Manajemen PSMS Biarkan Suporternya Langgar Regulasi, PSPS Dirugikan

Terimbas denda, PSPS minta suporter tamu hargai tuan rumah

Medan, IDN Times- Regulasi suporter tamu dilarang hadir ke laga away di Liga 1 dan Liga 2 terus mengalami pelanggaran. Sudah banyak hukuman yang diberikan kepada klub maupun panpel karena tak bisa mengantisipasi kehadiran suporter tamu.

Teranyar PSMS dan PSPS harus berbagi denda setelah dijatuhi Komdis PSSI hukuman karena suporter PSMS kedapatan hadir di laga away di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru yang berakhir imbang 1-1. 

Mirisnya manajemen PSMS seolah menutup mata kejadian itu. Mereka justru memuji apa yang dilakukan suporternya sebagai bentuk kecintaan. Padahal hal ini juga merugikan klub lain yakni PSPS Riau selaku tuan rumah yang terimbas denda.

"Manajemen PSMS Medan tidak mempermasalahkan terkait dengan denda itu dan kami tidak menyalahkan suporter. Apa yang dilakukan suporter (datang pada saat pertandingan away) adalah sebuah hal yang luar biasa khususnya bagi manajemen karena menunjukkan kecintaan," ujar Andry Mahyar, Senin (30/10/2023).

1. Manajemen mengaku tak bisa menyalahkan suporter

Manajemen PSMS Biarkan Suporternya Langgar Regulasi, PSPS DirugikanPSPS Riau vs PSMS Medan di Stadion Kaharuddin Nasution (Dok Instagram PSPS Riau)

Andry mengatakan, manajemen PSMS tidak menyalahkan suporter karena hal ini juga banyak terjadi pada klub-klub lain. 

"Terkait kejadian di Pekanbaru, tidak bisa menyalahkan siapapun karena di situ yang hadir bukan hanya kelompok suporter tertentu, tapi juga penonton umum yang orang Medan datang ke situ. Ini juga bukan hanya terjadi pada PSMS Medan, tetapi banyak terjadi kepada klub-klub yang lain," ucap Andry Mahyar.

 

Baca Juga: Lucas Paulista Dirumorkan ke PSMS Medan Gantikan Souza, Ini Sosoknya

2. Manajemen PSMS sebelumnya meminta regulasi ini ditinjau ulang

Manajemen PSMS Biarkan Suporternya Langgar Regulasi, PSPS DirugikanPSPS Riau saat menjamu PSMS Medan dalam pertandingan Liga 2 di Stadion Kaharudin Nasution (IDN Times/ Fanny Rizano)

Sebelum Liga 2 bergulir, seperti diketahui, manajemen PSMS sempat melayangkan surat peninjauan ulang kepada PSSI agar larangan suporter tim tamu datang ke stadion dibatalkan. Namun, PSSI tak bergeming.

"Terkait hal ini kita kan di awal sudah protes kepada PT liga dan PSSI. Tapi karena PT Liga menganggap hal itu sebagai bagian yang harus dipenuhi ya kita hormati. Jadi sudah cukup, hentikanlah polemik terkait hal tersebut, karena antara suporter dan PSMS Medan adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan," ucap pria yang menjabat Dewan Pengawas di PDAM Tirtanadi itu.

3. PSPS minta suporter tamu hargai tuan rumah

Manajemen PSMS Biarkan Suporternya Langgar Regulasi, PSPS DirugikanDuel PSPS kontra PSPS di Stadion Kaharuddin Nasution (instagram/pspsriau)

Andry berharap, semua stakeholder di PSMS Medan bisa bersatu dengan tidak saling menyalahkan, Dia meminta kepada semua pihak untuk tidak saling melempar opini ke publik yang sifatnya tidak baik.

"Kami yakin bahwasanya teman-teman pencinta PSMS Medan akan memberikan apa yang terbaik kendati datang pada saat pertandingan away. Pastinya mereka sudah tahu bagaimana berbuat yang terbaik untuk PSMS Medan," katanya.

Diketahui meski tidak memakai atribut, para pendukung PSMS berkumpul di satu tribun. Selain itu dari para saksi yang hadir di pertandingan mereka ikut bernyanyi dan meneriakkan yel-yel dukungan. Kehadiran mereka pun dianggap sebagai bentuk dukungan dari suporter tamu dan dilaporkan pengawas pertandingan ke PT LIB.

Sebelumnya PSPS lewat instagram resminya sudah meminta suporter tamu untuk tak lagi datang dan menghargai tuan rumah.

"Attention ‼️ Komdis telah menjatuhkan hukuman terkait kehadiran suporter tim tamu. Kemarin terlihat jelas adanya kelompok walau tanpa atribut namun berkumpul dan bernyanyi dan beberapa indikasi lainnya yang menguatkan bahwa itu adalah suporter tim tamu.

Panitia Pelaksana bersama Security Officer team akan bertindak berkaitan hal ini demi menjalankan regulasi Kompetisi Pegadaian Liga 2 Indonesia 2023/2024 Pasal 4 poin nomor 7 dan 8.

Mohon untuk suporter tamu juga menghargai klub tuan rumah agar tidak dijatuhi sanksi dengan kerjasamanya untuk tidak hadir di stadion Kaharudin Nasution," demikian pernyataan resmi PSPS Riau di instagram-nya.

Baca Juga: Serius Tatap Liga 3, Labura Hebat Rekrut 4 Eks PSMS

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya