5 Fakta Ichsan Pratama, Gelandang Anyar PSMS Medan

Pernah jadi pemain terbaik Liga 2 tahun 2018

Medan, IDN Times - PSMS Medan kembali mendapat amunisi baru. Rekrutan anyar itu bernama Ichsan Pratama. Mantan pemain PSS Sleman dan PSIM Yogyakarta.

Pemain kelahiran Sukabumi, 9 Oktober 1993 itu sudah berlatih Senin (31/5/2021) kemarin. Dia langsung memikat perhatian Pelatih PSMS Ansyari Lubis.

"Dia (Ichsan Pratama) tadi pagi sudah latihan dengan banyak sentuhan bola saya kira kondisinya cukup bagus dan dia bisa cepat beradaptasi. Karena dia punya skill yang bagus. Ya, mudah-mudahan dia bisa berkembang dan bisa membawa PSMS lebih baik dan lebih bagus dari sebelumnya," kata Ansyari Lubis.

Ichsan merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang. Berikut 5 fakta soal Ichsan.

1. Awali karier di PBR

5 Fakta Ichsan Pratama, Gelandang Anyar PSMS MedanIchsan Pratama berlatih di PSMS (Dok.IDN Times/istimewa)

Karier profesional pertama Ichsan berawal dari Persipasi Bandung Raya (PBR). Klub merger antara Persipasi dan Bandung Raya.

Saat itu Peter Huistra melihat bakatnya. Dia bermain di ajang Piala Jendral Sudirman 2015 silam. Saat itu PBR diperkuat Yongki Ariwibowo hingga Gaston Castano. Memang Ichsan belum mendapat banyak menit bermain saat itu.

 

2. Sempat bermain ke Barito

5 Fakta Ichsan Pratama, Gelandang Anyar PSMS MedanIchsan Pratama sudah berlatih bersama PSMS (Dok.IDN Times/istimewa)

Dari PBR, karier Ichsan berlanjut ke Barito Putra tahun 2016. Saat itu Laskar Antasari memberinya kesempatan tampil di Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Debutnya tercatat saat menghadapi Bhayangkara FC. Dia tampil 11 laga di musim tersebut.

Baca Juga: Resmi! Wiganda Pradika Pulang Perkuat PSMS Medan

3. Di PSPS, Ichsan tampil reguler dan jadi pemain andalan

5 Fakta Ichsan Pratama, Gelandang Anyar PSMS MedanIchsan Pratama (twitter/pspsriau_)

Ichsan lalu merantau ke Liga 2. Dia bermain di PSPS Pekanbaru. Keputusannya tak salah. Dia dipercaya main 22 laga. Dia juga mencetak 3 gol untuk Asykar Betuah. PSPS dibawanya ke babak 8 besar. Ichsan banyak menyuplai umpan-umpan matang untuk Herman Dzumafo.

Dari situlah bakatnya tercium PSS Sleman. Dia direkrut setahun kemudian. Tentu saja Ichsan menjadi pilar penting sebagai playmaker Super Elang Jawa. Dia tampil 28 laga dan mencetak 4 gol.

4. Antar PSS promosi dan jadi pemain terbaik Liga 2 2018

5 Fakta Ichsan Pratama, Gelandang Anyar PSMS Medanliga-indonesia.id

Penampilan Ichsan sangat impresif bersama PSS. Dia akhirnya menjadi pilar penting bagi Seto Nurdiantoro di lini tengah. Akhirnya Super Elja pun dibawa promosi ke Liga 1. Ichsan diganjar pemain terbaik Liga 2 2018 berkat performa gemilangnya.

Ichsan hengkang dari PSS dan tak menjadi bagian dari skuat yang masuk Liga 1 itu. Dia hengkang ke Bogor FC, kontestan Liga 2.

5. Hengkang dan perkuat rival sekota PSIM Yogyakarta. Kini Ichsan memulai petualangan di PSMS

5 Fakta Ichsan Pratama, Gelandang Anyar PSMS Medanpsimjogja.id (PSIM Yogyakarta)

Uniknya skuat Bogor FC bergabung seluruhnya ke PSIM Yogyakarta karena punya pemilik yang sama. Jadilah Ichsan memperkuat rival sekota PSS itu. Apalagi PSIM dilatih Seto Nurdiantoro yang juga hengkang dari PSS.

Ichsan pun tetap menjadi andalan dan tampil 21 laga. Sayang PSIM gagal dibawanya promosi ke Liga 1. Kini Ichsan memulai petualangan baru bersama PSMS Medan.

Baca Juga: Gubernur Edy Suruh Pulang ke PSMS, Ini Jawaban Riko Simanjuntak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya