Persiapan PON 2024, Sepatu Roda Sumut Berencana Try Out ke Taiwan

Saat ini diperkuat 16 atlet

Medan, IDN Times- Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Sumatra Utara (Sumut) menargetkan meraih tiga medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut 2024. Target ini hampir sama dengan pencapaian mereka pada PON Papua 2021 sebelumnya, di mana mereka hanya berhasil meraih dua medali perak.

Namun belum dipastikan medali apa yang dimaksud. Hal ini dikatakan Pelatih sepatu roda Sumut, Pandji Prasetio, yang mewakili Pengprov Perserosi Sumut, menyatakan bahwa target tiga medali ini masih menjadi tantangan karena berbagai alasan. Salah satunya adalah kurangnya sarana yang memadai. Para atlet sejauh ini berlatih di lapangan sepatu roda Dispora Sumut yang kondisinya kurang baik.

"Dari 24 nomor, tidak bisa semua diikuti karena belum dapat atlet nomor spesialisasi. Kondisi lapangan juga kurang baik," kata Pandji Prasetio di Posko Publikasi PON 2024 wilayah Sumut, Kamis (20/7/2023).

1. Fokus akan fokus pada 8 nomor perlombaan

Persiapan PON 2024, Sepatu Roda Sumut Berencana Try Out ke TaiwanPengurus Pengprov Porserosi Sumut hadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Dalam upaya mencapai target tersebut, Perserosi Sumut akan fokus pada 8 nomor perlombaan dari total 24 nomor yang ada pada PON 2024. Nomor perlombaan yang menjadi fokus meliputi ITT Sprint 100M, ITT Flying Sprint 200M, DTT Sprint 500M+D, Sprint 500M+D, Sprint 1000M, dan Speed Slalom. Selain itu, ada juga dua nomor perlombaan beregu, yaitu Team Sprint 500M+D dan Relay 3000M.

Untuk mencapai target ini, Perserosi Sumut mengandalkan tiga atlet terbaik mereka. Di antaranya adalah Daniel Gasita dari disiplin freestyle, yang berada di peringkat 1 nasional. Selanjutnya, Aulia Abdul Gafar yang berada di peringkat 5 Kejurnas 2022, dan M Khadafi yang berada di peringkat 3 Sprint 500M Kejurnas 2022. Beregu juga menjadi salah satu andalan karena selalu masuk final sejak PON 2021 dan Kejurnas.

 

Baca Juga: Bidik 6 Emas PON 2024, Cabor Renang akan Try Out ke Luar Negeri

2. Berencana ikut try out ke Taiwan

Persiapan PON 2024, Sepatu Roda Sumut Berencana Try Out ke TaiwanAtlet sepatu roda Sumut yang sedang dipersiapkan hadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Perserosi Sumut berencana mengadakan try out dengan mengikuti kejuaraan di Taiwan pada Juli 2023. Tujuan dari try out ini adalah untuk mengevaluasi hasil latihan para atlet dari Januari hingga Juni, serta mengamati tekanan mental yang mereka alami. Meskipun sebenarnya ada kesempatan untuk try out di Papua, tetapi keterbatasan anggaran menjadi kendala.

"Kami mau mereview hasil latihan dari Januari sampai Juni, bagaimana tekanan mental atlet, itu yang utama kami cari. Bukan cari juara di sana. Sebenarnya dari jadwal bisa try out ke Papua, tapi anggaran ke sana terbatas," jelasnya.

Saat ini, Perserosi Sumut telah menyiapkan 16 atlet terbaiknya untuk PON 2024, dengan rincian 14 atlet (7 putra dan 7 putri) untuk disiplin speed, dan 2 atlet (putra dan putri) untuk disiplin freestyle. Mereka menjalani latihan 10 sesi dalam seminggu, dengan empat sesi sore di lapangan sepatu roda Dispora Sumut pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu, serta enam sesi lagi di Gym pada Selasa, Kamis, dan Sabtu.

3. Saat ini Porserosi Sumut diperkuat 16 atlet di pelatda

Persiapan PON 2024, Sepatu Roda Sumut Berencana Try Out ke TaiwanAtlet sepatu roda Sumut yang sedang dipersiapkan hadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Wakil Ketua Bidang Prestasi Perserosi Sumut, Juanda Prasetyo mengatakan, meskipun sudah menyiapkan 16 atlet, Perserosi Sumut masih berusaha untuk melengkapi slot tersisa hingga 24 atlet.

"Sepatu roda tandingnya di Aceh. Besar harapan kami pindah ke Sumut. Kami juga masih mencari atlet untuk tim pelatda agar melengkapi kuota 24 atlet. Itu kuota dari PB untuk tuan rumah. Kami terus menggodok untuk mendapatkan slotnya," tambahnya.

Adapun 16 atlet sepatu roda Sumut yang disiapkan untuk PON 2024 adalah: Aulia Abdul Gafar, M Khadafi, M Lufti, Khansa Fazian Oneal, Daniel Gasita Firmansyah, Allan Chandra M, M Fakhri, M Dzaky Almaira, Khansa Nayra Q, Zahra Nabila, Ghinayal Alifa Amri, Laura Ivana Tesalonika, Vania Atika Putri, Tiara Hayyu S, Maghfira Gustina, dan Khalisa Putri A. Mereka akan diasuh oleh empat pelatih, yaitu Dewantara Pandji Prasetyo, Denta Iswara Kiranasari, Fahmi F Ramadhan, dan Lucia Mulyaningsih.

Baca Juga: Pencak Silat Sumut Siap Akhiri Puasa Emas di PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya