Danau Toba Rally, Rifat Sungkar Pastikan Comeback Setelah 12 Tahun

Akan perkuat Mitsubishi Xpander Rally Team

Medan, IDN Times- Danau Toba Rally 2022 yang merupakan bagian dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) akan digelar di area Hutan Tanaman Industri (HT) Sektor Aek Nauli, Simalungun, Sumatra Utara pada Jumat (5/8/2022) hingga Minggu (5/8/2022). Sejumlah pembalap nasional akan bersaing.

Menariknya ada nama Rifat Sungkar dalam list pereli yang akan turun. Ini menjadi comeback Rifat setelah lama vakum.

1. Rifat comeback setelah 12 tahun

Danau Toba Rally, Rifat Sungkar Pastikan Comeback Setelah 12 TahunRifat Sungkar dan M Nerwan perkuat MXRT di Danau Toba Rally (Instagram/rifato)

Hal itu juga sudah dikonfirmasi langsung Rifat di akun instagramnya @rifato. Dia akan memerkuat Mitsubishi Xpander Rally Team (MXRT).

"Finally setelah 12 Tahun!! Mitsubishi XPANDER Rally Team (MXRT) memastikan mengikuti Rally Danau Toba pada 5-7 Agustus 2022. Ajang yang menjadi bagian dari seri Kejuaraan Nasional Rally 2022 itu akan mengambil lokasi di area Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kehadiran Rifat Sungkar di Aek Nauli merupakan ajang kembalinya Rifat kompetisi reli di tanah air. Terakhir kali Rifat turun di kancah reli nasional pada tahun 2010 atau 12 tahun silam," tulis Rifat di instagramnya.

Baca Juga: Danau Toba Rally Akan Digelar Tanggal 5 hingga 7 Agustus 2022

2. Berpasangan dengan M Redwan, Rifat akan memacu Xpander AP4

Danau Toba Rally, Rifat Sungkar Pastikan Comeback Setelah 12 TahunRifat Sungkar dan M Nerwan perkuat MXRT di Danau Toba Rally (Instagram/rifato)

Nantinya Rifat akan didampingi M Redwan sebagai navigatornya di reli Danau Toba ini. Menariknya dia akan menggeber Xpander AP4 yang bertipeMulti Purpose Vehicle (MPV). 

Rifat diketahui merupakan pereli senior yang sudah kenyang pengalaman tampil di even nasional hingga internasional. Dia merupakan juara nasional reli 8 kali dan juga pernah meraih peringkat 2 Asia Cup pada APRC 2009 dan 2010. Pada World Rally Championship 2012 di Strasborug, Prancis, Rifat juga pernah meraih podium pertama Rally Class dan grup N.

Rifat juga tampil di Rally America 2013 dengan meraih peringkat ketiga podium keseluruhan di Oregon Trail dan New England Forest.

3. Danau Toba Rally bagian dari persiapan APRC dan WRC

Danau Toba Rally, Rifat Sungkar Pastikan Comeback Setelah 12 TahunIDN Times/Doni Hermawan

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah juga akan turun di ajang ini dengan Subaru WRX andalannya. 

Tahun lalu Kejurnas Rally 2021 juga digelar di HTI TPL Sektor Aek Nauli. Trek ini pernah digunakan untuk jadi bagian lintasan SS pada World Rally Championship 1996 dan 1997, dan juga dipergunakan sebagai lintasan pada Kejurnas Rally tahun 2007, 2019 serta 2021.

Danau Toba Rally ini akan jadi persiapan untuk Asian Pasific Rally Championship (APRC) yang akan diadakan di September 2022 dan World Rally Championship (WRC) di tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Persiapan Kejurnas Rally dan APRC di Danau Toba Mulai Dibahas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya