Borong 16 Emas, Medan Juara Umum Kejurprov Judo di Tebing Tinggi

Pembinaan judo di daerah mulai merata

Medan, IDN Times- Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Judo Sumatra Utara sukses digelar di GOR Asber Nasution, Kota Tebing Tinggi, Senin (27/11/2023) kemarin. Kontingen Medan memastikan sebagai juara umum dengan menggondol 16 medali emas, 14 perak dan 10 perunggu.

Disusul Dairi di urutan 2 dengan 5 emas, 5 perak dan 1 perunggu. Sementara Deli Serdang di urutan ketiga dengan 5 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

1. Arief sebut pembinaan judo terus ditingkatkan ke daerah

Borong 16 Emas, Medan Juara Umum Kejurprov Judo di Tebing TinggiKetua PJSI Sumut Arief Fadhillah bersama KONI Sumut, KONI Tebing Tinggi dan Kadispora Tebing Tinggi (IDN Times/Doni Hermawan)

Ketua Umum Pengpro PJSI Sumut Muhammad Arif Fadhillah mengatakan kejurprov PJSI Sumut menandai perkembangan judo Sumut yang terus meningkat. Terbukti Dairi mampu menempel Medan di urutan kedua.

"Kemajuan dengan terus bertambahnya pengcab kita menjadi kini 12 Pengcab dan memenuhi persyaratan menggelar kejurprov. Selain itu dengan peserta mencapai 191 orang ini menandakan gairah judo Sumut semakin tinggi," kata Arief.

Ia mengatakan kekuatan judo mulai merata hingga ke daerah. "Saya juga berterima kasih kepada para pengcab yang sudah mengirimkan atletnya untuk bertanding, sehingga nantinya kita harapkan dari Kejurprov bisa menjaring atlet-atlet judo berpotensi untuk Sumut ke tingkat nasional," katanya. 

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Sumut Budi Valianto berharap judo bisa kembali berprestasi seperti era dulu. Terutama untuk PON 2024 mendatang.

"Judo Sumut punya sejarah. Kita harap Sumut meraih emas dari judo di Pon 2024. Kita juga berterima kasih kepada Dispora Tebing Tinggi dan Ketua KONI bersedia memfasilitasi Kejurprov ini," kata Budi.

2. Dampak positif untuk perkembangan olahraga di Tebing Tinggi

Borong 16 Emas, Medan Juara Umum Kejurprov Judo di Tebing TinggiPembukaan Kejurda Judo Sumut 2023 di Tebing Tinggi (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Ketua KONI Tebing Tinggi Anton berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk tuan rumah. Hal ini tentu berdampak positif untuk perkembangan olahraga di TebingTingi.

"Terima kasih kepada PJSI Sumut atas kepercayaan menggelar kejurprov di sini. Bulan lalu kejurda wushu, bulan ini kejurprov judo.sesuai visi dan misi kami menjadikan Tebing Tinggi menjadi wisata olahraga," kata Anton. 

Dia berharap dari kejurprov muncul lgi atlet Tebing Tinggi yang bisa meneruskan jejak dua atlet pelatda PON Sumut Febby dan Mutiara Sinaga.

3. Gairah para pejudo daerah

Borong 16 Emas, Medan Juara Umum Kejurprov Judo di Tebing TinggiAksi pejudo di Kejurprov Judo Sumut 2023 di GOR Asber Nasution,Tebing Tinggi (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Ketua Pengcab PJSI Tebing Tinggi Imelda mengatakan kepercayaan menjadi tuan rumah meningkatkan gairah judo di kota ini. Terbukti tuan rumah juga banyak mengirimkan atletnya.

"Kami PJSI Tebing Tinggi merasa bangga dengan kepercayaan menjadi tuan rumah Kejurprov Judo ini. Kita juga melihat antusiasme dari para pejudo Sumut berbagai daerah. Semoga bisa menghasilkan atlet judo potensial membawa Sumut ke even yang lebih besar," pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Panpel Hisar Sibarani melaporkan ada 191 pejudo yang mengikuti kejurprov ini. Medan dan Tebing Tinggi mencatat peserta terbanyak.

Baca Juga: Kasad Cup Berakhir, Judo Sumut Evaluasi Menuju PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya