TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Eks Coach Sada Sumut dan PSMS Suharto AD Berjuang Melawan Stroke

Keluarga minta doa pecinta sepak bola di Sumut

Kondisi Suharto AD, eks pelatih Sada Sumut dan PSMS yang sakit stroke (Dok.Istimewa)

Medan, IDN Times- Lama tak nongol di lapangan hijau, Mantan Pelatih Sada Sumut FC dan PSMS Medan Suharto AD ternyata sedang berjuang melawan sakit. Suharto saat ini menderita penyakit stroke yang dideritanya sejak akhir tahun 2023 lalu.

Saat ini Suharto hanya bisa duduk di kursi roda dan dirawat di rumahnya Jalan Karya Bersama. Bagian tubuh sebelah kirinya tak bisa digerakkan. Badannya pun terlihat semakin kurus.

Namun semangat masih terpancar di wajahnya. Untuk berkomunikasi dirinya juga masih cukup jelas meskipun tak seperti biasanya. Seperti apa kondisi Suharto?

1. Kondisi Suharto membaik dibanding sebelumnya

Kondisi Suharto AD, eks pelatih Sada Sumut dan PSMS yang sakit stroke (Dok.Istimewa)

Anak keempat Suharto AD, Dhila menyebutkan, ayahnya sudah menderita stroke sejak beberapa bulan lalu.

"Sebelumnya memang sudah ada sakit asam lambung dan diabetes. Dan sejak tanggal 1 Desember drop (jatuh sakit) hingga di opname (rawat inap) di ICU, karena sesak napas. Awal Januari dan akhirnya Januari juga opname (rawat inap) lagi karena ada sesak nafas," kata Dhila, Minggu (11/2/2024). 

Sejauh ini Dhila mengungkap kondisi sang Ayah lebih baik dibanding sebelumnya. Ayah enam anak itu dibantu adiknya dalam penanganan. 

"Selama ini tidak ada kendala dan sekarang sudah lebih mendingan," ucapnya.

Baca Juga: Gagal di 12 Besar, Legimin Tunggu Langkah Selanjutnya PSMS

2. Suharto beberapa kali bolak-balik dirawat di rumah sakit

Pelatih Sada Sumut FC, Suharto AD (kanan), saat konferensi pers usai laga melawan Persiraja Banda Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Suharto beberapa kali memang harus bolak-balik rumah sakit. Sebelumnya saat November lalu, IDN Times bersama para jurnalis lainnya sempat menjenguk di rumah sakit. Namun saat itu dia belum terserang stroke dan dirawat karena sesak napas.

Dhila mengatakan mohon doa dari pecinta sepak bola di Sumut.Dia mengakui Suharto sudah kangen aktivitas di lapangan hijau.

"Mohon doanya untuk kesembuhan coach Suharto AD. Semoga bisa sehat seperti dulu, sehingga bisa melatih kembali seperti sediakala," ungkapnya.

Sementara Suharto sendiri sangat senang menyambut kehadiran para jurnalis sepak bola. Dia menyampaikan semangat untuk sembuh.

"Doakan saya cepat sembuh. Saya ingin segera kembali ke lapangan," kata Suharto di atas kursi roda.

Berita Terkini Lainnya