Senyum Judo Sumut dari International Judo Championship

Total Sumut bawa 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu

Medan, IDN Times- Para atlet judo Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara meraih prestasi membanggakan pada Kejuaraan International Judo Championship 2022 di GOR Kelapa Gading, Jakarta akhirnya tuntas Minggu (4/12/2022). Sumut total meraih 2 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Tambahan medali pada hari terakhir diraih lewat Helena Susen di kelas -78 kg senior putri yang meraih emas serta Gusti Irawan Gowasa di kelas -55 kg senior putra dengan medali perak.

1. Tambahan medali dari Helena Susen dan Gusti Irawan

Senyum Judo Sumut dari International Judo ChampionshipHelena Susen meraih medali emas dan Gusti Irawan meraih perak International Judo Championship 2022 (Dok.Istimewa)

Di final kelas -78 kg, Helena Susen tak terbendung. Atlet pelatnas judo ini sukses mengalahkan lawan-lawannya dengan konsisten. Ini medali emas ketiganya sepanjang tahun 2022. Sebelumnya Susen meraih emas di Piala Kasad dan Piala Menpora.

Semntara Gusti Irawan Gowasa yang turun di kategori senior / -55 kg tampil baik meski di final harus kalah dari atlet Pelatnas Judo, Mhd Risqi Maulana.

Baca Juga: Raih Emas Kejuaraan International Judo, Gelar Pertama Jihan Lubis 

2. Jihan dinobatkan jadi best player female youth

Senyum Judo Sumut dari International Judo ChampionshipJihan Lubis dinobatkan jadi best youth female player International Judo Championship 2022 (Dok.Istimewa)

Selain itu Jihan Syahkilla Lubis yang sebelumnya meraih emas di kategori Youth Wanita -52kg dinobatkan menjadi best player youth female di ajang tersebut. Sebelumnya Sumut menyumbang dua perunggu lewat Inoue Al Aqsha Firdaus di kategori cadet -81 kg dan Genio Vincentius Sirait (cadet pria -38 kg).

"Torehan 2 emas dan 1 perak dua perunggu. Dan ini menjadi bukti bahwa Judo Sumut sudah lebih baik saat ini..Dimana dari atlet yang dikirimkan ke event menunjukan perkembangan. Misalnya Gusti Irawan Gowasa, Jihan Syahkilla Lubis dan Genio Vincentius Sirait," kata Yahya Nasution manajer PJSI Sumut di Kejuaraan International Judo Championship 2022.

"Ini juga kali pertama kita menurunkan atlet di kategori Kadet dan berhasil mendapatkan dua perunggu dengan persaingan yang ketat dikelasnya," ucap Yahya Nasution.

3. PJSI Sumut titipkan 2 atletnya berlatih di pelatnas

Senyum Judo Sumut dari International Judo ChampionshipPengurus PJSI Sumut bersama atlet peraih medali di International Judo Championship (Dok.Istimewa)

Ketua Pengprov PJSI Sumut, Muhammad Arief Fadhillah mengatakan prestasi atlet judo Sumut saat ini sudah cukup baik. Terutama progres atlet menuju PON 2024.

"Hasil ini sangat patut kita syukuri, dan progres menuju PON menunjukan hasil signifikan. Seperti Gusti dan Jihan, mereka punya progres bagus. Untuk tahun ini saja, kita sudah memperoleh dua gelar pemain terbaik. Ini menunjukan pembinaan sudah berjalan semestinya," kata Arief Fadhillah.

Jihan dan Gusti akan dititipkan berlatih di Ciloto bersama atlet Pelatnas. Mereka akan bergabung dengan Helena Susen (senior -78 kg), Nanda Olivia Banurea (senior -70 kg), dan Winner Felix Panggabean (senior -66 kg).

Arief juga melihat masa depan judo Sumut cukup cerah. Mereka memunculkan Genio Vincentius Sirait meraih perunggu di kejuaraan ini. Selain itu juga Inoue Al Aqsa Firdaus yang meraih perunggu di kelas youth -81 kg. Inoue merupakan putra dari legenda judo Sumut, Denny Zulfendri.

"Untuk ke depannya kita juga sudah punya bibit atlet masa depan yang potensial, seperti Genio Vincentius Sirait dan Inoue Al Aqsa Firdaus. Dan untuk atlet yang sudah di pelatnas, khususnya Helena Susen juga berhasil meraih tiga gelar berturut-turut dalam setahun. Dua event nasional dan satu internasional," pungkasnya.

Baca Juga: PJSI Sumut Terjunkan 12 Atlet Ikuti Jakarta Judo Championship

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya