KONI Sumut Sudah Kirim Long List ke PB PON, Bertambah Jadi 1.130 Atlet

Long list menjadi syarat entry by name 

Medan, IDN Times- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara telah mengirim Long List atau daftar panjang berisi cabang olahraga, nomor pertandingan/perlombaan serta nama-nama atlet peserta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Long list ini dikirim KONI Sumut ke PB PON dan KONI Pusat sesuai dengan ketentuan batas akhirnya, Selasa (7/5/2024). 

"Ada penambahan jumlah atlet pada long list tersebut. Setidaknya dari 1.117 atlet, kini bertambah menjadi 1.130 atlet yang telah kita kirim daftarnya," jelas John Lubis saat podcast news plus COPI Sumut, Kamis (9/5/2024).

1. Long list sesuai daftar yang diserahkan Pengprov

KONI Sumut Sudah Kirim Long List ke PB PON, Bertambah Jadi 1.130 AtletKetua KONI Sumut John Lubis saat podcast Copi Sumut (dok.istimewa)

Menurut John long list ini tentu seluruhnya atlet yang sudah dipelatdakan. Selain itu sesuai dengan apa yang didaftarkan pengprov masing-masing cabor.

"Semuanya tentu atlet Pelatda. Long list ini daftar sesuai atlet yang kita Pelatda (Pemusatan Latihan Daerah-red) kan, tidak mungkin di luar Pelatda kita daftar," katanya.

Bagi pengprov yang belum memberi daftar terbaru, dianggap menyetujui SK Pelatda yang sudah dibuat sebagai daftar yang dikirim ke pusat.

Bila ada perubahan-perubahan nantinya diharapkan sesuai aturan dengan mengacu pada long list yang telah dikirim. Kemudian Pengprov Cabor diminta melaporkan dan mepaparkan ke KONI. 

"Jangan sampai pergantian ini jadi membuat menurun, bukannya lebih baik. Jadi marilah kepada pengprov datang ke KONI, bawa datanya siapa yang diganti dan masalahnya apa," pinta John Lubis.

 "Data fisiknya harus ada. Karena pergantian memerlukan data lengkap untuk PB PON. Bukan hanya nama didaftar, tapi NIK. Ini ada satu kasus, NIK membal. Ternyata sudah didaftarkan provinsi lain. Ini masalah baru," tambahnya.

2. Long list jadi syarat entry by name yang sudah dimulai Rabu (8/5/2024)

KONI Sumut Sudah Kirim Long List ke PB PON, Bertambah Jadi 1.130 AtletSeleksi tim sepak bola PON Sumut di Stadion TD Pardede, Kamis (18/4/2024) (Dok.istimewa)

John pun menjelaskan, long list jadi syarat entry by name yang sudah dimulai Rabu (8/5/2024). Bila di long list masih bisa menyertakan dua atlet di satu nomor pertandingan atau sebaliknya, di entry by name sudah harus satu. 

"Jadi begitu entry by name sudah harus jelas. Makanya harus jelas komunikasi dan koordinasi dengan pengprov.  Jangan nanti ada masalah, KONI yang disalahkan. Padahal data yang dikirim tidak jelas," tambahnya. 

Sementara itu soal pergantian atlet John mengatakan tak habis pikir karena PON akan digelar dalam beberapa bulan lagi. Namun menurutnya hal itu harus menjadi tanggung jawab bersama.

"Tiba-tiba diganti karena alasan tidak disiplin. Saya bingung jadinya. Saya curiga ini kebutuhan apa kepentingan? Jangan nanti menang dia punya, kalah mintanya KONI dievaluasi. Padahal yang nyari atlet dan pelatih pengprov, pelatda juga pengprov, giliran tanggung jawab ke saya. Saya siap tanggung jawab tapi mari sama-sama menyikapinya arif dan bijaksana, tidak saling ego. Tentu kita inginkan terbarik dan Sumut bisa berprestasi," tegas John Lubis.

3. Anggaran minim membuat sentralisasi atlet terhambat

KONI Sumut Sudah Kirim Long List ke PB PON, Bertambah Jadi 1.130 AtletKetua KONI Sumut John Lubis (dok.istimewa)

John juga kembali menyoroti minimnya anggaran.Hal ini membuat pihaknya kesulitan membuat sentralisasi atlet.

Saat ini, TC penuh baru akan dimulai awal Juni khusus untuk atlet prioritas yakni kategori satu dan dua. 
"Atlet prioritas yang didahulukan. Tapi bagi yang belum prioritas bukan berarti tidak punya peluang. Saat ini anggaran terbatas. Yang pasti harus sukseskan PON," pungkasnya.

Baca Juga: Resmi! Ridwan Saragih Gantikan Reswandi Jadi Pelatih PON Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya