Barcelona vs Liverpool: Ini Statistik dan Sejarah Pertemuannya

Sejauh ini Liverpool masih unggul dari Barca

IDN Times - Barcelona dan Liverpool akan bentrok pada semifinal leg I Liga Champions di Camp Nou, Kamis (2/5) dini hari nanti. Ini merupakan pertemuan pertama La Blaugrana dan The Reds setelah terakhir kali 12 tahun terakhir.

Kedua tim sama-sama memegang 5 titel juara. Barcelona juara 1992, 2006, 2009, 2011 dan 2015. Liverpool juara 1977, 1978, 1981, 1984 dan 2005.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan, timnya harus fokus 100 persen di laga ini. Tak boleh memecah konsentrasi di laga lain.

"Satu-satunya hal yang lebih baik dari ini adalah jika ada yang bilang kalau kami sudah juara. Kami menyukai situasi ini. Para pemain yang menciptakannya, dan sekarang kami berada di sini. Namun akan jadi sebuah kesalahan yang sangat besar jika Anda menghadapi Barcelona sementara 15% pikiran Anda tertuju pada Newcastle. Hasil positif di sini akan memberi kami peluang bagus untuk meraih hasil baik di kandang," kata Klopp dilansir website UEFA.

Sementara itu Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan 15 menit pertama akan menjadi waktu yang rawan. "Niat kami adalah untuk menang, tetapi kami tahu nilai untuk menghentikan mereka mencetak gol juga. Mereka dapat mengalahkan Anda dalam 15 menit - kita perlu menghentikan mereka melakukan itu. 15 menit pertama dari setiap babak menjadi sangat penting," kata Valverde dikutip UEFA.

1. Liverpool unggul head to head

Barcelona vs Liverpool: Ini Statistik dan Sejarah PertemuannyaSky Sport

Barcelona dan Liverpool sudah bersua 8 kali. Liverpool unggul head to head dengan tiga kali menang, sementara Barcelona baru dua kali menang. Tiga duel lainnya berakhir imbang.

Selain itu Liverpool selalu bisa menyingkirkan Barcelona dalam partai dua leg. Liverpool melakukannya di semifinal UEFA Cup 1975/76 (1-0 tandang, 1-1 kandang), semifinal UEFA Cup 2000/01 (0-0 tandang, 1-0 kandang), dan babak 16 besar Liga Champions 2006/07.

Terakhir kali menyingkirkan Barcelona pada 2006/2007. Mereka unggul 2-1 di Camp Nou dan kalah 0-1 di Anfield.

Baca Juga: 3 Hal Ini Buat Liverpool Lebih Berpeluang Lolos ke Final UCL

2. Barcelona sering tersingkir di semifinal

Barcelona vs Liverpool: Ini Statistik dan Sejarah Pertemuannyafcbarcelona.com

Barcelona sudah 15 kali menjejakkan kaki di semifinal Liga Champions. Mereka lolos 7 kali ke final dan tersingkir 8 kali. Tiga di antaranya disingkirkan klub Inggris

Barcelona terakhir kali berhadapan dengan wakil Inggris di semifinal Liga Champions adalah melawan Chelsea pada musim 2011/12. Barcelona tersingkir dengan agregat 2-3 (0-1 tandang, 2-2 kandang).

3. Messi belum pernah bobol gawang Liverpool

Barcelona vs Liverpool: Ini Statistik dan Sejarah PertemuannyaInstagram.com/leomessi

Sepanjang kariernya, Messi telah mencetak 24 gol ke gawang klub-klub Inggris, namun belum satu pun ke gawang Liverpool. Selain itu, La Pulga telah mencatatkan 46 gol dari 45 laga di musim ini.

4. Barcelona paling produktif dan pertahanan terbaik

Barcelona vs Liverpool: Ini Statistik dan Sejarah Pertemuannyafcbarcelona.com

Barcelona tercatat sebagai semifinalis paling produktif dalam urusan mencetak gol musim ini. Lionel Messi cs tercatat telah mencetak 23 gol dalam 10 laga. Sementara Liverpool merupakan tim dengan produktivitas terendah kedua dengan hanya mencetak 18 gol.

Selain itu Barcelina menjadi tim dengan pertahanan terbaik. Liverpool menjadi tim dengan pertahanan terbaik kelima dengan rata-rata kebobolan 0,9 gol per laga atau kebobolan 9 gol dalam 10 laga.

5. Valverde dan Klopp imbang

Barcelona vs Liverpool: Ini Statistik dan Sejarah PertemuannyaBolatimes.com

Rekor pertemuan Ernesto Valverde dan Jurgen Klopp sama-sama imbang. Keduanya pernah dua kali beradu taktik dan saling mengalahkan. Ketika itu Klopp masih membesut Borussia Dortmund dengan Olympiacos pada laga kedua babak penyisihan grup Liga Champions musim 2011-2012.

Kemenangan Valverde lebih besar karena Olympiakos mempecundangi Borussia Dortmund 3-1 pada laga pertama.

Baca Juga: De Gea Sering Blunder, Minta Dijual? Ini 6 Faktanya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya