Perjalanan Riko Lubis, dari Atlet Tinju Sumut Pindah ke Kick Boxing

Sasana Bonaparte berduka

Medan, IDN Times - Nama Riko Lubis sudah begitu dikenal untuk dunia olahraga Sumatera Utara. Sempat menggeluti cabang olahraga tinju dan bermain pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Bandung, Riko kemudian hijrah ke kickboxing pada 2019.

Sayang pada usia yang ke-28 tahun, Riko Lubis harus menghembuskan nafas terakhirnya. Sengatan listrik dari pompa air di kamar mandi, mengantar Riko ke tempat peristirahatan terakhirnya pada Minggu (2/6) sore. Ucapan duka bukan hanya datang dari insan kick boxing, tapi juga tinju Kota Medan.

Baca Juga: [BREAKING] Tersetrum, Mantan Petinju Sumut Rico Lubis Meninggal Dunia

1. Karir berawal dari Sasana Tinju Bona Parte

Perjalanan Riko Lubis, dari Atlet Tinju Sumut Pindah ke Kick BoxingIDN Times/istimewa

Sebelumnya, atlet bernama lengkap Riko Bambang Lubis memulai karir sebagai petinju di Sasana Bona Parte. Dari sasana tersebut, Riko menjelma jadi salah satu petinju andalan Sumatera Utara sebelum akhirnya hijrah ke kick boxing.

"Kami dari Sasana Bona Parte pastinya sedih mendengar kabar ini. Kami berduka cita atas berpulangnya Riko ke Rumah Bapa di Sorga," ucap Pelatih Tinju Sasana Bona Parte, Saut FJ Naibaho di Medan.

Dikatakan Saut, Riko merupakan petinju terbaik di Sumut, khususnya Kota Medan. Dia mampu mengharumkan nama sasana di event sekelas PON di Bandung pada 2016 silam.

2. Konflik membuat Riko pindah cabang olahraga

Perjalanan Riko Lubis, dari Atlet Tinju Sumut Pindah ke Kick BoxingIDN Times/istimewa

Dikatakan Saut Naibaho, kepindahan Riko dari tinju ke kickboxing bukan tanpa alasan. Konflik yang ada di Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Kota Medan, membuat Riko memilih kickboxing.

"Ya, akibat ada konflik di pengurus Pertina Medan, Riko terkena imbasnya. Dia dicoret dari Pertina Medan pada persiapan Porprov Sumut, Juni ini," kata pelatih yang akrab disapa Pak Baho ini.

Karir Riko berlanjut ke kick boxing. Rencananya dia akan membawa bendera KBI Sumut untuk Kejurnas Kick boxing di Bandung, 28-31 Juli mendatang. Rencananya juga, atlet KBI Sumut akan mengikuti try out di Thailand.

3. Banyak yang kaget dengan kepergian Riko

Perjalanan Riko Lubis, dari Atlet Tinju Sumut Pindah ke Kick BoxingIDN Times/Hasudungan N

Ayu Anggraini Hutabarat menjadi yang pertama memposting kabar meninggalnya Riko Lubis. "Telah berpulang ke Rumah Bapa di Sorga, sahabat kita Riko Lubis," ucap Ayu sambil mengirim foto alm Riko.

Selanjutnya, anggota grup pun tak menyangka kabar tersebut. Beberapa pengurus turut memberi ucapan duka tersebut termasuk Sekjen KBI Sumut, Sadarmawati Simbolon. "Ya, Tuhan. Kenapa ini bisa terjadi? RIP Riko Lubis," katanya.

Kabarnya, alm Riko Lubis akan dikebumikan Kamis (6/6). "Baru dapat info dari kakaknya karena menunggu adiknya yang dari Kalimantan," ucap Ayu.

Baca Juga: Kepergian Riko Membuat Kick Boxing Sumut Sangat Kehilangan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya