F1H20 Danau Toba, Jupiter Aerobatic Bakal Menari di Langit Balige

Jadi pertunjukan menarik bagi pengunjung

Toba IDN Times – Balapan perahu cepat F1H2O di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, menjadi magnet baru bagi pariwisata Danau Toba. Gelaran hari pertama berjalan lancar.

Selama ajang itu, Balige menjadi lautan manusia. Puncak acara bakal digelar pada Minggu (26/2/2023). Di hari itu, sesi balap akan dilakukan setelah melakukan kualifikasi di hari sebelumnya. Sebanyak 20 pembalap dari 10 tim akan berebut poin.

Pada puncak acara, juga ada yang tidak kalah menarik. Tim Jupiter Aerobatic dikabarkan akan ‘menari’ di langit Balige.Saat ini mereka sudah tiba di Lanud Soewondo, Kota Medan. 

"Beragam kegiatan akan berlangsung selama gelaran F1 Powerboat di Danau Toba. Salah satunya adalah aksi dari Jupiter Aerobatic Team," ujar Pejabat Pengganti Sementara (pgs.) Senior Vice President of Corporate Secretary InJourney Nugdha Achadie, dilansir ANTARA, Jumat (24/2/2023).

Tim Jupiter Aerobatic juga memastikan kehadirannya lewat unggahan mereka di Instagram.

Baca Juga: Besok Kualifikasi, Ini Potret Lintasan Balap F1H2O di Danau Toba

1. Pertama kali digelar, F1H2O dipastikan meriah

F1H20 Danau Toba, Jupiter Aerobatic Bakal Menari di Langit BaligePengunjung memadati venue utama F1H2O pada gelaran hari pertama, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Pantauan IDN Times, kawasan Kota Balige sudah dipadati pengunjung sejak Jumat pagi. Pengunjung lokal hingga luar daerah berbondong – bondong datang.

Kawasan ring 1 disterilkan dari kendaraan. Penyekatan dilakukan berlapis oleh aparat gabungan. Sebagian petugas pengamanan juga terpantau dibekali senjata. Baik gas air mata dan senjata api. Sejumlah kendaraan taktis dari Brimob juga berjaga di lokasi.

Pihak penyelenggara ingin memastikan F1H2O berlangsung meriah. InJourney sudah menyiapkan sejumlah acara seperti konser musik dan atraksi lainnya.

2. Indonesia menjadi negara ke-40 penyelenggara F1H2O

F1H20 Danau Toba, Jupiter Aerobatic Bakal Menari di Langit BaligePembalap F1H2O Bartek Marszałek dari Tim Stromoy Racing memacu perahunya dalam sesi latihan bebas di Danau Toba, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Indonesia mendapat kesempatan berharga menjadi tuan rumah pertama dari total enam putaran F1H2O pada musim 2023. Berdasarkan catatan, Indonesia menjadi negara ke-40 yang menyelenggarakan ajang balap perahu cepat tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan jika Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam menyambut kegiatan-kegiatan internasional semakin baik dan terus memperlihatkan kemajuan. Hospitality masyarakat terus terbangun, sehingga wajah Indonesia di mata internasional, tumbuh positif.

Masyarakat, secara khusus dikatakan Luhut mampu belajar dengan baik dari penyelenggaraan-penyelenggaraan event dunia ketika Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah. Seperti yang terjadi di Balige, dengan Danau Toba didapuk sebagai arena balapan internasional Kopiko F1 PowerBoat 2023, yang hari ini, Jumat (24/2/2023) akan memulai sesi free practice.

“Ini menunjukkan kita semakin baik dan maju serta terbuka dengan hal-hal baru. Kiranya, mindset positif terus terbangun di tengah masyarakat. Jaga kebersihan, pelayanan, sopan santun bagi tamu-tamu kita, sehingga mereka mau datang kembali. Yang utama, kita mendapatkan multiplier effect dari acara ini, dapat menggerakkan perekonomian di Toba, Sumatera Utara dan Indonesia,” kata Luhut.

3. F1H2O bikin Danau Toba kian mendunia

F1H20 Danau Toba, Jupiter Aerobatic Bakal Menari di Langit BaligePembalap F1H2O Ahmad Al Fahim dari Tim Victory pada sesi latihan bebas di Danau Toba, Jumat (24/3/2023). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Luhut pun merasa optimis pesona Danau Toba yang semakin mendunia dunia lewat F1 Powerboat Lake Toba 2023.

“Kita sebagai tuan rumah F1 Powerboat, tentunya Danau Toba ini akan menjadi perbincangan dunia. Tidak pernah terbayangkan bahwa Danau Toba akan ditonton dan dilihat secara langsung oleh lebih dari 180 juta penonton,” ujarnya.

Baca Juga: Pembalap F1H2O Terkesima dengan Keindahan Danau Toba

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya