Menuju Peparnas 2024, NPC Sumut Gelar Seleksi Pelatih 

Pelatih diperuntukkan untuk 13 cabang olahraga

Medan, IDN Times-  Menghadapi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024, Pengurus Provinsi (Pengprov) National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara akan melaksanakan seleksi pelatih pada 21-22 Maret mendatang.

Seleksi pelatih ini diperuntukkan untuk 13 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Peparnas. Pendaftaran telah dibuka hingga19 Maret di Sekretariat kantor NPC Sumatera Utara, Jalan Stadion Teladan Medan. 

1. Diharapkan dari seleksi didapatkan pelatih yang profesional dan punya program terencana

Menuju Peparnas 2024, NPC Sumut Gelar Seleksi Pelatih Pengurus NPC Sumut saat menggelar rapat seleksi pelatih (Dok.Istimewa)

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengatakan, seleksi akan dilakukan secara profesional dan terbuka. Dengan harapan para pelatih yang terpilih nanti berkualitas dan bisa melahirkan talenta – talenta atlet hebat yang bisa mempersembahkan prestasi terbaik di Peparnas nanti.

“Pelaksanaan Insya Allah tangal 21 dan 22 Maret nanti. Tentu tujuan seleksi ini untuk merekrut pelatih yang sesuai dan kita inginkan, serta benar – benar bisa melatih atlet NPC Sumut agar prestasi atlet lebih baik lagi. Seleksi ini tentunya kita berharap terpilih pelatih yang memiliki program pembinaan terencana dan tentunya bisa meningkatkan kemampuan atlet yang dibinanya,” harap Alan, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga: Pimpin Periode Kedua, Alan Targetkan 70 Atlet NPC Sumut di Pelatnas

2. Dasar seleksi adalah hasil Peparnas Papua

Menuju Peparnas 2024, NPC Sumut Gelar Seleksi Pelatih Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting (kanan) dan Reza Permana yang sukses merebut emas tolak peluru di Peparnas Papua, Sabtu (6/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Alan juga menjamin seleksi ini objektif dan tidak ada unsur kedekatan dalam memilih. Hasil Peparnas Papua juga bisa menjadi acuan.

“Dasar kita buat seleksi adalah dari hasil Peparnas Papua. Dari hasil Papua kita ingin merekrut beberapa pelatih agar pelatih yang kita pilih berkualitas. Dalam pemilihan nanti kita fair dan tidak ada unsur kedekatan,” ungkapnya.

Sementara Kabid Binpres NPC Sumut, Suprayitno mengatakan, seleksi pelatih digelar secara terbuka dengan mendengarkan pemaparan peserta terkait program latihan untuk masing – masing cabang olahraga.

“Dari situ kita akan melihat bagaimana pola pembinaan sekaligus materi latihan yang bakal mereka terapkan kepada atlet. Tidak hanya sampai disitu, meski nanti sudah terpilih kita juga bakal lakukan monitoring apakah program yang diberikan berdampak bagus tidak bagi peningkatan latihan mereka,” kata Suprayitno.

3. Berikut 13 cabang olahraga yang mencari pelatih

Menuju Peparnas 2024, NPC Sumut Gelar Seleksi Pelatih Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama Kapolda Sumut, Irjen Panca Simanjuntak menyambut atlet NPC Sumut di Bandara Kualanamu, Senin (15/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Beberapa tahapan seleksi mulai dari seleksi berkas (administrasi), kemudian penyampaian visi, misi, dan pemaparan rencana program latihan. Selanjutnya tes psikologi dan tahap akhir tes kesehatan.

Adapun 13 cabang olahraga yang membuka seleksi pelatih, antara lain angkat berat, bulutangkis, balap sepeda, boccia, bola voli duduk, goalball, Lawn Bowl. Kemudian Blind Judo, menembak, tenis meja, tenis kursi roda, bowling, dan panahan. 

Baca Juga: Atlet NPC Sumut Diarak Usai Pulang dari Papua, Edy: Saya Bangga!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya