Ini Rekam Jejak 4 Calon Ketua Umum Asprov PSSI Sumut

Dari manajer PSMS sampai Stafsus Menteri BUMN

Medan, IDN Times- Komite Pemilihan Asprov PSSI Sumatra Utara akhirnya merilis calon-calon ketua umum yang bertarung di Kongres Asprov PSSI Sumut di Le Polonia Hotel, Jumat (25/3/2022). Ada empat nama yang dinyatakan lolos untuk maju sebagai calon ketua umum.

"Ya ada 4 calon ketum, 5 calon wakil ketum dan 23 calon exco," kata Ketua Komite Pemilihan Asprov PSSI Sumut, M. Zeinizen, Kamis (24/3/2022).

Siapa saja mereka dan seperti apa rekam jejaknya? Yuk simak!

1. Mulyadi Simatupang

Ini Rekam Jejak 4 Calon Ketua Umum Asprov PSSI SumutEks Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang (IDN Times/Doni Hermawan)

Nama Mulyadi Simatupang tentu tak asing bagi pecinta PSMS. Dia sudah menangani PSMS sebagai manajer sejak 2019 lalu. Kala itu Mulyadi dipercaya memanajerial PSMS pascadegradasi dari Liga 1 2018. Dia kembali dipercaya menjadi manajer PSMS di musim berikutnya 2021 setelah Liga 2020 dihentikan karena pandemik.

Tahun ini Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut itu memutuskan maju sebagai calon ketua Asprov PSSI Sumut. 

2. Benny Tomasoa

Ini Rekam Jejak 4 Calon Ketua Umum Asprov PSSI SumutBenny Tomasoa berbicara pada Diskusi sepak bola membangun masa depan sepak bola Sumut, Sabtu (5/3/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Benny Tomasoa juga bukan nama asing bagi pecinta sepak bola Sumut. Dia sebelumnya pernah menjadi mantan pemain di PSMS junior. Sementara karier manajernya dimulai saat menjadi asisten manajer di Divisi Utama Liga Indonesia 2009/2010.

Setahun berikutnya Benny menjadi manajer tim selama dua musim beruntun. Terakhir jadi manajer PSMS versi ISL 2012/2013. 

Lama tak terdengar, Benny kembali muncul dengan mencalonkan diri menjadi calon ketua umum Asprov PSSI Sumut. Tak hanya jadi calon ketua umum, Benny juga mendaftar sebagai calon wakil ketua umum pada Kongres Asprov PSSI Sumut besok.

Baca Juga: Klub Heran Dicoret Jadi Voter karena Iuran hingga Biaya Tuan Rumah

3. Kodrat Shah

Ini Rekam Jejak 4 Calon Ketua Umum Asprov PSSI SumutPembina PSMS Kodrat Shah dan Ketua Askot Iswanda Ramli (tengah) (IDN Times/Doni Hermawan)

Kodrat Shah berstatus petahana dan memutuskan kembali maju sebagai calon Ketua Umum Asprov PSSI Sumut untuk periode keduanya. Periode pertama lalu dia terpilih pada kongres di Wings Hotel 2017 secara aklamasi karena saingannya Idris SE menyatakan mundur.

Kodrat Shah juga sebelumnya dikenal sebagai salah satu pemilik saham PSMS Medan. Kini Sekjen Hanura ini akan kembali meramaikan pertarungan menuju kursi PSSI Sumut 1.

4. Arya Sinulingga

Ini Rekam Jejak 4 Calon Ketua Umum Asprov PSSI SumutStaf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Arya Sinulingga menjadi nama terakhir yang muncul sebagai calon ketua umum Asprov PSSI Sumut. Sebelumnya berkasnya dinyatakan tidak lengkap. Namun setelah protes klub pengusungnya, Medan Utama, Stafsus Menteri BUMN itu dinyatakan lolos banding dan berhak maju sebagai calon ketum.

Arya juga dikenal di dunia sepak bola saat mendirikan klub Karo United pada 2019 lalu. Saat itu Karo United langsung menjadi juara Liga 3 Sumut. Kemudian dua tahun berselang Karo United berhasil menjejakkan dirinya di Liga 2 setelah menembus semi final Liga 3 tahun ini.

Baca Juga: Daftar Voter Kongres Asprov PSSI Sumut Dirilis, Hanya 52 Suara!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya