Ada dua tim debutan yang lolos dan diperhitungkan

Medan, IDN Times- Liga 3 zona Sumatra Utara akhirnya memasuki fase delapan besar. Mereka akan berebut tiket ke semi final mulai Selasa (7/12/2021).

Berbeda dengan babak penyisihan dan 16 besar, babak ini akan menerapkan sistem knock out. Berikut kekuatan tim-tim peserta yang lolos 8 Besar Liga 3 Sumut ulasan IDN Times.

1. Karo United

Membedah Kekuatan Kontestan 8 Besar Liga 3 SumutSkuat Karo United di Liga 3 Sumut 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Jika menyebut nama Karo United, tentu saja masuk jajaran favorit juara Liga 3 Zona Sumatra Utara. Tak berlebihan melihat perjalanan tim besutan Slamet Riyadi, Donny F Siregar dan Dede Pranata ini sejak penyisihan hingga 16 Besar.

Berstatus juara bertahan zona Sumut 2019, Laskar Simbisa menjadi satu-satunya tim yang mencatat 100 persen kemenangan sejak penyisihan. Karo United juga selalu mencatat kemenangan besar atas lawan-lawannya. 

Tim ini diperkuat para pemain jebolan PON Sumut seperti Faisal Ramadoni, Kardinata Tarigan, Oemar Azis, Kevin Nur Erwihas dan Rian Ramadhan. Selain itu ada pemain senior seperti Aidun Sastra Utami dan Ade Rio Karo Sekali. Karo United menjadi salah satu favorit lolos ke Liga 2 jika mampu melewati zona Sumut.

2. PSDS Deli Serdang

Membedah Kekuatan Kontestan 8 Besar Liga 3 SumutSkuat PSDS Deli Serdang di Liga 3 Sumut 2021 (IDN Times/Doni Hermawan)

PSDS tentu menjadi tim paling bersejarah di antara seluruh kontestan Liga 3 Sumut. Traktor Kuning sudah lama ingin kembali menjejak level profesional. Mereka sudah terperangkap di kasta ketiga selama lebih satu dekade.

Tahun lalu, PSDS gagal melaju ke zona regional karena hanya finish di peringkat ketiga. Tahun ini dibesut pelatih senior Syahrial Effendi, Traktor Kuning menjelma menjadi salah satu kandidat juara.

Tim ini menjadi salah satu tim yang belum kalah sejak penyisihan. PSDS juga menjadi tim terproduktif sejauh ini. PSDS juga diperkuat para pemain PON Sumut seperti Dinan Syahbani, Bima Lesmana, Rifki Wahyudi, M Irfan dan Purnomo. 

3. YOB FC Belawan

Membedah Kekuatan Kontestan 8 Besar Liga 3 SumutYOB Belawan saat bersua Bansar FC (IDN Times/Doni Hermawan)

Young Olahraga Belawan (YOB) FC menjadi salah satu tim debutan di Liga 3 Zona Sumut musim ini. Tapi meskipun tim baru, YOB menjelma menjadi kekuatan yang diperhitungkan, bahkan kini masuk kandidat juara. Sejak penyisihan hingga 16 besar selalu menjadi juara grup.

Dibesut Jefrizal, YOB berhasil tampil solid sejak penyisihan. Mereka juga melewati ujian tim-tim seperti Bansar, Binjai United hingga Victory Dairi. YOB FC belum terkalahkan sejak penyisihan hingga berakhirnya 16 besar. Beberapa pemain kunci di tim ini seperti Robi di bawah mistar, kapten tim M Iqbal, dan Yehezkiel.

4. Saba Bangunan United

Membedah Kekuatan Kontestan 8 Besar Liga 3 SumutSaba Bangunan United (instagram/sababangunanunited)

Saba Bangunan juga jadi tim debutan yang layak diperhitungkan di Liga 3 Sumut musim ini. Mereka hanya satu kali menelan kekalahan sejak penyisihan hingga 16 besar.

Saba Bangunan juga diperkuat banyak pemain PON Sumut. Seperti Ernesto, M Tio Adityo, Rio Damanik, dan Abdi Darma Pohan. Selain itu ada juga gelandang senior Yusrizal Muzakki. Juru racik senior Amrustian juga jadi kunci ketangguhan Saba Bangunan.

Baca Juga: Tekuk Saba Bangunan, PSDS Jaga Rekor Tanpa Kalah di Liga 3 Sumut

5. Harjuna Putra

Membedah Kekuatan Kontestan 8 Besar Liga 3 SumutKapten Harjuna Putra, Hardiantono usai membobol gawang PS Kwarta pada lanjutan Liga 3 Sumut 2021 di Stadion Mini Pancing, Senin (22/11/2021). (IDN Times/Doni Hermawan)

Harjuna Putra menjadi kekuatan yang diperhitungkan musim ini. Harjuna berhasil lolos sebagai runner up C di penyisihan. Mereka hanya kalah dari PSDS. Di babak 16 besar, Harjuna berhasil lolos dengan status juara grup di atas Poslab Labuhanbatu.

Harjuna diperkuat eks pemain PSMS, Hardiantono yang memimpin pasukan muda dengan pertahanan yang kokoh.

6. Poslab Labuhanbatu

Membedah Kekuatan Kontestan 8 Besar Liga 3 SumutPemain Poslab merayakan gol ke gawang Taruna Satria pada lanjutan Liga 3 Sumut, Kamis (2/12/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Poslab Labuhanbatu menjadi salah satu tim kejutan di babak 8 besar. Lolos sebagai runner up grup G di bawah Saba Bangunan, Poslab mengandalkan gabungan putra daerah serta pemain Medan. Di babak 16 besar, Poslab juga berhasil lolos sebagai runner up. Klub lawas bakal jadi kekuatan yang tak bisa dianggap remeh di babak 8 besar.

7. PSSA Asahan

Membedah Kekuatan Kontestan 8 Besar Liga 3 SumutPSSA Asahan memastikan lolos ke babak 8 besar Liga 3 Sumut (instagram/pssa_official)

PSSA Asahan berhasil dua kali lolos dari lubang jarum untuk mencapai 8 besar. Yang pertama di babak penyisihan, mereka lolos sebagai runner up grup F di bawah Tanjungbalai United. Padahal di putaran awal mereka terseok-seok. 

Di babak 16 besar, Laskar Naga Bekisar juga lolos dengan dramatis. Sempat kalah dari Karo United di awal, tim besutan Abdul Rahman Marasabessy lolos di posisi runner up dengan koleksi 5 poin. Mengandalkan para pemain muda, PSSA bakal jadi ancaman serius.

8. Medan Utama

Membedah Kekuatan Kontestan 8 Besar Liga 3 SumutMedan Utama saat bersua Batak United pada Liga 3 Sumut (instagram/medanutamafc)

Medan Utama pernah mencapai babak regional pada Liga 3 2018 lalu. Saat ini meski bukan unggulan mereka berhasil lolos ke babak 8 besar dengan perjalanan berliku. Di awal mereka mendapat keuntungan dengan mundurnya dua kontestan sehingga grup A hanya diisi tiga tim. Dengan dua kemenangan mereka lolos ke babak berikutnya.

Di babak 16 besar, Medan Utama yang sempat dicoreng insiden viral Saktiawan Sinaga berhasil lolos dengan dramatis. Dengan koleksi 6 poin head to head, dan selisih gol mereka sama dengan Victory Dairi. Tapi mereka lolos dengan poin fair play. Di babak 8 besar, belum diketahui apakah Saktiawan Sinaga bisa kembali memperkuat tim karena terancam sanksi berat. Namun tanpa Sakti pun, pasukan muda Medan Utama bisa jadi ancaman.

Baca Juga: Bak Eric Cantona, Saktiawan Sinaga Tendang Penonton di Liga 3 Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya