Perjalanan Tita, Jujitsan Sumut yang Bermimpi Boyong Emas PON 2024

Sempat gagal, Tita kini banjir prestasi

Medan, IDN Times- Melihat penampilannya, tak ada yang menyangka, Aurelia Tita Carlene Hutapea adalah atlet andalan Sumatra Utara di cabang olahraga Jujitsu. Dengan tinggi semampai bak seorang model, Tita, sapaan akrabnya lebih memilih bertarung di tatami daripada berjalan di catwalk.

Siapa sebenarnya sosok Tita? Dan bagaimana perjalanannya hingga menjadi atlet andalan Jujitsu untuk Sumatra Utara?

1. Awal mula menekuni Jujitsu

Perjalanan Tita, Jujitsan Sumut yang Bermimpi Boyong Emas PON 2024Tita Hutapea, Jujitsan andalan Sumatra Utara (Dok.Istimewa)

Perempuan kelahiran 1 Maret 2005 itu tertarik dengan Jujitsu sejak masih duduk di kelas 5 SD. Saat itu perempuan berdarah Batak dan India itu sering melihat latihan di dojo dekat rumahnya. 

Selain itu sang buyut, Julius Ade Titaley ternyata adalah salah satu pelopor Jujitsu di Sumut sejak 1970-an. Ia adalah pendiri Medan Jiujitsu Club yang kini berkembang menjadi Institut Jujitsu Indonesia (IJI). Jadilah Tita masuk ke dojo yang berlokasi di Jalan Sei Padang Gang Gang Sipirok Nomor 1 Medan.

"Darah Jujitsu itu telah mengalir dari Buyut. Dengan keyakinan dan latihan keras mengantarkan saya hingga ajang nasional," ujar Sulung dari empat bersaudara itu.

Tentu tak cukup mengandalkan keturunan sang buyut saja, Tita harus berlatih keras. Kegagalan pun menghampiri di awal saat mengikuti kejurda di kelas 1 SMP. Namun dia tak menyerah.  Akhirnya saat duduk di kelas 3 SMP, Tita berhasil memboyong emas di kelas 55, Newaza.

Baca Juga: Laga Perdana di Kandang, PSDS Gagal Gilas Sriwijaya FC

2. Sederet prestasi pun diraihnya

Perjalanan Tita, Jujitsan Sumut yang Bermimpi Boyong Emas PON 2024Tita Hutapea, Jujitsan andalan Sumatra Utara (Dok.Istimewa)

Sejak momen itu, dara yang duduk di SMKN-10 kelas XII itu semakin berprestasi.Di antaranya meraih dua emas dalam Selekda 2019 di kelas 60 Newaza dan Fighting Sistem.

Kejuaraan Nasional Kediri, Juni 2022 kemarin, Tita merebut perak di kelas 45 Waze.

Dan teranyar, Tita meraih dua emas di ajang Selekda yang baru saja berlangsung di Medan, Minggu 11 September 2022 kemarin.

Tita berhasil juara di kelas 55 Newaza dan Fighting System sekaligus menghantarkan dirinya mengikuti Pelatda PON 2024.

3. Jiujitsu untuk pertama kalinya dipertandingkan di PON

Perjalanan Tita, Jujitsan Sumut yang Bermimpi Boyong Emas PON 2024Tita Hutapea, Jujitsan andalan Sumatra Utara (Dok.Istimewa)

Jujitsu untuk pertama kalinya akan dipertandingkan di PON. Sebelumnya Jujitsu adalah cabang beladiri dengan rangkaian teknik yang dianggap keras atau berbahaya. Namun dengan sederet perubahannya, Olympic Council of Asia (OCA) mengizinkan dipertandingkan Sport Jujitsu di Asian Games 2018, Jakarta lalu.

Kabar baik itu pun membuat Tita semakin semangat menembus kancah dunia yang telah diimpikannya sejak lama.

"Dari awal ingin nembus kejuaran level Asia dan Dunia. Untuk bisa melangkah jauh ke sana yang pertama konsentrasi dululah di ajang PON 2024 nanti dan bisa mempersembahkan emas untuk Sumut," pungkasnya.

Baca Juga: Wagub Ijeck Apresiasi Prestasi Atlet Judo Sumut di Kejurnas Menpora

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya