22 Atlet Sumut Tampil di ASEAN Para Games, Ditarget Sumbang 20 Emas

Putri Aulia dan Alan ingin ulang prestasi APG 2017

Medan, IDN Times- Sebanyak 22 atlet Sumatra Utara akan memerkuat Indonesia di ajang ASEAN Para Games (APG) ke XI/2022 yang digelar di Solo, Jawa Tengah 30 Juli-6 Agustus mendatang. National Paralympic Committee (NPC) Sumut menargetkan 20 emas dari ajang ini.

Para atlet sudah mengikuti pemusatan latihan di Pelatnas Solo, sejak Januari 2022. Mereka merupakan atlet yang direkrut dari hasil Peparnas 2021 dan seleksi nasional. Beberapa di antaranya juga sudah tampil di Paralimpiade 2020 lalu. 

 

 

1. Daftar 22 atlet Sumut yang berlaga di APG

22 Atlet Sumut Tampil di ASEAN Para Games, Ditarget Sumbang 20 EmasPara atlet NPC Sumatra Utara (instagram/putriiauliiaa)

Adapun 22 atlet yang berlaga, yakni Alan Sastra Ginting yang juga menjabat Ketua NPC Sumut, Putri Aulia, Eko Saputra, Muammar Habibila, Nur Ferry Pradana, Siti Nuraisyah Asikin, Nina Gusmita, Reza Pramana Perangin - angin, dan Riadi Saputra (atletik). 

Kemudian Tambi Sibarani, Nurtani Purba, Anto Boy (angkat berat), Aisah Wijayanti, Yustina Halawa, Roslinda Manurung, Khairunnisa, Wilma Margaretha Sinaga (catur). Lalu, Sahrul Sulaiman, Junifor Bate, Marialam Sihotang (judo), Fikkri Thoib (tenis lapangan), dan Sofyan (tenis meja)

Baca Juga: Bangga! Pasutri NPC Sumut Raih Perak di Grandprix Para Atletik Swiss

2. Alan harap atlet Sumut bisa sumbang 20 emas

22 Atlet Sumut Tampil di ASEAN Para Games, Ditarget Sumbang 20 EmasKetua NPC Sumut Alan Sastra Ginting (kanan) dan Reza Permana yang sukses merebut emas tolak peluru di Peparnas Papua, Sabtu (6/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengatakan para atlet akan bekerja keras memersembahkan medali emas. Apalagi sudah lima tahun mereka puasa tampil di APG.

"Kita pastinya dengan jumlah 22 atlet yang akan mewakili Indonesia di APG nanti bisa meraih medali, sekaligus mengantarkan Indonesia sebagai juara umum. Secara keseluruhan kita targetkan 20 emas bisa direbut oleh atlet NPC Sumut," ujar Alan saat dikonfirmasi, Kamis (28/7/2022).

3. Berharap ulang prestasi APG 2017

22 Atlet Sumut Tampil di ASEAN Para Games, Ditarget Sumbang 20 EmasPutri Aulia berpose di logo Paralimpiade Tokyo 2020 (instagram/putriiauliiaa)

Alan sendiri berharap bisa mengulang prestasi sebelumnya di APG 2017. Saat itu Alan merebut emas. Alan akan tampil di nomor lempar cakram.

"Saya target medali emas di nomor lempar cakram. Sejauh ini tidak ada kendala selama pelatnas. Kami juga minta doa seluruh warga Sumut, khususnya masyarakat Indonesia agar target juara umum bisa tercapai," ungkap Alan.

Sementara itu sprinter NPC Sumut, Putri Aulia yang turun di empat nomor lomba juga berharap bisa menyumbang medali seperti di APG 2017. Saat itu Putri melesat dengan tiga medali emas.

"Persaingan pasti merata ya bang, apalagi kita gak tahu persiapan lawan kita dengan minimnya turnamen akibat COVID -19. Pastinya buat yang maksimal aja bang. Mudah - mudahan dapat emas," yakin Putri yang sudah tampil di Paralimpiade Tokyo.

Baca Juga: Tekuk PSDS, Karo United Optimis Balas PSMS di Final Edy Rahmayadi Cup

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya