Ski Air dan Wake Board Sumut Bidik 3 Emas PON 2024

Kendala peralatan juga dialami PSAWI

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Ski Air dan Wake Board Indonesia (PSAWI) Sumut membidik 3 medali emas pada PON 2024 mendatang. Meskipun kendala yang mereka alami tak jauh beda dengan cabor lain. 

Hal itu dikatakan Ketua Pengprov PSAWI Sumut M.Husaini Almubayyin di Posko Publikasi PON XXI Aceh Sumut di Kantor Dispora Sumut, Jumat (21/7/2023).

Husaini menjelaskan, pihaknya saat ini memiliki 11 atlet Pelatda yaitu 6 dari Nias Selatan, 1 Toba, 2 Medan dan 1 dari Prapat. PSAWI Sumut pada PON 2024 diberikan kuota 20 orang. Karena itu, masih diperlukan 9 orang atlet lagi.

1. Target berdasarkan hasil kualifikasi di Danau Toba

Ski Air dan Wake Board Sumut Bidik 3 Emas PON 2024Atlet ski air persiapan jelang PON 2024 (Dok.Istimewa)

Menurutnya target 3 medali emas berdasar gambaran dari hasil kualifikasi di Danau Toba lalu. Sumut berada di posisi dua dengan meraih 3 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

"Dengan hasil itu, kita sejajar dengan DKI Jakarta dan Jawa Timur yang banyak memperoleh medali karena jumlah atlet mereka banyak. Selain itu berdasarkan hasil Open Championship di Putra Jaya Malaysia 15 - 16 Juli lalu, 2 atlet dari Medan dan Nias Selatan meraih tempat kedua di nomor wakeboard dan wakesurf. Apalagi pesaingnya dari Thailand, Malaysia dan Singapura," kata Husaini Al Mubayyin.

Baca Juga: Persiapan PON 2024, Sepatu Roda Sumut Berencana Try Out ke Thailand

2. Sumut andalkan 6 atlet Nias untuk wakeboard

Ski Air dan Wake Board Sumut Bidik 3 Emas PON 2024Atlet wakeboard persiapan jelang PON 2024 (Dok.Istimewa)

Hanya saja memang diakuinya wakeboard baru di Sumut. Untuk itu mereka mengambil enam atlet dari Sorake, Nias yang terbiasa dengan selancar.

"Wakeboard baru ini di Sumut. Tapi memang selama di kejurnas kita mendapat yang pertama. Pesaing kita juga baru belajar, atlet kita sudah terbiasa bermain selancar di ombak seperti di Sorake. Enam atlet dari Sorake kita ambil karena sudah terbiasa dan tinggal di motivasi. Ini sudah kita buktikan pada open Championship di Malaysia," katanya.

3. Peralatan memang jadi kendala

Ski Air dan Wake Board Sumut Bidik 3 Emas PON 2024Pengurus PSAWI Sumut didampingi wasping dari KONI Sumut memantau persiapan atlet jelang PON 2024 (Dok.Istimewa)

Hanya saja kendala peralatan memang jadi hambatan. Begitupun mereka membuktikan bisa meraih medali.

"Kita sudah ajukan spek yang dibutuhkan untuk pertandingan tapi belum dipenuhi. Peralatan kita belum memadai, tapi kita sudah buktikan meraih medali. Alat yang sangat krusial yaitu boat penarik, yang sudah tidak laik jalan," kata Sekretaris Pengprov PSAWI Sumut Emir Reza F.Tarigan.

Baca Juga: Bidik 6 Emas PON 2024, Cabor Renang akan Try Out ke Luar Negeri

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya