Liga 3 Sumut Hanya Diikuti 13 Tim, Ini Pembagian Grupnya

Jumlah peserta jauh berkurang dari terakhir digelar 2021

Medan, IDN Times- Liga 3 Zona Sumatra Utara musim 2023/2024 akhirnya akan segera kick off. Hal ini menyusul digelarnya drawing pembagian grup klub-klub kompetisi kasta ketiga tersebut di Aula Kampus Dharmawangsa Medan, Rabu (22/11/2023). 

Ada 13 klub yang rencananya berpartisipasi. Siapa saja? 

1. Liga 3 hanya diikuti 13 tim

Liga 3 Sumut Hanya Diikuti 13 Tim, Ini Pembagian GrupnyaAnggota Komite Eksekutif Asprov PSSI Sumut Julius Raja (IDN Times/Sandy Firdaus)

Anggota Exco Asprov PSSI Sumut Julius Raja menjelaskan jika untuk Liga 3 ada 13 tim yang berpartisipasi.

"Kita sudah menggelar drawing kemarin hari Rabu (22/11/2023) siang di Aula Kampus Dharmawangsa Medan. Jadi untuk Liga 3 ada 13 tim yang ikut dan Suratin U-17 ada 19 tim," kata Exco Kompetisi Asprov PSSI Sumut Julius Raja.

Namun ada kekhawatiran kompetisi mundur dari rencana jadwalnya pada 25 November 2023. Menurutnya hal itu karena ketidaksiapan klub.

"Sampai sekarang, kita masih dengan jadwal semula. Tapi kami melihat ada kendala di admin klub - klub yang mayoritas belum mengerti memasukan data di sistem SIAP PSSI. Padahal jauh hari kita Asprov sudah membantu dengan menyediakan orang yang mengerti untuk mengajari di sekretariat. Tapi itulah faktanya. Kami tidak mau dibilang kick off mundur, karena klub secara administrasi yang tak siap," katanya.

Baca Juga: Debut di Indonesia, Bek PSMS asal Korea Langsung Rasakan Kerusuhan

2. Tahun lalu Liga 3 Sumut belum sempat bergulir

Liga 3 Sumut Hanya Diikuti 13 Tim, Ini Pembagian GrupnyaKaro United pastikan gelar juara Liga 3 (Dok.Karo United)

Melihat jumlah peserta tahun ini, jauh berkurang dari terakhir kali digelar pada 2021 lalu. Saat itu Liga 3 Sumut diikuti 34 klub. Saat itu kompetisi meloloskan tiga tim yakni PSDS (juara), YOB Belawan (runner up) dan Karo United (peringkat ketiga). Bahkan Karo United yang kini berganti nama jadi Sada Sumut FC berhasil menjuarai Liga 3 nasional. Karo United lolos bersama PSDS ke Liga 2.

Sementara musim lalu Liga 3 Sumut belum sempat bergulir. Namun kompetisi Indonesia dihentikan karena tragedi Kanjuruhan. 

3. Drawing pembagian grup Liga 3

Liga 3 Sumut Hanya Diikuti 13 Tim, Ini Pembagian GrupnyaEki Fauzi perkuat Labura Hebat di Liga 3 musim ini (IDN Times/Doni Hermawan)

Berikut hasil drawing pembagian grup Liga 3 dan Piala Suratin U-17 Zona Sumut:

Pembagian Grup Kompetisi Liga 3

Grup A : Ratu FC, Batak United, Batubara Bisa FC
Grup B : PS. PTPN III, Brimo Langkat, Paya Bakung United
Grup C : Pelita Medan Soccer, PS. TGM, PS. Kwarta
Grup D : Poslab Labuhanbatu, Labura Hebat FC, PS. Keluarga Usu, Gumarang FC

Baca Juga: PSMS Fans Club Minta Persiraja Disanksi Tanpa Penonton hingga Poin

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya