Bidik Emas PON 2024, 1 Atlet Tenis Meja Sumut Berlatih di Guangzhou

PTMSI Sumut targetkan 3 medali emas

Medan, IDN Times- Cabang olahraga tenis meja Sumut ingin mengukir prestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 mendatang. Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (Pengprov PTMSI) Sumut membidik 3 medali emas di ajang multi even olahraga empat tahunan itu. 

Hal itu disampaikan  Sekretaris Umum (Sekum) Ishak Juharsa Harahap di Posko Publikasi PON 2024 Kantor Dispora Sumut.

"PON 2024 akan memperebutkan 7 medali emas, kita menargetkan 3 medali emas," ucap Ishak Juharsa Harahap.

1. Medali emas dibidik dari sektor tunggal hingga beregu putra

Bidik Emas PON 2024, 1 Atlet Tenis Meja Sumut Berlatih di GuangzhouDok.IDN Times/istimewa

 PTMSI Sumut fokus sektor putra karena atlet putra mencatat prestasi bagus. Sebelumnya Nail Nilman menempati peringkat pertama seleksi Pelatnas SEA Games Kamboja sementara M Bima Abdinegara peringkat 3 seleksi Pelatnas SEA Games.

Sayangnya Nilman tidak bisa bertanding di PON XXI karena sebelumnya menolak ikut Pelatnas SEA Games. "Bima Abdi Negara juga menunjukkan prestasi menjuarai kejuaraan Open nasional dan internasional Kepala BNN di Bali 2023," kata Ishak Juharsa.

Baca Juga: Tenis Berambisi Rebut 1 Medali Emas dan 1 Perunggu PON 2024

2. Ketentuan hanya 1 pemain di atas 25 tahun dinilai menguntungkan

Bidik Emas PON 2024, 1 Atlet Tenis Meja Sumut Berlatih di GuangzhouDok.IDN Times/istimewa

Saat ini sebanyak 11 atlet tenis meja Sumut kini menjalani yang dipusatkan di GOR Padi Jalan Beringin, Tembung. Selain itu menurut Ishak, ketentuan hanya 1 pemain di atas usia 25 tahun dari tiap provinsi yang boleh bertanding dinilai menguntungkan Sumut.

Untuk persiapan, PTMSI Sumut juga merencanakan tryout ke negara Asia Tenggara serta berencana mendatangkan pelatih asing.

3. Salah satu atlet tenis meja Sumut belatih di Guangzhou

Bidik Emas PON 2024, 1 Atlet Tenis Meja Sumut Berlatih di Guangzhouilustrasi tenis meja (pexels.com/@joshsorenson/)

Saat ini salah satu atlet tenis meja Sumut, Michael Lim yang sebelumnya berkuliah di Taiwan sejak bulan Juli 2023 lalu berlatih di Guangzhou, China. "Michael Lim pernah menjuarai kejuaraan antar mahasiswa di Taiwan, ia berlatih di China dengan biaya pribadi dan bantuan Pengprov PTMSI Sumut," ujar Ishak Juharsa.

Sementara Agung Febri direncanakan akan berlatih ke DKI Jakarta agar bisa mendapatkan jam bertanding yang tinggi. "Agung akan berlatih ke Jakarta, karena banyak kejuaraan yang bisa diikuti di sana," tambah Ishak.

PTMSI Sumut saat ini punya 5 pelatih nasional, dan 2 pelatih bersertifikat nasional. M Andika dan Pangeran dipercaya menangani pelatda.

Baca Juga: Bidik 4 Emas PON 2024, Taekwondo akan Kirim Atlet Berlatih ke Korea

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya