Cabor Berkuda Bidik 4 Emas PON 2024, Atlet Banyak Berlatih di Jawa

Atlet juga berlatih di Siborong-borong dan Sumbar

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumatra Utara (Sumut) menetapkan target ambisius dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 yang akan digelar di Sumut-Aceh. Mereka berharap meraih 4 medali emas..

Ketua Komisi Equestrian dan Polo Pengprov Pordasi Sumut, Sugiantoro, menjelaskan bahwa target tinggi ini didasarkan pada prestasi Sumut di Kejurnas Berkuda di Jawa Timur pada tahun sebelumnya. Sumut berhasil meraih 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu, sehingga menempati posisi empat besar secara nasional dan bahkan mengungguli DKI Jakarta.

1. Beberapa atlet berlatih di Jawa

Cabor Berkuda Bidik 4 Emas PON 2024, Atlet Banyak Berlatih di JawaIlustrasi kuda (IDN Times/Larasati Rey)

Sugiantoro optimis bahwa target 2 emas bisa tercapai dari nomor Equestrian, terutama karena Sumut akan menjadi tuan rumah. Dari 12 nomor yang akan dipertandingkan, Sumut akan mengikuti 10 nomor pertandingan, kecuali di kelas endurance yang belum pernah diperlombakan di Kejurnas dan PON.

Dalam usahanya mencapai target tersebut, Pengprov Pordasi Sumut saat ini telah memiliki 2 atlet dan 1 pelatih yang mengikuti program pelatihan dan uji coba pertandingan di Jawa. Total 13 atlet telah didaftarkan untuk PON XXI/2024, dengan beberapa atlet berlatih di Jawa untuk menghadapi persaingan level nasional.

"Tempat latihan atlet kita mengikuti TC di The Raider Cinere. Maka jarak jauh dari Sumut inilah kita tempatkan mereka di Jakarta agar lebih mudah mobilisasinya," katanya,

Mereka juga akan mengikuti kejurnas pada September di Pulomas, Jakarta.

Baca Juga: Bidik Emas PON 2024, 1 Atlet Tenis Meja Sumut Berlatih di Guangzhou

2. Atlet berkuda berlatih di Siborong-borong dan Sumbar

Cabor Berkuda Bidik 4 Emas PON 2024, Atlet Banyak Berlatih di Jawailustrasi kuda (unsplash.com/Helena Lopes)

Sementara itu, Sekretaris Komisi Pacu Pengprov Pordasi Sumut, Ahmad Lopez, juga menetapkan target 2 medali emas dari nomor Pacu. Dari 5 nomor yang akan diperlombakan, mereka percaya bisa merebut emas di lomba Kelas A jarak 1.800 m dan jarak E 1.400 m.

"Kita memiliki enam joki, 1 atlet dari Deli Serdang, Karo, dan 4 lainnya dari Siborong-borong (Taput). Kenapa target dua emas, karena kuda yang berpotensi itu hanya dua kuda," jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, para joki berkuda Sumut berlatih setiap hari di Siborong-borong dan Sumatera Barat. Arena pacu yang layak berada di Siborong-borong. Target dua emas diharapkan dapat diraih oleh joki Jefriadi (Karo) dan Elfagus Hutasoit (Siborong-borong).

3. Kadispora Sumut minta cabor realistis

Cabor Berkuda Bidik 4 Emas PON 2024, Atlet Banyak Berlatih di JawaPengurus cabang olahraga berkuda bersama Kadispora Sumut membeberkan persiapan PON 2024 (Dok.Istimewa)

Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, memberikan dorongan kepada pengurus cabang olahraga berkuda agar menyampaikan target yang realistis dan dapat dicapai.

Semua pihak berharap Sumut dapat meraih prestasi gemilang di PON XXI/2024 sebagai tuan rumah acara tersebut.
 

Baca Juga: Tenis Berambisi Rebut 1 Medali Emas dan 1 Perunggu PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya