Edy Rahmayadi 'Tantang' Jeka Saragih Bertarung: Mau Berapa Ronde Kita?

Edy: Kalau gak berprestasi, gak mau aku jemput

Medan ID Times – Petarung Mixed Martial Arts (MMA) asal Simalungun Jeka Saragih dijamu oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di rumah dinasnya, Senin (31/10/2022). 

Edy langsung memberi selamat kepada Jeka yang telah menang Knock Out (KO) dari petarung Korea Selatan Ki Won Bin di Bin di semifinal Road to Ultimate Fighting Championship (UFC).

"Selamat buat kau Jeka Saragih sudah mengharumkan nama Sumatra Utara ini," kata Gubernur Sumut, Edy Rahyamadi.

1. Edy berpesan agar Jeka jangan sombong

Edy Rahmayadi 'Tantang' Jeka Saragih Bertarung: Mau Berapa Ronde Kita?Jeka Saragih (instagram/jekasaragih)

Dalam jamuan itu Edy langsung berpesan kepada Jeka untuk menjadi pribadi yang tidak sombong dan angkuh.

Edy berharap, Jeka terus bisa berprestasi dan mengharumkan nama Sumut dan Indonesia. Diketahui selangkah lagi Jeka akan dikontrak UFC.

"Kami jemput kau, karena kau Berprestasi. Kalau enggak berprestasi, gak mau aku menjemput (jamu) kau, sehingga jangan pernah bosan, untuk membesarkan Sumatra Utara, yang sudah besar ini," sebut Gubernur Edy.

Baca Juga: 5 Fakta Jeka Saragih, Petarung asal Simalungun Menuju Panggung UFC

2. Edy kembali berkelakar mengadu Jeka dengan Kapolda Panca

Edy Rahmayadi 'Tantang' Jeka Saragih Bertarung: Mau Berapa Ronde Kita?Petarung Indonesia, Jeka Saragih (merah), dalam Road to UFC (Dokumentasi UFC)

Edy pun kembali berkelakar. Dia ingin mengaduu Jeka dengan Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak. Sayang, Panca tidak datang ke rumah dinasnya.

"Mau ku adu kau sama si Panca, tapi sibuk dia hari ini dia. Ditelponnya aku, padat kali hari ini bang," sebut Gubernur Edy disambut gelak tawa. 

3. Edy malah ajak Jeka bertarung: berapa ronde kita?

Edy Rahmayadi 'Tantang' Jeka Saragih Bertarung: Mau Berapa Ronde Kita?Jeka Saragih, petarung MMA asal Indonesia. (Dok. Mola)

Mantan Ketua Umum PSSI itu juga menantang Jeka Saragih untuk bertarung. "Kalau aku lawan kau, berapa ronde ini kita. Jangan angkuh, percaya diri. Aku tidak bisa beri apa-apa. Kemudian, terus berjuang dan sukses," kata Gubernur Edy.

Jeka Saragih mengucapkan terima kasih atas dukungan dan sambutan Gubernur Sumut, Edy Rahyamadi kepada dirinya dan timnya.

Jeka menang cukup mudah atas Ki Won Bin. Hanya butuh satu ronde dan kurang dari tiga menit. Kemenangan KO itu bermula dari hook telak Jeka yang mengenai rahang Won Bin dengan telak. Jab dari tangan kanannya tersebut langsung membuat sang musuh terkapar di atas kanvas.

Situasi itu menguntungkan Jeka. Dia sempat mendaratkan ground and pound sebelum akhirnya wasit menghentikan pertandingan. Wasit menghentikan duel dan menyatakan petarung asal Indonesia itu menang KO.

Jeka Saragih adalah atlet kelahiran Desa Bah Pesusang, Simalungun, Sumatra Utara. Jeka Asparido Saragih nama lengkapnya, lahir 3 Juli 1995. Namun orangtuanya awalnya tak terlalu mendukung kariernya.

Dia berlatih bela diri sejak kecil. Wushu sanda menjadi cabang olahraga yang ditekuninya. Ini adalah salah satu cabang beladiri.

Meskipun begitu Jeka Saragih maju terus. Dia mampu berprestasi di kejurda hingga kejurnas. Saat masih duduk di bangku SMA, Jeka memenangkan kejurnas Wushu di Yogyakarta tahun 2013.

Dia juga memerkuat Indonesia di ajang Asian Games Junior di tahun yang sama. Sayang Jeka gagal jadi juara. Jeka memutuskan merantau ke Batam sekaligus kerja. Tapi dia tak melupakan bela diri. Dia akhirnya bergabung dengan Batam Fighter Club (BFC). Di situ Jeka ditempa menjadi petarung MMA. Dia diikutkan kejuaraan One Price di TV One. Tahun 2017, kerja kerasnya berbuah hasil, ia menjuarai grade A 70 kilogram.

Setelah namanya mulai dikenal di MMA, Jeka akhirnya mendapatkan mimpinya yang tertunda memerkuat daerahnya di ajang PON 2020 Papua yang ditunda pada 2021 lalu. Jeka meraih medali perak dari cabor wushu sanda kelas 75 Kg.

Di final Jeka sayangnya takluk dari pewushu Jawa Barat, Iman Lesmana yang berstatus juara bertahan.

Baca Juga: Telpon Jeka Saragih, Gubernur Edy: Nanti Kau Ku Adu Sama Kapolda!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya