Sempat Ingin Mundur, Sawit Diminta Bertahan Pimpin KONI Binjai

Terpilih jadi anggota DPRD

Binjai, IDN Times - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Binjai, Juli Sawitma Nasution, diminta tetap bertahan menjalankan tugasnya memimpin induk organisasi olahraga itu hingga selesai masa bakti pada periode kepengurusan 2016-2020.

Hal tersebut diungkapkan sebagian besar pengurus cabang olahraga di Kota Binjai, menyikapi rencana pengunduran diri Juli Sawitma Nasution, pasca dirinya terpilih sebagai salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai periode 2019-2024.

"Kita minta beliau tetap bertahan. Tidak ada istilah mundur," ungkap Ketua Pengurus Kota Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (Pengkot IPSI) Binjai, Ahmad Ghazali Pane, usai rapat kerja tahunan di Kantor Sekretariat KONI Kota Binjai, Minggu (7/7).

Hal senada juga diungkapkan Ketua Pengurus Kota Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (Pengkot PGSI) Binjai, Basri Sitohang. Dia menilai, peran dan keberadaan Juli Sawitma Nasution masih sangat dibutuhkan untuk menjamin peningkatan prestasi olahraga di Kota Binjai.

"Kami sendiri siap menandatangani surat keberatan, jika memang beliau memutuskan untuk mengundurkan diri. Sebab jabatan Ketua KONI Binjai adalah amanah dati seluruh pengcab, sekaligus bagian dari tanggungjawab dalam berorganisasi," tegasnya.

1. Jadi hak pribadi pengurus

Sempat Ingin Mundur, Sawit Diminta Bertahan Pimpin KONI BinjaiDok. IDN Times/IStimewa

Ketua Harian KONI Kota Binjai, Panco Harimona, menilai, niat dan keinginan Ketua Umum KONI Kota Binjai, Juli Sawitma Nasution, untuk mengundurkan diri dari jabatannya memang menjadi hak setiap pengurus dan anggota organisasi terkait.

Apalagi menurutnya, keinginan itu muncul setelah pihak bersangkutan terpilih mengisi untuk jabatan politik.

"Mungkin alasan utamanya itu, karena beliau tidak mau dicap orang ingin rangkap jabatan. Makanya beliau putuskan mundur, walapun baru secara lisan saja," sebutnya.

Baca Juga: Taklukkan Perserang, Pelatih PSMS Puji Pemain Ini Setinggi Langit

2. Meski berat, keinginan mengundurkan diri dihormati

Sempat Ingin Mundur, Sawit Diminta Bertahan Pimpin KONI BinjaiDok. IDN Times/IStimewa

Di sisi lain, Panco juga menghormati permintaan sebagian besar pengurus cabang olahraga, yang terang-terangan mengharapkan Juli Sawitma Nasution tetap bertahan memimpin KONI Kota Binjai, hingga akhir masa baktinya pada 2020 mendatang.

Apalagi menurutnya, harapan sebagian besar pengurus canbang olahraga di Kota Binjai memang cukup relevan. Hal ini mengingat, prestasi olahraga Kota Binjai yang cenderung menanjak dalam kurun waktu enam tahun terakhir, atau selama KONI Kota Binjai dipimpin Juli Sawitma Nasution.

"Pertimbangannya itu saya kira banyak. Bisa jadi karena sosok dan gaya kepemimpinan beliau, latar belakang beliau, prestasi beliau, atau bisa jadi juga karena banyak program beliau di KONI Kota Binjai pada periode 2016-2020 ini yang mungkin belum berjalan," jelas Panco.

3. Sawit sudah dua periode pimpin KONI Binjai

Sempat Ingin Mundur, Sawit Diminta Bertahan Pimpin KONI BinjaiDok. IDN Times/IStimewa

Pengunduran diri sempat mengejutkan beberapa pengurus KONI Binjai. Sebab, selama ini menurut pengurus dirinya sangat pantas melanjutkan jabatan meski sudah dua periode terpilih. 

"Ada isyarat dia mau mundur, waktu kami rapat program kerja 2020 hari Jumat kemarin. Infonya karena dia tidak ingin rangkap jabatan. Soalnya dia kan terpilih jadi anggota DPRD Binjai hasil Pemilu kemarin," kata Ketua Pengkot Muaythai Binjai, Maruli Sagala.

Baca Juga: [BREAKING] Sempat Tertinggal, PSMS Menang Tipis atas Perserang

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You