PON 2021: Abdul Hafiz Sumbang Emas untuk Sumut dari Lempar Lembing

Syafwan Hafizah juga sumbang perak dari lompat jauh

Medan, IDN Times - Sumatra Utara menambah raihan medalinya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Satu medali emas dan satu perak diraih dari cabang olahraga atletik, Selasa (5/10/2021). Adalah Abdul Hafiz yang mempersembahkan emas dari nomor lempar lembing.

Sementara perak dipersembahkan Syafwan Hafizah nomor lompat jauh putra. Sayangnya Sumut gagal di nomor lari jarak 5.000 meter putri. Sumut kini mengoleksi 6 emas, 9 perak, dan 5 perunggu.

1. Lemparan Hafiz pecahkan rekor PON

PON 2021: Abdul Hafiz Sumbang Emas untuk Sumut dari Lempar LembingPelempar lembing Sumatera Utara Abd Hafiz mengikuti nomor Final Lempar Lembing PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021). (Dok.IDN Times/PB PON XX Papua)

Abdul Hafiz meraih emas setelah mencatatkan lemparan sejauh 71,03 meter. Lemparan atlet asal Binjai ini sekaligus memecahkan rekor PON atas nama Agustinus Mahuse (68.81 m). Agustinus sendiri pada lomba ini harus puas meraih perak dengan lemparan 64.58, sementara perunggu Egi Patil Pranata dari Bengkulu 63.22m.

Sementara Syafwan mendapat perak lompat jauh setelah melakukan lompatan sejauh 7.34 m. Medali emas nomor ini diraih Safwaturrahman (NTB) 7.58m, dan perunggu untuk Suwandi Wijaya (Babel) 7.31m.

Baca Juga: Klasemen Sementara PON Papua 2021, Sumut Turun ke Posisi 8

2. Pretty Sihite dan Khairuddin gagal sumbang medali

PON 2021: Abdul Hafiz Sumbang Emas untuk Sumut dari Lempar LembingAbdul Hafiz sumbang emas Sumut dari nomor lempar lembing di PON Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Sayangnya prestasi Hafiz dan Syafwan gagal diikuti Pretty Sihite yang turun di nomor lari 5.000m putri, Meski telah berupaya sekuat tenaga, pelarih asal Sibolga ini finis di urutan keempat. Demikian pula halnya Khairuddin Syahputra. Ia menduduki peringkat keempat nomor lari gawang 110m putra.

Pelatih Atletik Sumut Joseph Lummy bersyukur dengan capaian anak didiknya M Hafiz. “Prestasi Hafiz cukup membanggakan. Terakhir saat SEA Games Philipina 2019 (mendapat medali perak), lemparannya 71.00m. Namun di PON Papua lemparannya 71.03m. Lemparannya ini tidak saja memecahkan rekor pribadi tapi juga rekor PON,” ujarnya.

 

“Mulai kesempatan pertama hingga kelima, lemparan Hafiz di kisaran 67-an meter. Baru di lemparan keenam ia melakukan lemparan 71.03,” tambahnya.

 

 

3. Atletik yakin penuhi target dua emas

PON 2021: Abdul Hafiz Sumbang Emas untuk Sumut dari Lempar LembingPelempar lembing Sumatera Utara Abd Hafiz mengikuti nomor Final Lempar Lembing PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021). (Dok.IDN Times/PB PON XX Papua)

Sekretaris Pengprov PASI Sumut, Suharjo ketika dihubungi juga mengaku senang. Dengan raihan, dia yakin target dua medali emas pada PON kali ini, bakal tercapai.

"Alhamdullilah, kita meraih satu emas dan satu perak pada hari pertama. Ini merupakan awal yang bagus. Kita yakin target dua emas bisa dilampui," bebernya.

Baca Juga: PON 2021: Race Start Besok, Dua Pembalap Sumut Siap Rebut Medali

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya