Atlet Panjat Tebing Sumut Uji Kekuatan di Kejurnas

Peralatan sudah usang, perlu ada pengadaan

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumatra Utara akan mengikuti Kejurnas Panjat Tebing di Tangerang, 14-17 Desember. Sebelumnya para atlet baru mengikuti babak kualifikasi PON Panjat Tebing pada 23-31 Oktober 2023 lalu di Semarang.

Meski sudah lolos sebagai tuan rumah, para atlet tetap ikut bertanding untuk uji coba. Pada kesempatan itu atlet Sumut meraih medali perunggu dari speed beregu putri.

Kepala Pelatih FPTI Sumut, pelatih Hendra didampingi Wahyu Saputra mengatakan hal tersebut dalam kunjungan tim Visitasi Posko Publikasi PON XXI/2024, Selasa (5/12).

"Kita tetap berlatih penuh semangat, walau ada kekurangan peralatan latihan yang kami butuhkan," kata Hendra.

1. Peralatan latihan sudah usang

Atlet Panjat Tebing Sumut Uji Kekuatan di KejurnasCabang olahraga panjat tebing PON XX Papua 2021 (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Kekurangan peralatan latihan, seperti tali untuk pemanjatan yang sudah usang, maupun ketiadaan bolder lintasan pendek.

Peralatan tersebut sangat dibutuhkan, seperti pada bolder jarak pendek ini, atlet Sumut sebenarnya mempunyai peluang medali.

"Kami tetap berlatih semangat, kalau KONI meminta minimal 10 sesi, kami malah berlatih 11 sesi dalam satu Minggu," kata Hendra yang dibenarkan Wahyu.

FPTI Sumut juga ditargetkan meraih medali emas, dimana KONI Sumut menargetkan 1 medali emas.

Baca Juga: Atlet Sepatu Roda Sumut Berlatih di Luar Daerah Jelang PON 2024

2. Diperkuat 16 atlet, FPTI Sumut akan lakukan penambahan

Atlet Panjat Tebing Sumut Uji Kekuatan di KejurnasAtlet panjat tebing Sumatra Utara persiapan menghadapi PON 2024 (Dok.istimewa)

Sebelas atlet Pelatda Panjat Tebing Sumut berlatih pada 3 tempat, latihan fisik di lapangan Benteng Medan dan Yayasan Perguruan Gajah Mada Medan. Sementara latihan tehnik di hal Stadion Mini Dispora Sumut.

Sebelas atlet Pelatda Panjang Tebing Sumut adalah Ryan Gordon Sitorus, Glen Bakri, B M R Sitorus Pane, A A Sitorus Pane, Irqi Fatahilla, M Sanip, Agustinus Dachi, AMG Sembiring, Dina R Simanjuntak, Siti Nur Nabila Huda,Fitri Sitorus. Sementara pelatih Wahyu Saputra, Hendra, Fitriadi.

Sebenarnya FPTI Sumut berharap nanti bisa diperkuat 8 putra dan 8 putra sesuai kuota sebagai tuan rumah, sebab itu tim pelatih akan menjaring atlet tambahan, untuk diusulkan penambahan kepada KONI Sumut.

 

3. Berharap KONI Sumut dan Dispora Sumut bisa memfasilitasi agar tim panjat tebing Sumut

Atlet Panjat Tebing Sumut Uji Kekuatan di Kejurnasilustrasi cabang olahraga panjat tebing (ANTARA FOTO/INASGOC/Hendra Nurdiyansyah)

Mengingat target yang dibebankan, Wahyu berharap KONI Sumut dan Dispora Sumut, bisa memfasilitasi agar tim panjat tebing Sumut bisa berlatih di Pelatnas.

"Dengan berlatih di Pelatnas, diharapkan bisa meningkatkan mental bertanding atlet Sumut," ungkap Wahyu.

Sementara, Lola Puspita Sarie dari Dispora Sumut menyatakan salut dengan semangat atlet panjat tebing Sumut. Ia berharap semangat ini terus dipertahankan sehingga bisa mengukir prestasi di PON.

"Pemerintah provinsi pasti akan berupaya semaksimal mungkin mendukung persiapan atlet-atlet Sumut, termasuk atlet panjat tebing sehingga nantinya kebutuhan latihan bisa segera terpenuhi secepatnya," pungkasnya.

Baca Juga: Persiapan PON 2024, Hoki Sumut akan Tryout ke Penang 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya