Drum Band Sumut Berlatih di Siosar Demi Mencapai Target 7 Emas 2024

Andalkan 22 atlet untuk ikut 15 nomor

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sumatera Utara (Sumut) akan memusatkan latihan persiapan atlet drum band Sumut untuk PON XXI/2024 di Aceh Sumut, di training camp Siosar, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Dengan berlatih di Siosar, diharapkan kemampuan fisik atlet dapat meningkat.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua 1 Pengprov PDBI Sumut, Apri Sugiarto, yang mewakili Ketua Pengprov PDBI Sumut, H. Baharuddin Siagian, di Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut pada hari Selasa (20/6/2023).

"Peningkatan kemampuan fisik sangat penting, karena dari 17 nomor yang akan dipertandingkan di PON 2024, 15 nomor pertandingan membutuhkan kemampuan fisik yang prima. Dalam meningkatkan fisik atlet, mereka akan berlatih beban dan berlatih di Siosar," kata Apri.

1. Beberapa nomor yang diandalkan untuk meraih medali

Drum Band Sumut Berlatih di Siosar Demi Mencapai Target 7 Emas 2024Atlet drum band saat beraksi di Porprov Sumut, Minggu (30/10/2022) (Dok.Istimewa)

Dia menambahkan, berlatih di dataran tinggi seperti Siosar sangat baik, karena ketinggiannya mencapai 1.750 meter di atas permukaan laut (MDPL), bahkan lebih tinggi dari daerah Pengalengan di Jawa Barat.

Dalam upaya meraih hasil terbaik, PDBI Sumut menargetkan untuk meraih 7 medali emas di PON 2024 dari 17 nomor yang dipertandingkan. Target medali emas tersebut akan dituju dari nomor Lomba Barisan Jalan Putri (LBJP) (5 emas plus 1 perak), Lomba Kesenian Komposisi Bunyi (LKKB) (2 emas 2 perak), serta Lomba Barisan Bintang dan Unjuk Gelar, masing-masing ditargetkan meraih perunggu.

Target 7 medali emas ini jauh lebih ambisius dibandingkan dengan prestasi drum band Sumut pada PON Jawa Barat sebelumnya, di mana mereka berhasil meraih 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

Baca Juga: Dance Sport Sumut Optimis Bisa Borong Medali di PON 2024

2. PDBI persiapkan 22 atlet hadapi PON

Drum Band Sumut Berlatih di Siosar Demi Mencapai Target 7 Emas 2024Kontingen drum band beraksi LBJP Porprov Sumut 2022 (Dok.Istimewa)

Saat ini, PDBI Sumut sedang mempersiapkan 22 atlet untuk mengikuti Pelatihan Daerah (Pelatda). Meskipun Pelatda belum berjalan sepenuhnya, para atlet sudah dipanggil ke Medan untuk mengikuti latihan gabungan di kawasan Astaka mulai dari hari Jumat sampai Minggu.

Atlet drum band Sumut berasal dari berbagai kabupaten/kota dan memiliki kemampuan yang cukup merata. 

Atlet Pelatda drum band Sumut akan dibimbing oleh enam orang pelatih yang merupakan hasil seleksi dari Pekan Olahraga Provinsi Sumut (Porprovsu), di mana 100 atlet terpilih. Dengan demikian, PDBI Sumut memiliki SDM atlet yang cukup dan memiliki tiga lapis atlet.

3. DIY, Jatim hingga Jabar diperhitungkan jadi rival

Drum Band Sumut Berlatih di Siosar Demi Mencapai Target 7 Emas 2024Wakil Ketua 1 Pengprov PDBI Sumut, Apri Sugiarto (dua dari kiri) menjelaskan persiapan cabor drum band menghadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Sejumlah provinsi diperkirakan Apri akan menjadi rival Sumut dalam mewujudkan target, di antaranya DIY, Jatim dan Jabar. Dalam mempersiapkan tim drum band Sumut, PDBI Sumut melakukan tahapan-tahapan seperti pembentukan character building, menerapkan sport science, melibatkan ahli gizi, terapi.masseur dan psikolog secara berkala.

Dikatakan, meski sebagai tuan rumah mendapat wildcard lolos PON, PDBI tetap akan mengikuti sejumlah kejuaraan yang menjadi babak kualifikasi PON, baik di Jabar dan Jogja. "Kita tetap ikut babak kualifikasi, dalam memantau kemampuan lawan," pungkasnya.

Baca Juga: Andalkan 14 Prajurit TNI AL, Dayung Sumut Bidik 1 Medali Emas PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya