Dance Sport Sumut Optimis Bisa Borong Medali di PON 2024

Targetkan bisa jadi juara umum

Medan, IDN Times- Sebagai cabang olahraga baru yang dipertandingkan di PON 2024, dance sport bisa jadi andalan Sumatra Utara. Pengurus Ikatan Olahraga Dance Sport Indonesia (IODI) Sumatra Utara berharap bisa memborong medali di ajang olahraga multi even empat tahunan yang digelar di Sumatra Utara dan Aceh ini.

"Kita menargetkan juara umum pada PON 2024 mendatang. Medali diharapkan dari nomor lomba tradisionil dance, hiphod dance dan dansa," ujar Ketua IODI Sumatera Utara, Drg Tetty di Posko Publikasi PON XXI/2024 Aceh-Sumut, Jumat (16/6/2023).

1. Ada 13 atlet yang jalani pelatda hasil seleksi Oktober lalu

Dance Sport Sumut Optimis Bisa Borong Medali di PON 2024Pengurus cabang olahraga dance sport membeberkan persiapan hadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Saat ini ada 13 atlet yang melakoni pelatda jangka panjang. Mereka berlatih di Gedung UTP Dispora Sumut tiga kali sepekan.

Mereka disaring dari hasil seleksi Oktober 2022 lalu yang dikuti 5 kabupaten kota se Sumut yaitu, Medan, Binjai, Deli serdang, Toba, Samosir dan Batubara.

Baca Juga: Sumut Bidik 1 Emas PON 2024, Andalkan Atlet PB Djarum asal Labura

2. Para atlet akan diikutkan pertandingan di dalam hingga luar negeri

Dance Sport Sumut Optimis Bisa Borong Medali di PON 2024Pengurus cabang olahraga dance sport membeberkan persiapan hadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Drg Tetty mengatakan, selain berlatih, para atlet akan diterjunkan ikut pertandingan di dalam hingga luar negeri, seperti Jepang hingga China. Syukurnya ada bantuan dari KONI Sumut selain biaya dari pengprov.

"Sebagai tuan rumah, kita harus tampil bagus dan meraih target. Kami mengucapkan terimakasih kepada Gubernur, Dispora Sumut dan KONI Sumut atas bantuan dan support kepada kami sehingga olahraga dance sport di daerah ini terus berkembang," tambahnya.

3. Dibesut tiga pelatih sekaligus

Dance Sport Sumut Optimis Bisa Borong Medali di PON 2024Pengurus cabang olahraga dance sport membeberkan persiapan hadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Sementara Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) Agus Salim Samosir menyebut ada tiga pelatih yang membesut para atlet untuk tiga nomor. Termasuk ketua umum turun langsung.

"Seperti untuk nomor dansa, langsung ditangani Ketua Pengprov Ibu Tetty, tradisionil dance, saya sendiri dan untuk nomor hiphop dance dipegang khusus Fabian Suma Putra," kata Agus.

Diakui Agus, pihaknya masih mengalami kendala yakni sarana latihan karena kurang dingin. "Sarana dan prasarana latihan karena kurang dingin. Kami berharap ini segera diatasi," ujarnya.

Sedangkan Dahlia selaku Wasping mengatakan pihaknya siap mendukung cabor dance sport. "KONI Sumut selalu mendukung program-program dance sport demi perkembangan olahraga ini dan prestasi di PON 2024 mendatang," pungkasnya.

Baca Juga: Butuh Tambahan Atlet, Bridge Sumut Bidik 2 Emas PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya