Ryan Nirwan dan Ricardo Gelael Terpuruk di Leg 1 Reli Danau Toba

Ryan mengalami kerusakan mobil, Ricardo kena penalti

Medan, IDN Times- Nasib sial harus dialami pereli asal Kalimantan Timur Ryan Nirwan di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli bertajuk KFC Danau Toba Rally 2023 di lintasan Hutan Tanaman Industri Aek Nauli, Simalungun. Pada hari pertama balapan, Sabtu (24/6/2023), Ryan yang berpasangan dengan Adi  mengalami masalah pada mobilnya hingga gagal jadi yang tercepat di kejuaraan itu.

Bahkan Runner up Kejurnas Reli 2022 itu terlempar dari 10 besar klasemen overall leg I. Padahal di awal balapan dia sempat bersaing ketat dengan pereli Sumut Musa Rajekshah yang pada hari pertama sukses menembus urutan teratas. Apa yang terjadi dengan Ryan?

1. Ryan mengalami kerusakan di sejak SS4

Ryan Nirwan dan Ricardo Gelael Terpuruk di Leg 1 Reli Danau TobaRyan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing gagal menunjukkan performa pada leg I Kejurnas Reli Danau Toba, Sabtu (24/6/2023) karena kerusakan mobil (IDN Times/Doni Hermawan)

Padahal Ryan sempat mengawalinya dengan start bagus di SS1 lintasan Negeri Dolok. Saat itu Ryan yang berpasangan dengan Adi Indiarto unggul tipis dari Ijeck dengan waktu 06:52,4. Di SS 2 Huta Tonga, Ryan disalip Ijeck dengan selisih waktu cukup jauh 20,8 detik dari Ryan.

Ryan membalasnya di SS3 di Aek Nauli Gorbus. Saat itu Ryan kembali unggul dengan selisih 15 detik pada catatan waktu 0:19:15,7. Namun waktunya belum cukup melampui Ijeck dengan selisih 4 detik. 

Usai jeda, Ryan malah terpuruk. Di SS4 Negeri Dolok, Ryan masih menempel ketat Ijeck di urutan ke-2. “Belum nyampai SS5 dan SS6, mobil saya rusak di SS 4. Tadi kita pas di tengah-tengah sempat nabrak karena pas di tengah SS hujan deras turun. Ada satu tekongan ke kiri yang mobilnya tiba-tiba ngebelok pas direm walaupun kita ngeremnya sudah cukup jauh, mobilnya mati total kita gak bisa ngontrol apa-apa,” ujar Ryan. 

Baca Juga: Wagub Ijeck Tercepat di Hari Pertama Kejurnas Reli Danau Toba 2023

2. Bertekad tampil lebih baik pada leg II Minggu (25/6/2023) besok

Ryan Nirwan dan Ricardo Gelael Terpuruk di Leg 1 Reli Danau TobaRyan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing gagal menunjukkan performa pada leg I Kejurnas Reli Danau Toba, Sabtu (24/6/2023) karena kerusakan mobil (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu Toyota Yaris GR yang digebernya juga mengalami kebocoran oli karena masalah pada oil cooler-nya.

“Linenya sempat putus jadi olinya habis, untungnya sempat finish. Tapi pas kita finish sensor oil pressurenya low, terpaksa kita gak bisa lanjutkan ke SS5 dan SS6. Besok gas lagi,” ujar Ryan.

Namun dengan catatan waktunya yang buruk di hari pertama, dia sulit bersaing untuk memerebutkan podium teratas. Menurutnya yang terpenting adalah tetap mengumpulkan poin.
“Kalau besok agak susahlah yah, agak berat kalau mintanya pertama tapi yang jelas ini masih seri pertama kita berusaha untuk kumpulin poin sebanyak-banyaknya saja,” ujar Ryan.

3. Pereli senior Ricardo Gelael tercecer di urutan 11 dan kerap terkena penalti

Ryan Nirwan dan Ricardo Gelael Terpuruk di Leg 1 Reli Danau TobaPereli Jagonya Ayam Ricardo Gelael saat beraksi di leg 1 Kejurnas Reli Danau Toba 2023, Sabtu (24/6/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu masalah pada mobil juga dialami pereli senior dari tim Jagonya Ayam, Ricardo Gelael. Ayah Sean Gelael itu sejak awal Ricardo memulai balapan dengan kurang mulus. Berpasangan dengan Hugo Ismael, mobil Citroen C3 yang digebernya hanya mampu meraih catatan waktu 0:08:01,5.

Di SS 2 Ricardo semakin melorot hingga urutan 30 dengan 0:24:12,4. Bahkan di SS3, Ricardo gagal finish.

Di SS 4 Ricardo meraih catatan waktu 0:08.27,5. Tapi dia terkena penalti. Bos KFC Indonesia itu kembali kena penalti 14 detik di SS 5. Di SS 6, Ricardo finish tercepat dengan 0:18:14,6 tapi kena penalti 32 detik.

Baca Juga: 39 Pereli Adu Cepat di 9 Special Stage Kejurnas Reli Danau Toba

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya