Medan-Deli Serdang Raih Emas Voli, Tebing Tinggi Rajai Bulu Tangkis

Hari terakhir Porprov Sumut 2022

Medan, IDN Times- Tim voli putri Medan dan putra Deli Serdang memastikan gelar juara cabang olahraga voli Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatra Utara 2022. Itu setelah mereka meraih kemenangan pada laga final di GOR Futsal Dispora Sumut, Jumat (4/11/2022). 

Sementara dari cabor bulu tangkis, Tebing Tinggi memastikan juara umum setelah atlet-atletnya menuntaskan cabor perorangan dengan 2 medali emas.

Pada final putri Medan menumbangkan Asahan dengan skor 3-1. Sementara di final putra, Deli Serdang menang atas Binjai 3-0

1. Tim voli putri Medan ulangi sukses Asahan

Medan-Deli Serdang Raih Emas Voli, Tebing Tinggi Rajai Bulu TangkisTim voli putri Medan pada ajang Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Kemenangan tim voli putri ini mengulang sukses final 2019. Saat itu tim Medan juga mengalahkan rival yang sama, Asahan. Meski sempat kecolongan satu set, Medan berhasil menutup pertandingan dengan baik. 

Kemenangan itu disambut gembira para suporter yang terus memberi semangat. Bahkan Ketua KONI Medan yang menyaksikan jalannya pertandingan, memberikan applaus dan menyalami atlet voli putri.

Dengan kemenangan itu, Medan meraih emas, Asahan mendapat perak. Untuk medali perunggu diraih tim voli putri Deli Serdang setelah mengalahkan Binjai 3-0.

Kegagalan tim putri Asahan ternyata juga diikuti tim putranya. Mereka tak bisa merebut satu set pun pada pertandingan kontra Deli Serdang sehingga menelan kekalahan 0-3. Asahan pun harus puas hanya mengawinkan perak. Sementara medali perunggu diraih Tapanuli Selatan yang pada final mengalahkan Labura 3-2.

Baca Juga: Sempurna! Medan Raih Emas Sepak Bola Porprov Sumut 2022

2. Pesan Edy Rahmayadi untuk pevoli

Medan-Deli Serdang Raih Emas Voli, Tebing Tinggi Rajai Bulu TangkisEdy Rahmayadi mengalungkan medali kepada tim voli putra Deli Serdang usai meraih emas Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Final voli ini turut disaksikan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Menurutnya kecepatan dan kekuatan menjadi modal bagi pevoli untuk bisa berprestasi. "Untuk mendapatkan itu, dia perlu spirit dan itulah animo untuk memberikan motivasi. Sehingga muncul atlet atlet yang pantas untuk voli," ujar Edy.

"Bukan soal kalah menang, tetapi motivasi yang perlu. Tanpa motivasi, kita tidak akan pernah menang," tegasnya.

3. Tebing Tinggi juarai cabor bulu tangkis

Medan-Deli Serdang Raih Emas Voli, Tebing Tinggi Rajai Bulu TangkisTebing Tinggi menjadi juara umum cabor bulu tangkis Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Sementara di cabor bulu tangkis, Tebing Tinggi berhasil memutus dominasi Medan dengan menjadi juara umum.  Tebingtinggi berhasil meraih predikat tersebut usai merebut 3 medali emas dan 2 perak di kategori perorangan, setelah sebelumnya sukses mengawinkan medali emas di kategori beregu putra-putri.

Tiga emas itu diraih antara lain lewat Silvi Kartika di nomor tunggal putri pada All Tebing Tinggi final kontra Fransiska, 21-8 dan 21-19. Di nomor tunggal putra giliran M Pikri yang meraih emas usai menumbangkan wakil Deli Serdang, Alfindo Junio, dengan skor 21-11 dan 21-10.

Sementara itu duet Fransiska/Silvi Kartika meraih emas ketiga nomor perorangan setelah menundukkan pasangan Deli Serdang, Bunga Aulia/Nazwa Salsabila di sektor ganda putri dengan skor 21-15 dan 21-14. 

Sementara 2 medali emas yang diraih Medan diraih lewat nomor ganda putra dan ganda campuran.

Adalah pasangan M. Tri Herdiansyah/Salsabila Prila yang sukses mengalahkan pasangan Labura, Axxel Tan/Triya Panirwati di nomor ganda campuran dengan skor 21-14 dan 21-6. Satu emas lainnya diraih M. Tri Herdiansyah/Yoga Perkasa yang sukses menekuk pasangan Tebing Tinggi, Marsyahdid/M. Pikri di final ganda putra lewat pertarungan 3 set, 21-19 19-21 dan 21-9.

Ketum Pengkot PBSI Tebing Tinggi, Anto, menyebut raihan ini merupakan prestasi tertinggi yang diraih Tebing Tinggi di cabor bulu tangkis Porprov Sumut.

"Ini merupakan prestasi tertinggi selama keikutsertaan kita di Porprov Sumut. Selain itu kita sudah mempersiapkan diri sejak 2019 lalu, di mana banyak-banyak daerah belum melakukan itu. Intinya kita akan terus jaga ini dengan terus berlatih dan mengikuti setiap turnamen yang ada," pungkasnya.

Baca Juga: Tim Putri Medan Jumpa Asahan, Ulangan Final Voli Porprov Sumut 2019

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya