7 Klub yang Bakal Bikin Liga 2 Zona Sumatra Makin Seru

PSMS, Sriwijaya FC, dan Semen Padang target ke Liga 1 lagi

Liga 1 Indonesia 2021/2022 akan segera berakhir beberapa pekan lagi. Sedangkan Liga 3 Indonesia sudah memasuki babak 8 besar atau kemungkinan akan langsung ke babak semi final.

Sebanyak tiga tim dari Liga 2 sudah dipastikan promosi ke Liga 1 musim depan yakni Persis Solo, RANS Cilegon FC, dan Dewa United.

Meski belum diketahui kapan kick off Liga 2 musim depan, namun Liga 2 musim depan akan sangat ditunggu-tunggu para penikmat bola, khususnya Liga 2 Zona Sumatra. Pasalnya bakal banyak tim-tim besar yang akan bertarung untuk naik kasta ke Liga 1. 

Di antaranya PSMS Medan, Sriwijaya FC, dan Semen Padang tim lawas yang sempat merasakan Liga 1 namun terdegradasi.

IDN Times merangkum ada 7 tim yang bakal membuat Liga 2 Zona Sumatra akan berlangsung menarik dan sangat layak ditunggu. Yuk simak:

1. PSMS Medan

7 Klub yang Bakal Bikin Liga 2 Zona Sumatra Makin Seruliga-indonesia.id

PSMS Medan terakhir kali promosi ke Liga 1 Indonesia pada tahun 2017. Namun sayangnya, hanya satu musim mencicipi kasta tertinggi, tim berjuluk Ayam Kinantan ini degradasi lagi ke Liga 2.

Dua musim terakhir PSMS berjuang keras untuk promosi. Namun masih jauh dari harapan.

Musim 2022/2023, PSMS akan berusaha menunjukkan tajinya lagi untuk bisa berlaga di Liga 1.

Baca Juga: Baru Semusim Promosi, Persiraja Banda Aceh Degradasi Dari BRI Liga 1

2. Persiraja Banda Aceh

7 Klub yang Bakal Bikin Liga 2 Zona Sumatra Makin SeruPersiraja saat melakukan sesi foto tim sebelum pertandingan. (Dok. Persiraja).

Mirip seperti PSMS Medan, Persiraja Banda Aceh hanya semusim mencicipi Liga 1 setelah promosi pada tahun 2019.

Tim berjuluk Laskar Rencong ini Promosi ke Liga 1 pada 2019 dan mengarungi Liga kasta tertinggi pada musim 2021/2022. Meski sudah mendatangkan pemain asing dan merombak skuatnya, mereka belum bisa keluar dari zona degradasi. 

Pada pekan ke-29 Liga Indonesia, mereka kembali merasakan kekalahan dan memastikan diri sebagai tim pertama yang degradasi ke Liga 2.

3. PSDS Deli Serdang

7 Klub yang Bakal Bikin Liga 2 Zona Sumatra Makin SeruPSDS merayakan gol ke gawang Maluku FC, Minggu (13/2/2022) (Dok.Humas PSDS)

Persatuan Sepak Bola Deli Serdang adalah sebuah klub sepak bola yang bermarkas di kabupaten Deli Serdang, Sumatra utara Indonesia. Didirikan pada tahun 1958, klub ini mempunyai julukan Traktor Kuning. Kandang mereka adalah Stadion Baharoeddin Siregar yang terletak di Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatra Utara.

Sempat berkiprah di kasta tertinggi Liga Indonesia, namun terpuruk ke Liga 3 selama beberapa tahun terakhir.

Musim ini, PSDS Deli Serdang berhasil promosi ke Liga 2 setelah mengalahkan PS Palembang pada babak 16 besar putaran nasional Liga 3 2021-2022 di Stadion Jala Krida AAL, Kota Surabaya.

PSDS Deli Serdang menang 4-0 atas PS Palembang, Sabtu (12/3/2022) siang.

Dengan kemenangan ini, PSDS juga menjadi grup AA babak 16 besar dan melaju ke babak semi final.

4. Karo United

7 Klub yang Bakal Bikin Liga 2 Zona Sumatra Makin SeruKaro United meraih peringkat ketiga Liga 3 Zona Sumut (foto official Karo United)

Karo United FC (atau singkatan dari Karo United Football Club) adalah tim sepak bola Indonesia yang bermarkas di Stadion Samura, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Karo United FC dideklarasikan pada tanggal 22 Juli 2019 di Kota Medan dan berkompetisi di Liga 3.

Belum genap usianya 3 tahun, tim ini sudah berhasil promosi ke Liga 2 Indonesia. Hasil ini diraih berkat kemenangan pada laga terakhir babak 16 besar Liga 3 Nasional melawan Persikab Bandung 2-1.

Dengan kemenangan ini, Karo United menjadi juara grup BB dan memastikan satu tiket promosi ke Liga 2. Sama dengan PSDS, Karo United juga melaju ke babak semi final Liga 3.

5. Sriwijaya FC, PSPS Riau, dan Semen Padang akan bikin Liga 2 makin sengit

7 Klub yang Bakal Bikin Liga 2 Zona Sumatra Makin Seruliga-indonesia.id

Klub-klub di luar Sumatra Utara dan Aceh juga gak kalah kuat. PSPS Riau, Sriwijaya FC, dan Semen Padang adalah klub yang pernah mencicipi Liga 1 Indonesia namun terdegradasi ke Liga 2. 

Tak sekadar legendaris, ketiga tim tersebut juga memiliki kekuatan pendanaan yang kuat. Sehingga kerap jadi lawan berat bagi PSMS Medan saat melakoni Liga 2.

Dengan kehadiran tujuh tim ini, Liga 2 Zona Sumatra dipastikan akan sangat sengit.

Baca Juga: Jejak Karo United, Belum Genap Berusia 3 Tahun Sudah Promosi Ke Liga 2

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya