Wagub Ijeck Tutup Reli Danau Toba Seri I, Sampai Jumpa Lagi September!

Ijeck: Perbaikan lintasan akan dilakukan

Simalungun, IDN Times - Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah menutup resmi Kejuaraan nasional (Kejurnas) Reli Seri I bertajuk KFC Danau Toba Rally 2023 di Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari, Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, Minggu (25/6/2023). Ijeck, sapaan akrabnya, mengatakan Danau Toba siap menjadi tuan rumah tiga seri berikutnya yakni Kejurnas seri 3 dan 2 seri APRC. 

"Kami berterima kasih kepada kawan-kawan IMI Sumut, perjuangannya luar biasa karena melaksanakan rally ini kita tahu perlu biaya jadi karena Pak Harunnya berjuangnya dengan tulus dan ikhlas, Bang Ricardo Galael pun, KFC mau membantu,” kata Ijeck.

1. Perbaikan lintasan akan dilakukan untuk seri ketiga September

Wagub Ijeck Tutup Reli Danau Toba Seri I, Sampai Jumpa Lagi September!Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah saat menutup Kejurnas Reli seri 1 Danau Toba di Aek Nauli, Simalungun, Sumatra Utara, Minggu (26/6/2023)

Selain itu juga Ijeck tak menepikan peran TPL di setiap gelaran seri Danau Toba. Termasuk menyiapkan trek.

Namun untuk seri ke depan baik Kejurnas maupun APRC ada pekerjaan rumah yang harus dilakukan.. Diketahui lintasan Danau Toba mendapat banyak masukan dari para kontestan karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Dampaknya banyak pereli yang gagal finish.

“ Dari dahulu TPL selalu membantu. Treknya manapun yang mau dibuat disiapkan malah tadi Mr Sandeep (Dirut TPL) katanya ke depan akan perbaiki lagi lintasannya. Mana yang mau digunakan,” katanya.

 “TPL sudah menyanggupi mungkin nanti ada beberapa trek yang kita pindah temptnya sehingga kalau hujan atau kering tidak ada masalah,” tambah Ijeck sebelum penutupan.

Baca Juga: Musa Rajekshah Juarai Kejurnas Reli Danau Toba 2023 Putaran 1

2.Ijeck memuji perjuangan IMI Sumut menggelar reli

Wagub Ijeck Tutup Reli Danau Toba Seri I, Sampai Jumpa Lagi September!Finish seremonial Kejurnas Reli 2023 seri I Danau Toba di Aek Nauli, Simalungun, Sumatra Utara (IDN Times/Doni Hermawan)

Menurutnya, tahun ini sebagai tahunnya kejuaraan reli di Sumut karena perjuangan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut dan seluruh pereli di Sumut. 

“Event Ini tak semata-mata untuk kami yang suka reli saja, kegiatan ini efeknya untuk memajukan pariwisata di Sumut khususnya Danau Toba,” kata Ijeck.

Dikisahkan Ijeck, saat beraudiensi dengan Kementerian dan Presiden RI Jokowi, pihaknya bersama IMI menyampaikan mendorong event-event reli hadir di Indonesia khususnya Sumut bukan sekedar ingin memenuhi hobi. 

“Kami sampaikan kalau ini bukan semata-mata untuk hobi, lebih murah kami main ke luar negeri, ke Australia, ke New Zealand atau lainnya. Lebih murah kalau kami mau menikmatinya untuk diri kami sendiri. Tapi alangkahnya baiknya uang yang kita bawa ke luar itu, rame-rame kita keroyokan bikin relinya di Indonesia, di Sumut karena yang menikmati bukan hanya pereli tapi pemerintah, daerah juga negara khsusnya masyarakat sekitar akan terangkat ekonominya,” ujarnya. 

3. IMI pusat berharap Danau Toba Rally ke depan semakin baik

Wagub Ijeck Tutup Reli Danau Toba Seri I, Sampai Jumpa Lagi September!Musa Rajekshah dan co-driver Hervian Soejono memastikan gelar juara umum Kejurnas Seri I Danau Toba 202e (Dok.Istimewa)

Sementara itu Ketua Dewan Pengawas Pusat Jeffry JP mengatakan kerja keras seluruh pihak yang terlibat di cuaca hujan dan panas akhirnya berbuah hasil. 

“Semuanya selesai saya mewakili IMI Pusat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Semoga kaloborasi ini bisa terus terwujud hingga September, November dan goes to WRC,” pungkasnya. 

Pada Kejurnas reli putaran I ini, Musa Rajekshah bersama co-drivernya Hervian Soejono sukses meraih gelar juara umum overall dengan catatan waktu 1:43.18,5.

Menyusul di urutan kedua Rahmat/Hade Mboi dari LFN Sederhana dengan catatan waktu 1:46:25.3. Sementara di urutan ketiga Bintang Barlean/Anondo Eko dari BART mencatat waktu 1:47.09,7.

Baca Juga: Ijeck Target Juarai Kejurnas Reli 2023, Ryan hingga Ricardo Jadi Rival

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya