PLTA Inalum di Paritohan Raih Proper Emas dari KLHK 2023

Proper emas kedua bagi Inalum

Medan, IDN Times- PT Indonesia Asahan Aluminium Unit PLTA Paritohan mendapatkan penghargaan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK-RI). Ini kali kedua Inalum mendapat proper emas setelah tahun 22. Saat itu Unit Peleburan Kuala Tanjung yang meraih Proper Emas.

Penghargaan ini diserahkan secara langsung di Hotel Bidakara Jakarta oleh Wakil Presiden RI, Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Corporate Secretary INALUM Mahyaruddin Ende menyebut capaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan Inalum yang selama ini memiliki komitmen untuk memberikan manfaat untuk masyarakat dan lingkungan.

"Proper Emas yang didapatkan oleh Inalum unit PLTA Paritohan pada tahun ini merupakan kerja keras bersama dari Insan INALUM. Selama ini, sebagai BUMN kami berkomitmen untuk bisa memberikan manfaat yang berkelanjutan untuk seluruh pemangku kepentingan termasuk untuk masyarakat dan lingkungan," kata Mahyaruddin dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (21/12/2023). 

1. Visi Inalum jadi perusahaan yang ramah lingkungan

PLTA Inalum di Paritohan Raih Proper Emas dari KLHK 2023Potret PLTA Sigura-Gura diambil dengan drone (dok.IDN Times/Dayu Yudana/bt)

Secara garis besar, Inalum memiliki visi “Menjadi Perusahaan Global Terkemuka Berbasis Alumunium Terpadu Ramah Lingkungan”. Dalam konteks keberlanjutan, Inalum menerapkan semangat Sustainability Pathway yang menjadi panduan Grup Holding MIND ID yaitu Economic Development, Governance, Community & Socienty, People, Smart Operation, dan Environtment & Climate Change.

Untuk proper emas yang diraih oleh PLTA-Inalum, perusahaan melakukan transformasi signifikan dalam hal operasional bendungan dan inovasi sosial kemasyarakatan.

"Selanjutnya, kami akan terus berinovasi dan semoga langkah kami mendapatkan dukungan dari semua pihak," ujar Mahyaruddin.

Baca Juga: Inalum Beri Pelatihan K3 Ahli Ketinggian untuk Pemuda Sekitar Pabrik

2. Inovasi Inalum di bidang energi dan lingkungan

PLTA Inalum di Paritohan Raih Proper Emas dari KLHK 2023PT Indonesia Asahan Aluminium atau INALUM berkolaborasi dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 022/Asahan melakukan penanaman mangrove di pesisir Batu bara (Dok. IDN Times)

Dalam hal operasional bendungan, Inalum berhasil melakukan inovasi efisiensi energi, pengelolaan suku cadang turbin, digitalisasi monitoring turbin, pengelolaan limbah B3 dan non B3, serta melakukan efisiensi penggunaan aliran air. Beberapa inovasi tersebut dilakukan sebagai komitmen perusahaan dalam menghasilkan energi untuk operasional peleburan dengan lebih efisien.

Sementara dalam hal lingkungan dan kemasyarakatan, Inalum melakukan penanaman pohon sekaligus Inalum melakukan langkah pemberdayaan dan pengembangan Desa Wisata Meat yang berada di Pesisir Danau Toba.

Dalam hal penanaman pohon, Inalum membuat "Program Kehati" yang berhasil menghasilkan beberapa hasil positif seperti: Peningkatan Produktivitas Lahan Kritis, Pemanfaatan HBBK untuk Masyarakat, dan Pengendalian Hidrologi Kawasan Danau Toba. Untuk Desa Meat, Inalum melakukan langkah pemberdayaan berbagai aspek untuk meningkatkan kualitas Desa Wisata Meat baik dari sisi aspek wisata maupun dari aspek pengelolaan limbah dan UMKM.

3. Inalum memprioritaskan pelestarian lingkungan

PLTA Inalum di Paritohan Raih Proper Emas dari KLHK 2023Melirik produksi anoda di Inalum Asahan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Ke depan, Inalum akan tetap memprioritaskan pelestarian lingkungan, mengedepankan tanggung jawab sosial, mempertahankan praktik tata kelola yang efektif, membina hubungan yang kuat dengan investor, serta menyampaikan laporan keberlanjutan yang transparan.

"Dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip ini, perusahaan memastikan keberlanjutan dan dampak positif dari kegiatan operasional kami, serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat lokal dan masyarakat luas," pungkasnya.

Baca Juga: Melirik Produksi Anoda di Smelter Pos Rodding Inalum Asahan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya