Atlet Sepatu Roda Sumut Berlatih di Luar Daerah Jelang PON 2024

Ada yang berlatih di Semarang dan di Medan

Medan, IDN Times- Atlet-atlet Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Sumatera Utara banyak yang berlatih di luar daerah. Hal ini karena venue latihan di Medan masih direnovasi.

Pelatih Sepatu Roda Sumut, Fahmi F Ramadhan didampingi pelatih fisik Bima Anugrah Putra Saing menjelaskan, para atlet saat ini lebih banyak berlatih di Semarang.

"Latihan teknik otomatis lebih banyak di Semarang, karena kondisi lapangan di sana ready. Sementara di Medan sebenarnya ada dua: Cadika dan Dispora. Cadika itu Cuma standar klub, lapangan juga licin. Sedangkan lintasan di Dispora Sumut sedang direnovasi," ucap Fahmi F Ramadhan di SCBD Polonia saat latihan fisik, Selasa (5/12/2023).

1. Atlet terbagi dua latihan di Medan dan Semarang

Atlet Sepatu Roda Sumut Berlatih di Luar Daerah Jelang PON 2024Atlet sepatu roda Sumut saat latihan fisik (Dok.istimewa)

Memang saat ini atlet terbagi 2. Ada yang tetap berlatih di Medan dan ada yang di Semarang.

"Saat ini di Medan ada 8 atlet, di Semarang juga 8 atlet. Di Medan latihan di Cadika Senin, Rabu dan Jumat dan juga latihan fisik," sebutnya.

Selain itu atlet sepatu roda juga butuh peralatan. Terutama roda. Begitu juga dengan peralatan lainnya.

"Dalam setahun ada 7 sampai 10 lomba. Sedangkan roda sekali pakai itu habis. Jadi kami butuh bantuan roda. Sejauh ini belum ada," kata Fahmi.

"Untuk latihan fisik butuh box jump, gawang dan ladder drill. Itu belum ada. Makanya kita inisiatif member di gym. Ini dana pribadi atlet. Untuk hasil dari tes fisik yang sudah kita jalani selama 2 tahun ini perkembangannya baik sekali," tutur Bima menambahi.

 

2. Target 1 emas dan 2 perak

Atlet Sepatu Roda Sumut Berlatih di Luar Daerah Jelang PON 2024Atlet sepatu roda Sumut saat latihan fisik (Dok.istimewa)

Bicara target 1 emas pada PON 2024, pihaknya mengakui masih on the track. Target tersebut diakui cukup realistis mengingat di PON Papua 2021 lalu, Sumut dapat 2 perak.

"Target tidak muluk-muluk, sesuai kemarin itu 1 emas dan 2 perak. Jumlah perak tidak berkurang dari Papua kemarin," sambungnya.

3. Pengajuan sudah masuk di Dispora Sumut untuk peralatan

Atlet Sepatu Roda Sumut Berlatih di Luar Daerah Jelang PON 2024Atlet sepatu roda Sumut saat latihan fisik (Dok.istimewa)

Sementara Arma Winarti Hasibuan mewakili Dispora Sumut3 yakin, kendala yang dihadapi para atlet sepatu segera teratasi. "Insyah Allah, pengajuan sudah masuk dan sudah diproses untuk anggaran 2024. Kita berharap atlet sukses dan kalau bisa target bertambah. Jadi harus tetap semangat latihannya," pesannya.

Adapun sepatu roda Sumut saat ini memperispan 16 atletnya untuk PON 2024. Mereka adalah Aulia Abdul Gafar, M Khadafi, M Lufti, Khansa Fazian Oneal, Daniel Gasita Firmansyah, Allan Chandra M, M Fakhri, M Dzaky Almaira, Khansa Nayra Q, Zahra Nabila, Ghinayal Alifa Amri, Laura Ivana Tesalonika, Vania Atika Putri, Tiara Hayyu S, Maghfira Gustina, dan Khalisa Putri A.

Para atlet diasuh empat pelatih, yakni Dewantara Pandji Prasetyo, Denta Iswara Kiranasari, Fahmi F Ramadhan, dan Bima Anugrah Putra Saing.

Baca Juga: Demi Target 2 Emas, Pembalap Sumut Genjot Fisik Jelang PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya