Pencak Silat Sumut Siap Akhiri Puasa Emas di PON 2024

Terakhir raih medali emas pada PON 2012

Medan, IDN Times - Sumatra Utara siap mengakhiri puasa medali emasnya di cabang olahraga pencak silat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang. Terakhir kali pencak silat meraih medali emas pada PON 2012 di Riau. Terakhir pada PON Papua 2021 lalu, pencak silat meraih 2 perunggu.

Untuk itu sebagai tuan rumah, pencak silat menargetkan bisa memboyong 4 medali emas. Hal itu disampaikan Wakil Ketum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumut Muhammad Syahrir,

"Dari 22 nomor yang dipertandingkan di PON 2024 nanti, kami IPSI Sumut menargetkan empat emas," kata Syahrir di Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut.

1. Berdasar gambaran pada Kejuaraan Piala Kasad

Pencak Silat Sumut Siap Akhiri Puasa Emas di PON 2024Latihan atlet pencak silat Sumatra Utara hadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Sementara itu Ketua lembaga wasit juri, Lili Zairiyan mengatakan, empat emas itu ditarget berdasar gambaran pada Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Kasad 1 2023 di Cimahi, Jawa Barat, akhir Mei 2023 lalu.Nomor seni dan tanding menjadi andalan Sumut untuk mendulang emas.

Saat itu delapan atlet Sumut yang ikut, meraih 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.
"Selain itu ada dua atlet (Sumut) kita yg personil AD membela tim garuda dan meraih dua emas. Keduanya merupakan atlet pelatda (PON) Sumut," beber Lili.

Baca Juga: Panjat Tebing Sumut Butuh Peralatan Standar untuk Persiapan PON 2024

2. Ada 22 atlet yang ditempah di pelatda

Pencak Silat Sumut Siap Akhiri Puasa Emas di PON 2024Pengurus IPSI Sumut membeberkan persiapan pencak silat di posko publikasi PON 2024 Sumut (Dok.Istimewa)

Saat ini ada 22 atlet yang ditempah di pelatda untuk mengikuti 18 nomor pertandingan. Pelatih Pelatda Pencak Silat Sumut, Pedomanta Keliat mengatakan, akan ada tambahan 4 atlet lagi. 

"Rencananya akan ada empat atlet tambahan lagi. Tinggal nunggu SK saja dari KONI Sumut. Jadi rencananya di PON 2024 nanti kami ikuti 19 dari 22 nomor yang dipertandingkan," ungkapnya.

3. Pencak silat juga terkendala peralatan

Pencak Silat Sumut Siap Akhiri Puasa Emas di PON 2024Persiapan atlet pencak silat hadapi PON 2024 Sumut (Dok.Istimewa)

Pedo mengatakan, saat ini tim pelatda pencak silat Sumut menjalani 10 kali sesi latihan dalam seminggu.

"Kita latihannya berada di dua lokasi, di Unimed dan Hubdam I/BB (Namorambe, Deli Serdang)," sebutnya.

Soal kendala menurutnya gak jauh beda sih dengan cabor lainnya. Terutama di peralatan. "Kami masih kekurangan pecing, samsak, dan pelindung badan," curhatnya.

Baca Juga: Tim Esports Sumut akan Hadapi Juara Dunia di PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya